Pada usia berapakah saya sebagai anak harus mandiri secara finansial?

Usia berapakah semestinya seorang anak benar-benar lepas dari tanggung jawab orangtuanya secara finansial?

1,030 views   |   3 shares
  • Usia berapakah semestinya seorang anak benar-benar lepas dari tanggung jawab orangtuanya secara finansial? Pertanyaan ini agak sulit untuk dijawab dengan satu jawaban, karena semuanya tergantung pada keadaan keuangan orangtua. Di negara kita banyak anak kecil yang terpaksa bekerja karena orangtuanya melarat. Sedangkan yang orangtuanya kaya, bahkan sampai menjelang usia 30 masih juga menggantungkan diri pada kekayaan orangtuanya.

  • Di AS banyak orangtua yang melepaskan tanggung jawab keuangan terhadap anaknya begitu mereka berusia 18. Anak-anak juga tidak ingin lagi tinggal bersama orangtuanya. Mereka bekerja sendiri, kuliah sendiri, menyewa tempat tinggal sendiri dan mungkin tinggal bersama pacarnya. Tetapi jangan sampai mereka ditelantarkan atau bekerja tanpa sekolah di bawah usia 18, bila ketahuan mereka akan diambil negara. Mereka boleh sekolah di rumah dan mengambil tes yang diselenggarakan pemerintah setempat pada saat-saat tertentu untuk menilai pengetahuan mereka. Tetapi bila mereka bersekolah resmi dan absen seminggu, orangtuanya harus bertanggung jawab terhadap pemerintah setempat. Mereka akan dipanggil ke pengadilan.

  • Di Indonesia tampaknya sulit untuk menendang keluar seorang anak pada usia 18 tahun. Karena justru saat itulah mereka memerlukan bantuan orangtuanya untuk masuk ke perguruan tinggi selulus SLA. Banyak juga yang memutuskan bekerja karena tidak memiliki kesempatan untuk masuk universitas. Namun kebanyakan orangtua yang mampu berusaha supaya anaknya setidak-tidaknya memiliki gelar sarjana muda sebelum melepaskan tanggung jawab mereka.

  • Sebagai orangtua Anda sendiri mungkin menghadapi dilema dalam hal ini. Anda masih perlu membiayai si bungsu dengan kehidupan Anda yang pas-pasan. Sementara itu Anda tidak tega melihat abangnya harus bekerja tanpa pernah mengenyam bangku perguruan tinggi. Dalam hidup ini kadang-kadang Anda harus mengambil keputusan yang sulit. Anda terpaksa "mengorbankan" si sulung demi adiknya. Tidak mungkin Anda membiayai si sulung ke perguruan tinggi, karena itu dia harus bekerja. Sementara dia tetap tinggal di rumah dan membantu biaya rumah tangga, adiknya dapat melanjutkan sekolah sampai lulus SLA. Mau tidak mau si sulung harus mandiri dalam bidang keuangan pada usia 18 tahun.

  • Keadaan mungkin berbeda bila Anda memiliki tabungan atau asuransi pendidikan bagi anak-anak Anda. Ketika si sulung lulus SLA dia masuk ke perguruan tinggi berkat tabungan Anda. Dia berhasil menggondol gelar sarjana dan memperoleh pekerjaan yang layak. Pada usia 23 tahun dia mampu berdiri sendiri dalam bidang keuangan. Skenario ini tampaknya lebih afdol.

  • Advertisement
  • Menilik unsur-unsur di atas, seorang anak sebaiknya mandiri dalam bidang keuangan di usia 23 tahun. Lalu ketika dia mapan di usia 25 tahun dia dapat menikah dan membina rumah tangganya sendiri. Di negara kita, di kalangan menengah, suasana inilah yang banyak terjadi. Anda sebaiknya mempersiapkan diri dalam bidang keuangan untuk mengurus anak Anda sampai dia berusia paling tidak 22 tahun.

  • Ada orangtua yang berharap dengan mandirinya anak mereka, mereka dapat mulai merasa lega dan bahkan bagi yang sudah berusia lanjut, dapat mengambil pensiun. Ada lagi yang lebih bijaksana dan merasa senang melihat anaknya sudah mandiri, namun tetap tidak ingin menggantungkan diri kepada mereka. Menurut mereka anak mempunyai masa depan sendiri seperti kata pujangga besar Kahlil Jibran, "Your children are not your children. They are the sons and daughters of Life's longing for itself."(Anak-anak Anda bukanlah anak-anak Anda. Mereka adalah putra putri Kehidupan yang mendambakan kehidupan mereka sendiri.)

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pada usia berapakah saya sebagai anak harus mandiri secara finansial?

Usia berapakah semestinya seorang anak benar-benar lepas dari tanggung jawab orangtuanya secara finansial?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr