Yuk, ajarkan kebiasaan hidup bersih sejak dini

Hidup bersih adalah sumber dari hidup yang sehat. Biasakan menanamkan kebiasaan sehat ini pada anak-anak sejak dini.

473 views   |   2 shares
  • Hidup bersih adalah awal hidup yang sehat. Kebiasaan ini wajib diajarkan orang tua sejak dini kepada anak-anaknya. Sangat penting untuk menjaga kebersihan baik di rumah, di sekolah dan dimanapun kita berada. Kebiasaan hidup bersih tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain dan lingkungan sekitar.

  • Bagaimana cara mengajarkan pentingnya kebersihan pada anak sejak dini? Pertama, ajarkan terlebih dahulu kebersihan pada diri mereka sendiri hingga menjadi sebuah kebiasaan, seperti berikut:

    1. Mencuci tangan dan kaki sepulang dari bepergian, sebelum dan sesudah makan serta sebelum tidur.

    2. Ganti pakaian dengan pakaian bersih apabila sepulang dari bepergian.

    3. Mandi minimal 2 kali sehari, membersihkan tubuh dari kepala hingga kaki dengan menggunakan shampo atau sabun yang sesuai dengan jenis kulit.

    4. Sikat gigi minimal 2 kali sehari, pada pagi hari, sesudah makan dan sebelum tidur.

    5. Memotong kuku ketika mulai panjang.

    6. Merapikan perlengkapan sekolah dan mainan pada tempatnya, agar tidak menjadi sarang nyamuk.

  • Perilaku di atas adalah perilaku yang wajib diajarkan kepada anak untuk dirinya sendiri. Selain kebiasaan bersih untuk diri sendiri, Anda juga wajib mengajarkan perilaku menjaga kebersihan lingkungannya seperti:

    1. Membuang sampah pada tempatnya. Bisa sambil mengajarkan mereka untuk memilah sampah plastik organik dan non-organik sesuai jenisnya agar mudah didaur ulang.

    2. Membersihkan kamar dan ruang bermainnya.

    3. Membersihkan selokan agar saluran air tidak tergenang.

    4. Menutup dan membersihkan semua genangan air, agar tidak menjadi tempat berkembang-biaknya jentik nyamuk.

  • Lalu bagaimana caranya agar anak dapat memahami betapa pentingnya hidup bersih? Berikut 9 tips yang dapat dilakukan orang tua kepada anak.

    1. Berikan pengertian padanya bahwa pembiasaan hidup bersih akan sangat bermanfaat bagi dirinya sendiri. Dengan hidup bersih kita akan terhindar dari penyakit.

    2. Tunjukkan padanya lewat contoh teladan yang dilakukan ayah dan ibu di rumah. Ingat, anak adalah peniru ulung loh. Contohkan hal-hal yang baik kepada mereka.

    3. Beri reward dengan menggunakan token ataupun stiker untuk mengajarkan kepada anak pentingnya pembiasaan hidup bersih. Hal ini bertujuan untuk memberikan penghargaan terhadap usaha yang telah dilakukan anak.

    4. Orang tua bisa menggunakan media visual seperti buku ataupun video edukatif, untuk menjelaskan pada anak. Bahwa hidup bersih juga sangat bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

    5. Tunjukkan apresiasi positif setiap kali anak berhasil melakukan pembiasaan hidup bersih. Hal ini bisa dilakukan dengan kalimat pujian yang sesuai dengan keberhasilan anak.

    6. Buatlah jadwal rutin harian untuk melakukan kebiasaan bersih bagi dirinya sendiri. Buatlah jadwal rutin mingguan/bulanan untuk melakukan gotong royong membersihkan rumah bersama anak.

    7. Ajarkan padanya untuk BAK dan BAB di kamar mandi dan mencuci tangannya setelah selesai.

    8. Sebulan sekali minta anak untuk memilah mainan yang tidak terpakai dalam sebuah wadah. Hal ini mengajarkan anak beberapa hal, yaitu tidak menyimpan barang karena sudah tidak terpakai. Mainan dapat di sumbangkan ke panti asuhan atau membagikan kepada keluarga yang membutuhkan, untuk mengajarkan anak berbagi.

    9. Ajarkan anak betapa pentingnya mengonsumsi makanan bersih. Tidak hanya proses pembuatan dan lokasi penjualannya, tetapi juga proses pengemasannya.

  • Advertisement
Klik pilihan berbagi di bawah ini

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Yuk, ajarkan kebiasaan hidup bersih sejak dini

Hidup bersih adalah sumber dari hidup yang sehat. Biasakan menanamkan kebiasaan sehat ini pada anak-anak sejak dini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr