8 hal paling esensial yang harus Anda siapkan sebelum bayi Anda lahir

Menanti kelahiran si kecil, adalah hal yang menyenangkan, meski juga menegangkan. Oleh sebab itu, mempersiapkan segala sesuatunya menjadi hal yang amat penting demi menjaga kondisi fisik juga emosi tetap baik.

281 views   |   shares
  • Kehamilan bagi setiap perempuan adalah masa yang sangat mendebarkan. Bukan hanya tentang kehidupan baru yang sedang berkembang dalam tubuhnya, tetapi juga tubuh perempuan itu sendiri mengalami perubahan besar-besaran. Hamil dan melahirkan pun tak hanya soal mendoakan keselamatan fisik ibu dan bayinya, tetapi juga hak untuk hidup dan tumbuh kembang optimal bagi si bayi.

  • Karena itu, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri sebelum bayi Anda lahir. Hal ini tentunya demi mencegah terjadinya kepanikan, yang akan sangat memengaruhi kondisi emosi ibu, dan nantinya akan berdampak pada si bayi:

  • 1. Nutrisi dan suplemen selama kehamilan demi bayi yang sehat

  • Hamil, bukan berarti saat di mana seorang perempuan makan untuk dua orang atau lebih. Prinsip asupan nutrisi sehat seimbang secara garis besar sama saja bagi setiap orang di segala tahapan hidup. Kini harus bicara mengenai kualitas, yang kerap dilupakan orang-yang hanya merisaukan kecukupan jumlahnya. Sayur segar dan buah, sebetulnya jauh lebih baik daripada obat atau suplemen apa pun untuk pembentukan masa tulang. Vitamin D, yang sangat efektif dalam membentuk kekebalan tubuh, karenanya disarankan ibu hamil rutin berjemur di pagi hari. Kecukupan antioksidan dan vitamin C juga membentuk bayi dengan pembuluh darah yang kuat dan mengindari "bokong biru".

  • 2. Reservasi kamar di rumah sakit

  • Karena, bila tidak dipesan sejak jauh hari, bisa jadi Anda tidak mendapatkan kamar yang diinginkan dan sesuai kemampuan. Bahkan di beberapa rumah sakit, Anda juga bisa mendapatkan potongan harga dan beberapa keuntungan lainnya jika memesan kamar dari jauh-jauh hari sebelumnya.

  • 3. Menyiapkan tas ibu dan bayi

  • Sudah memikirkan jauh tentang perlengkapan apa saja yang dibutuhkan di dalam tas Anda dan bayi ketika memasuki 7 bulan kehamilan?

  • Isi tas ibu: Baju tidur dengan kancing di depan (untuk menyusui) dan baju untuk pulang. Pakaian dalam, bra menyusui dan breast pad. Gurita atau korset, dan alat pompa ASI. Pembalut khusus setelah melahirkan. Keperluan mandi. Bahan bacaan atau mp3 player untuk teman pengusir bosan. Kartu rumah sakit, ponsel dan daftar nomor telepon penting.

  • Isi tas bayi: Popok kain, atau popok sekali pakai ukuran newborn. Baju, celana, dan topi bayi. Kaus kaki, sarung tangan, dan selimut. Juga keperluan mandi bayi.

  • 4. Menyiapkan diri untuk proses kelahiran

  • Persiapan diri harus dilakukan dari 6 bulan kehamilan. Selain mental, siapkan juga fisik Anda untuk proses persalinan yang melelahkan. Jaga pola makan dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan lakukan olahraga sesuai anjuran dokter. Ikuti juga kelas senam atau yoga kehamilan yang bisa membuat Anda lebih rileks serta belajar bernafas dan mengejan yang benar saat melahirkan nanti.

  • Advertisement
  • 5. Memperkaya pengetahuan mengenai cara merawat bayi

  • Banyak buku bacaan dan banyak bertanya di tempat yang memiliki integritas dan kompetensi, akan sangat bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk tetap rileks. Sebab membuat Anda bertambah pengetahuannya untuk menghadapi persalinan dan tahu apa-apa saja yang Anda akan hadapi dan apa yang akan Anda butuhkan.

  • 6. 'belanja' dokter anak

  • Nantinya saat si kecil telah lahir, Anda akan tiba pada masanya 'serba takut'. Ya, apalagi jika ini anak pertama. Ketimbang terus menerus mencari informasi dari sumber yang serba "katanya" saja, lebih baik bertanya pada ahlinya, bukan? Maka, jangan hanya belanja baju bayi saja, namun ingatlah untuk "belanja" informasi mengenai dokter anak yang sesuai dengan cara pandang Anda. Yang meresepkan obat secara rasional, dan mau meluangkan waktu untuk menjawab berbagai pertanyaan Anda.

  • 7. Siapkan rumah Anda untuk bayi Anda

  • Persiapkan ruang tidur serta tempat untuk menyimpan pakaian dan perlengkapan bayi. Bersihkan semua, serta siapkan rumah menjadi istana yang ternyaman bagi Anda sekeluarga nantinya.

  • 8. Mempersiapkan diri untuk menyusui

  • Ingatlah bahwa sebelum bayi berusia 3 hari, ASI memang belum mengalir deras. Maka, yakini hal ini dan tenangkan diri. Terutama saat harus menghadapi komentar menyebalkan seperti "ASI nya belum banyak tuh,". Sebab memberi ASI bukan sekadar memberi makan anak, tetapi juga memberi keseluruhan diri kita sebagai ibu. Karenanya, prinsip menyusui anak dengan sukses bukan hanya terletak pada asupan gizi, namun juga proses emosional ibu. Siapkan juga mental suami agar mau selalu mendampingi Anda saat menyusui. Sebab peran suami sebetulnya amat penting dalam kesuksesan proses menyusui.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

8 hal paling esensial yang harus Anda siapkan sebelum bayi Anda lahir

Menanti kelahiran si kecil, adalah hal yang menyenangkan, meski juga menegangkan. Oleh sebab itu, mempersiapkan segala sesuatunya menjadi hal yang amat penting demi menjaga kondisi fisik juga emosi tetap baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr