Saran untuk Melakukan Perjalanan Udara Bersama Anak-Anak

Kebanyakan dari kita pernah berada dalam penerbangan bersama anak yang tidak mau menuruti perkataan orang tua, berisik, tidak hormat, atau tidak mau dibujuk.

883 views   |   shares
  • Kebanyakan dari kita pernah berada dalam penerbangan bersama anak yang tidak mau menuruti perkataan orang tua, berisik, tidak hormat, atau tidak mau dibujuk. Meskipun situasi ini kadang-kadang tidak dapat dihindari, sebagai orang dewasa yang melakukan perjalanan bersama anak-anak, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah perjalanan udara. Saya sendiri pernah melakukan perjalanan udara yang lumayan gampang bersama anak-anak saya. Putra saya yang baru berusia tiga tahun telah ikut dalam penerbangan sebanyak 10 kali, dan putri saya yang berusia setahun telah 5 kali, kebanyakan dari perjalanan tersebut tanpa suami saya.

  • Tentu saja saya pernah melakukan kesalahan saat melakukan perjalanan, namun saya telah mempelajari banyak hal serta saran-saran untuk mempermudah perjalanan saya bersama. Daftar berikut adalah salah satu yang saya pertimbangkan sebelum semua perjalanan saya:

    • Jika Anda satu-satunya orang dewasa yang melakukan perjalanan bersama anak-anak, tanyakan kepada pegawai penerbangan sewaktu check-in apakah ada petugas yang dapat membantu Anda saat melewati pemeriksaan keamanan hingga sampai di pintu masuk pesawat.

    • Bila Anda bepergian ke luar negeri sebaiknya memeriksa situs negara yang bersangkutan untuk mengetahui info-info penting. Misalnya bila Anda ke AS periksa situs TSA, http://tsa.gov/travelers/airtravel/children/index.shtm untuk mengetahui apa saja yang perlu supaya dapat melewati pemeriksaan pengamanan tanpa ada masalah.

    • Jangan menggunakan kereta dorong bayi yang terlalu besar, tetapi gunakanlah kereta dorong yang dapat dilipat. Semakin mudah Anda mengeluarkan barang-barang dari kereta dorong bayi Anda dan melipatnya, maka itu semakin baik. Jika Anda melakukan perjalanan dengan lebih dari satu orang anak yang masih harus menggunakan kereta dorong, biarkan salah satunya berjalan atau gunakan gendongan di depan.

    • Bila mungkin tundalah waktu tidur anak-anak Anda agar mereka tidur selama penerbangan itu.

    • Bawalah koper sesedikit mungkin, khususnya koper jinjing Anda. Satu tas popok dan ransel sudah cukup. Jika anak Anda sudah berusia sekolah dan dapat bertanggung jawab, biarkan mereka membawa tas sendiri.

    • Pastikan Anda membawa benda-benda hiburan bagi anak-anak Anda secukupnya (tetapi ingat harus muat dalam tas yang sanggup Anda bawa). Mainan elektronik banyak membantu. Tidak ada salahnya bila anak menonton film atau bermain agar perjalanan terasa lebih cepat. Jika semua itu bisa membantu mereka untuk tenang dan santun maka akan lebih baik lagi. Hiburan lain yang bermanfaat termasuk: gambar tempel, pensil gambar, kertas, buku-buku, robot-robotan, dan mobil-mobilan. Hindari mainan yang terbuat dari komponen kecil-kecil yang mungkin saja jatuh dan hilang, atau mainan bersuara yang dapat mengganggu penumpang lainnya.

    • Jangan lupa membawa barang-barang yang dapat menenangkan anak Anda misalnya selimut, empeng, boneka, dll.

    • Bawalah camilan yang gampang dimakan dan penuhilah botol air minum sebelum menaiki pesawat untuk mengatasi masalah lapar.

    • Lakukanlah perjalanan dengan selalu membawa fotokopi akte kelahiran anak-anak Anda, bila pun mereka telah berusia lebih dari dua tahun, untuk mengantisipasi keadaan darurat.

    • Suruhlah anak-anak Anda mengulum sesuatu (seperti empeng, dot, atau permen, dll) untuk mengurangi tekanan pada telinga saat hendak terbang atau mendarat.

    • Bersiap-siaplah untuk hal yang tak terduga. Pastikan Anda telah membawa segala sesuatunya secara cukup bila sewaktu-waktu terjadi penundaan penerbangan secara tak terduga.

  • Advertisement
  • Perjalanan udara bersama anak-anak bisa menjadi nyaman. Dengan sedikit perencanaan, segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Tips for air travel with kids” karya LeAnn Mills.

Bantu kami menyebarkan

A native of Washington state, LeAnn Udy Mills currently resides in Harrisville, Utah. She is a mother of two and a graduate of Utah State University with a degree in elementary education.

Saran untuk Melakukan Perjalanan Udara Bersama Anak-Anak

Kebanyakan dari kita pernah berada dalam penerbangan bersama anak yang tidak mau menuruti perkataan orang tua, berisik, tidak hormat, atau tidak mau dibujuk.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr