Yuk, tonton 5 judul film ini untuk habiskan akhir pekan bersama anak-anak

Sesekali berikan tayangan film yang dapat membuat anak-anak Anda tertawa agar emosi dan perkembangan mental mereka tetap stabil.

237 views   |   shares
  • Beberapa waktu yang lalu masyarakat sempat dihebohkan oleh pernyataan KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) yang melarang sebuah film kartun yang sangat populer di kalangan anak, untuk disiarkan di Indonesia. Alasannya cukup sederhana, banyak adegan kekerasan yang ditampilkan dalam film tersebut dan minimnya unsur edukasi yang disajikan untuk anak-anak. Menanggapi hal ini KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) akhirnya mengeluarkan surat perintah kepada salah satu televisi swasta untuk segera menghentikan tayangan film tersebut.

  • Hal ini juga membuat sebagian besar orangtua akhirnya merasa khawatir dengan perkembangan kepribadian buah hati mereka. Tidak jarang anak-anak mereka kedapatan berkelahi di sekolah hanya karena berselisih paham saat membicarakan salah satu tokoh hebat dalam film tersebut.

  • Begitu besarnya dampak siaran televisi memengaruhi seseorang -terutama anak-, karenanya Anda harus peka mengawasi dan menjaga informasi yang diterima anak melalui tontonan di televisi.

  • Tentu tidak selalu buruk, masih ada juga tayangan film menarik lainnya yang penuh dengan pesan-pesan moral dan pasti digemari oleh anak-anak Anda. Berikut 5 judul film yang saya pilah berdasarkan genre, yang pastinya cocok dan baik untuk buah hati Anda.

  • 1. Drama

  • Film berbahasa Inggris, "Little House on the Prairie", bisa Anda berikan kepada anak-anak untuk ditonton. Sekilas cerita, film ini mengkisahkan sebuah keluarga yang tinggal di sebuah peternakan di Amerika. Mereka merupakan pionir yang menjelajahi negara Amerika untuk membuka lahan pertanian dan memulai kehidupan baru. Anda serta anak-anak tidak akan pernah bosan menyaksikan film ini.

  • 2. Animasi

  • "UP." Sebuah film animasi garapan Pixar memiliki alur cerita yang lengkap. Mengkisahkan kehidupan seorang kakek bernama Carl dan istrinya Ellie. Mereka berdua telah bersahabat sejak dari kecil dan akhirnya menikah. Namun, ternyata Ellie meninggal lebih dulu dan kakek Carl berusaha mempertahankan rumah dari pengembang nakal yang ingin menguasai properti mereka. Untuk itu, kakek Carl memiliki ide gila, yaitu menerbangkan rumah dengan menggunakan ribuan balon helium. Banyak hal bisa dipetik sebagai pelajaran dari film ini, sampai tiba-tiba muncul seorang anak pramuka bernama Russell yang membuat cerita film UP makin menarik dan penuh petualangan.

  • 3. Fiksi sains

  • Film sains fiksi menceritakan hal-hal luar biasa tentang eksperimen, penemuan serta petualangan yang pernah dilakukan atau belum pernah dilakukan oleh manusia. Salah satu judul film yang bisa Anda rekomendasikan untuk ditonton oleh anak-anak adalah "Gravity". Gravity menceritakan perjuangan para astronot di luar angkasa dan bagaimana cara mereka memecahkan setiap persoalan. Film ini sangat baik di tonton oleh anak-anak supaya dapat menumbuhkan minat mereka terhadap ilmu pengetahuan.

  • Advertisement
  • 4. Komedi

  • Sesekali berikan tayangan film yang dapat membuat anak-anak Anda tertawa, sebab dengan tertawa dapat membuat emosi dan perkembangan mental mereka tetap stabil. Sebuah film hasil karya anak bangsa berjudul "Warkop DKI Reborn" bisa Anda putar di rumah. Seperti kita ketahui Warkop DKI adalah grup lawak legendaris yang dibintangi oleh Dono, Kasino dan Indro.

  • 5. Dokumenter dan sejarah

  • Hampir semua film garapan "National Geographic Society" layak untuk ditonton oleh anak-anak. Kisah-kisah yang menyajikan tentang kehidupan alam liar, penemuan-penemuan berharga, teknologi, serta biografi orang-orang hebat di dunia mampu membantu perkembangan kepribadian anak Anda. Namun demikian, sebagai orangtua Anda tetap harus mendampingi dan memberikan penjelasan yang benar ketika anak memiliki pertanyaan-pertanyaan yang belum mereka pahami.

  • Sekali lagi, masih ada banyak judul film menarik yang pantas ditonton oleh anak-anak. Semoga dengan memberikan tontonan yang sehat, perkembangan emosi, mental serta kepribadian mereka juga terjaga. Akhir kata, lindungi selalu anak-anak kita dari bahaya yang datang melalui tayangan televisi. Mereka memiliki masa depan yang cemerlang, tapi semua itu tergantung dari bagaimana cara kita sebagai orangtua mendidik dan mengarahkan mereka.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Yuk, tonton 5 judul film ini untuk habiskan akhir pekan bersama anak-anak

Sesekali berikan tayangan film yang dapat membuat anak-anak Anda tertawa agar emosi dan perkembangan mental mereka tetap stabil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr