Mengapa bayi dalam kandungan lebih aktif bergerak di malam hari?

Kebiasaan bayi dalam rahim berbeda-beda, tetapi ada satu kebiasaan pada kebanyakan bayi. Mereka lebih aktif bergerak di malam hari. Mengapa begitu?

127,057 views   |   339 shares
  • Kebiasaan bayi dalam rahim berbeda-beda, tetapi ada satu kebiasaan pada kebanyakan bayi. Mereka lebih aktif bergerak di malam hari. Mengapa begitu? Anda tentu senang sekali ketika pertama kalinya merasakan gerakan bayi Anda. Setiap kali Anda menantikan kapan bayi Anda akan bergerak lagi. Gerakan ini memastikan bahwa bayi Anda berkembang dan membantu Anda merasa lebih dekat dengan kehidupan kecil yang berkembang dalam diri Anda. Apa saja yang dapat Anda harapkan?

  • Kapan gerakan pertama muncul?

  • Anda akan merasakan gerakan pertama bayi Anda antara bulan ke-4 dan 6 kehamilan Anda. Bila ini kehamilan pertama, Anda mungkin baru mulai merasa gerakan bayi pada bulan ke-6. Pada kehamilan kedua sebagian wanita mulai merasakan bayinya bergerak pada bulan ke-4. Anda cenderung merasakannya ketika Anda sedang berada dalam keadaan tenang, seperti sedang duduk atau berbaring. Ini salah satu sebab mengapa Anda merasa bayi Anda lebih banyak bergerak pada malam hari. Di siang hari Anda mungkin sibuk dan tidak merasakan gerakan itu.

  • Bagaimana rasanya gerakan bayi?

  • Wanita hamil menguraikan gerakan bayi mereka seperti bergetarnya sayap kupu-kupu, syaraf yang bergetar, atau rasanya seperti ada yang jatuh dalam perutnya. Mula-mula sulit untuk mengenali gerakan bayi Anda. Ibu yang sudah hamil kedua atau ketiga kalinya lebih mudah mengenali gerakan bayi, apakah itu karena membuang angin, lapar, atau perasaan lain. Dan pada bulan ke-6 serta seterusnya, gerakan-gerakan itu makin jelas, seperti ketika bayi menendang, menonjok atau menyikut.

  • Berapa sering Anda dapat merasakan gerakan bayi?

  • Pada awal-awal kehamilan, mungkin Anda hanya merasakan sekali-sekali gerakan halus. Selanjutnya di bulan ke-6 dan seterusnya gerakan-gerakan itu akan makin kuat dan lebih sering. Menurut penelitian, pada bulan-bulan terakhir, bayi bergerak kira-kira 30 kali setiap jam. Bayi bergerak pada saat-saat tertentu karena mereka juga tidur dan bangun. Biasanya mereka sering bergerak antara jam 9 malam dan 1 pagi, saat-saat menjelang Anda tidur, karena tingkatan gula darah Anda berubah. Bayi juga dapat bereaksi terhadap sentuhan atau suara, dan bahkan menendang punggung pasangan Anda bila dia berada terlalu dekat.

  • Haruskah Anda memantau gerakan bayi Anda?

  • Ketika gerakan-gerakan bayi Anda sudah benar-benar dapat dirasakan, ada dokter yang menyarankan untuk memantau tinjuan, tendangan dan sikutan bayi Anda untuk memastikan bahwa bayi Anda masih berkembang dengan normal. Tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa cara ini menunjukkan bayi Anda sehat-sehat saja. Yang terbaik ialah memeriksa secara rutin ke dokter kandungan dan mendengarkan saran-sarannya.

  • Advertisement
  • The American Pregnancy Association mengatakan bahwa pada bulan-bulan terakhir kehamilan si calon ibu merasakan ada pola tertentu dalam gerakan bayi. Bila Anda menghitung saat-saat melahirkan, ada baiknya memantau tendangan bayi Anda sehingga Anda tahu pola kebiasaan gerakannya. Untuk menghitung gerakannya, saat yang terbaik biasanya adalah sesudah makan. Duduklah di kursi yang nyaman atau berbaringlah menyamping.

  • Mengapa bayi Anda makin "malas" di bulan-bulan terakhir kehamilan?

  • Ada beberapa pendapat tentang cara menghitung gerakan bayi Anda. The American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan untuk menghitung berapa lama bayi Anda melakukan 10 gerakan. Anda hendaknya merasakan 10 gerakan dalam jangka waktu kira-kira dua jam.

  • Setiap gerakan bayi adalah gerakan yang sehat, tidak peduli waktunya, pagi atau malam. Anda mungkin merasa bayi Anda tidak bergerak sesering sebelumnya pada bulan ke-8 dan seterusnya, karena bayi Anda makin besar dan tidak banyak lagi ruangan untuk bergerak.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengapa bayi dalam kandungan lebih aktif bergerak di malam hari?

Kebiasaan bayi dalam rahim berbeda-beda, tetapi ada satu kebiasaan pada kebanyakan bayi. Mereka lebih aktif bergerak di malam hari. Mengapa begitu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr