Mengapa kita lebih mudah melihat kekurangan dibanding kelebihan pasangan kita sendiri?

Apakah penyebabnya kita lebih mudah melihat kekurangan dibanding kelebihan pasangan kita sendiri? Ini kata mereka.

659 views   |   4 shares
  • Seringkali dalam pernikahan kita selalu mudah melihat kekurangan pasangan kita dan jarang melihat kelebihannya. Padahal dengan terus melakukannya, bisa jadi Anda hanya akan memicu pertengkaran dan perasaan tidak puas dalam pernikahan.

  • Apakah penyebab mengapa kita lebih mudah melihat kekurangan dibanding kelebihan pasangan?

  • "Mungkin karena setelah menikah dan mengenali sifatnya luar-dalam saya jadi takut tersaingi. Sehingga untuk menutupi kekurangan, biasanya saya akan jadi lebih mudah mengkritik ketika dia melakukan kesalahan agar saya terlihat lebih baik dalam hubungan ini. Saya tahu itu salah, namun seringkali khilaf dan melakukannya. Dia pun melakukan hal sama, hingga terkesan seperti balas-balasan ya. Saya rasa itu adalah bumbu-bumbu pernikahan." (Mia, 28 Tahun, Pegawai Swasta, Jakarta)

  • "Karena memiliki hasrat ingin memiliki pasangan yang sempurna, tanpa disadari obsesi ini membuat saya lebih mudah melihat kekurangan pasangan dibandingkan kelebihannya. Mungkin salah, tetapi kadang saya berpikir ini juga ada benarnya. Saling mengkritik satu sama lain sangat mudah kami lakukan, hampir setiap hari. Tetapi kami biasa melakukan ini, karena saya salah atau karena dia salah. Tujuannya baik, agar kami lebih termotivasi untuk berubah dan menjadi lebih baik. Sayang terkadang cara penyampaiannya terlihat seperti sedang saling menjatuhkan." (Nefian, 34 Tahun, Karyawan, Jakarta)

  • Setiap orang tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Anda dan pasangan pun demikian. Daripada sibuk mencari kekurangannya masing-masing, sebaiknya berkacalah terlebih dahulu, syukuri kelebihan yang dimiliki pasangan Anda dan jadilah pelengkap dalam hidupnya.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Mengapa kita lebih mudah melihat kekurangan dibanding kelebihan pasangan kita sendiri?

Apakah penyebabnya kita lebih mudah melihat kekurangan dibanding kelebihan pasangan kita sendiri? Ini kata mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr