Kapan saya harus persiapkan dana pendidikan untuk anak saya?

Zaman sekarang pendidikan membutuhkan banyak biaya, apalagi bila sudah sampai ke perguruan tinggi. Apa yang dapat Anda persiapkan untuk ini?

402 views   |   shares
  • man sekarang pendidikan membutuhkan banyak biaya, apalagi bila sudah sampai ke perguruan tinggi. Apa yang dapat Anda persiapkan untuk ini? Bagi mereka yang berpenghasilan besar tidak ada masalah untuk membiayai pendidikan anak-anaknya. Tetapi bagaimana bila Anda dari keluarga menengah yang memiliki penghasilan pas-pasan? Bila Anda ingin anak-anak Anda memperoleh pendidikan tinggi, sebaiknya Anda mempersiapkan tabungan untuknya. Tetapi bagaimana Anda dapat menabung sedangkan kehidupan Anda sendiri di bawah standar?

  • Berapapun penghasilan Anda jika pengeluaran lebih besar pasti akan kekurangan. Dengan memahami hal ini Anda dapat melakukan yang sebaliknya. Betapun kecilnya penghasilan Anda, Anda dapat menabung. Dan bila tabungan itu dipupuk sejak anak Anda balita, pasti pada saatnya nanti tabungan akan bertambah besar. Terutama jika tabungan itu ditaruh di bank sehingga menghasilkan bunga. Walau tidak besar tetapi simpanan itu akan aman dan tidak akan dipakai untuk keperluan lain.

  • Anda dapat mengambil pekerjaan tambahan atau berkarya di rumah dan dari penghasilan itu Anda menabung khusus untuk pendidikan anak Anda. Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan yang menabungkan uang Anda dan memberi tambahan yang setara jumlahnya setiap bulan, Anda mungkin dapat memakainya untuk membiayai anak Anda ke perguruan tinggi.

  • Perbedaan antara tabungan dan asuransi pendidikan

  • Dalam situs ini, dijelaskan manfaat dari asuransi pendidikan anak, apa bedanya dengan tabungan pendidikan dan bagaimana memilih asuransi yang terbaik. Tentu saja Anda harus memilih yang benar-benar dapat dipercaya atau uang Anda akan hilang begitu saja seperti yang pernah dialami ibu penulis beberapa puluh tahun lalu. Carilah di Google tanggapan/komentar orang tentang perusahaan asuransi yang Anda minati. Bertanyalah kepada kenalan atau teman kerja yang memiliki asuransi yang sama. Tanyakan kepada agen asuransi berapa besar premi yang harus dibayar, apakah dapat disesuaikan dengan penghasilan di masa depan. Sesudah itu baca dengan teliti peraturan dan syarat-syarat perusahaan asuransi tersebut.

  • Tabungan

  • Bank mengurus tabungan Anda dan memberi bunga kecil namun stabil. Jangan memilih bank kurang terkenal yang memberi bunga lebih besar daripada bank-bank lainnya. Bila bank ini bankrut, uang Anda akan melayang. Tabungan tidak akan bertambah bila suatu hari Anda meninggal atai cacat berat sehingga tidak bisa bekerja. Hanya bunganya yang akan tetap berjalan selama Anda belum mengambil tabungan Anda.

  • Advertisement
  • Asuransi

  • Asuransi tidak ditanggung oleh bank, bahkan meskipun bank yang memasarkan produk itu, bank hanya merupakan perantara. Asuransi pendidikan dapat digabung dengan asuransi jiwa, sehingga jika terjadi sesuatu dengan diri Anda, anak Anda akan memperoleh sejumlah uang untuk pendidikannya. Ada asuransi yang dikaitkan dengan saham, ini berisiko tinggi. Nilai asuransi bisa menanjak tetapi juga bisa merosot, sesuai dengan pasaran saham. Jika Anda bukan orang yang suka mencari risiko, tentu saja lebih baik Anda menabung uang Anda di bank.

  • Meningkatkan prestasi anak

  • Anda dapat "menabung" dengan meningkatkan prestasi si anak. Khususnya bila anak Anda ber-IQ tinggi, dia akan memperoleh beasiswa dengan mudah dari perguruan-perguruan tinggi. Hal ini dapat dipupuk sejak kecil dengan kursus-kursus yang ada atau melalui bimbingan Anda sendiri.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Kapan saya harus persiapkan dana pendidikan untuk anak saya?

Zaman sekarang pendidikan membutuhkan banyak biaya, apalagi bila sudah sampai ke perguruan tinggi. Apa yang dapat Anda persiapkan untuk ini?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr