10 menit bermain akan menstimulasi panca indra dan kecerdasan bayi. Ini caranya

Otak bayi akan berkembang baik jika ia hidup di lingkungan yang kaya akan stimulasi. Stimulasi saat bermain 5 - 10 menit setiap hari, akan merangsang perkembangan panca indra, fisik, mental dan kecerdasaan otak.

545 views   |   5 shares
  • Saat bayi berusia 0 - 6 bulan, mereka sensitif dengan lingkungan sekitar dan mampu menerima informasi. Pengalaman saya saat Raphael berumur 2 bulan, telinganya sensitif terhadap suara. Saat suami pulang dengan membawa kantung plastik, mendengar bunyi kresek kantong plastik segera membuat Raphael terbangun. Raphael hanya terdiam dan mendengarkan suara tersebut, setelah selesai ia pun kembali tertidur pulas.

  • Peristiwa inilah yang membuat saya belajar, bahwa keadaan sekitar mampu memberikan sensasi pada panca indera bayi dan menciptakan suatu pemahaman pada otak bayi seiring dengan tumbuh kembangnya.

  • Lalu perlukah menstimulasi panca indra bayi saat Anda bermain dengannya? Sangat perlu! Bermain selama 5 - 10 menit setiap hari dengan stimulasi akan merangsang perkembangan fisik, mental, kecerdasaan otak, dan belajar mimik wajah serta berbagai emosi. Seiring dengan tumbuh kembangnya, stimulasi bermain akan menunjukan bakat dan minat si anak. Seperti saat berumur 2 tahun, Raphael memiliki ketertarikan dengan musik dan dengan cepat mampu menghapal lagu baru.

  • Bermainlah saat bayi sedang senang, kenyang dan sehat karena ia akan siap mendapatkan stimulasi. Jangan ajak ia bermain saat bosan, rewel, dan menangis karena justru menjadi over stimulated yang membuat bayi menolak stimulasi atau rangsangan tersebut.

  • INDRA PENDENGARAN

  • Saat bayi lahir, biasakan untuk mendengar musik, karena mampu meningkatkan volume otak bayi dengan merangsang pertumbuhannya. Melodi yang harmonis juga mampu merangsang sisi kreativitas dan inovatis pada otak bayi.

  • Sesekali anda bisa mengetes sensitivitas pendengarannya dengan membunyikan mainan di sebelah kanan bayi, tak lama ia akan menoleh ke kanan untuk mencari sumber suara. Lakukan sekali lagi dengan berpindah ke sebelah kiri maka ia pun akan menoleh ke kiri.

  • Perlu diwaspadai apabila bayi anda yang berumur satu bulan tidak merespon suara keras atau tepuk tangan. Segera periksakan konsidi bayi anda. Sedini mungkin orang tua mengetahui kondisi ini dan memeriksakannya, maka bayi anda akan cepat tertangani. Kemampuan mendengar seorang bayi akan berpengaruh pada kemampuan bicaranya nanti dan bagaimana ia berinteraksi dengan orang lain.

  • INDRA PENGELIHATAN

  • Awalnya bayi memiliki jarak pandang yang terbatas mencapai 30 cm lalu ia dapat mendeteksi cahaya, bentuk, gerak walaupun masih terlihat kabur. Bayi berumur 3 bulan sangat senang diajak berbincang dengan berbagai ekspresi. Rangsang kemampuan visualnya dengan memperlihatkannya mainan dengan warna mencolok, benda yang bergerak dan bersuara.

  • Advertisement
  • Ubahlah posisi badannya, dari telentang ke tengkurap, atau dari gendongan ke kursi ayunannya, sehingga ia dapat mendapatkan stimulasi penglihatan dan pemandangan yang berbeda. Bacakan buku dan biarkan ia menyentuh buku karena anda akan melihat koordinasi tangan dan matanya bekerja lebih sempurna.

  • Bayi di atas 6 bulan atau saat mulai merangkak, rangsang pergerakannya dengan meletakkan mainan di depannya dan biarkan ia meraih mainnya. Ajak pula ia bermain dengan cermin dan bermain cilukba.

  • INDRA PERABA

  • Secara tidak sadar, ibu sudah melakukan stimulasi sentuhan dari bayi dengan menggendong, memeluk dan mencium. Biasakan untuk memberinya pijatan lembut pada tubuhnya yang membuat ia belajar merasakan kehadiran ibunya di dekatnya dan merasa tenang, nyaman, dan jarang menangis.

  • Saat menyusui, kenakan kalung panjang dengan manik-manik dengan aneka bentuk, tekstur, ukuran dan berat yang berbeda. Biarkan ia bermain dan pastikan tali kalung tersebut tidak mudah putus.

  • Saat ia sudah pintar menggenggam, beri ia mainan dengan berbagai bentuk dengan tekstur yang berbeda, kasar-halus atau keras-lunak, seperti boneka, handuk, dan kain satin. Sesekali ajak keluar, biarkan bayi merangkak atau duduk diatas rumput dan memegang batu. Tentu dengan pengawasan, jangan sampai ada yang masuk ke dalam mulut.

  • INDRA PENCIUMAN DAN INDRA PERASA

  • Sebelum berumur 6 bulan, stimulasi indra perasa bayi sangat terbatas karena ia hanya mengenal ASI. Namun setelah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI) anda bisa memperkenalkan berbagai rasa, manis, asin, dan asam yang berasal dari buah, sayuran dan daging. Tektur makanan, dari halus-kasar, bisa disesuaikan dengan umur dan jumlah giginya.

  • Glenn Doman, physical therapist dan pendiri The Institutes for the Achievement of Human Potential, mengatakan bahwa otak bayi akan berkembang baik jika ia hidup di lingkungan yang kaya akan stimulasi dan membuatnya bergerak sebanyak mungkin. Dengan bergerak terutama bagi bayi di atas 6 bulan, suplai oksigen ke otak akan meningkatkan fungsi otak dan akan memperbaiki struktur tubuh, memperbaiki sistem pencernaan dan pembuangan, mengembangkan penglihatan, dan meningkatkan kecerdasan.

Baca, hidupkan, bagikan!

Setelah melahirkan Raphael, Celerina memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga dan mengurus buah hatinya tanpa bantuan baby sitter. Disinilah ia kemudian menemukan passion-nya yang baru yaitu memasak khususnya menu MPASI (Makanan Pendamping ASI)

10 menit bermain akan menstimulasi panca indra dan kecerdasan bayi. Ini caranya

Otak bayi akan berkembang baik jika ia hidup di lingkungan yang kaya akan stimulasi. Stimulasi saat bermain 5 - 10 menit setiap hari, akan merangsang perkembangan panca indra, fisik, mental dan kecerdasaan otak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr