Pendidikan tinggi untuk anak. Dalam negeri atau luar negeri?

Yang manakah yang harus dipilih untuk persiapan pendidikan tinggi anak?

194 views   |   1 shares
  • Ketika anak Anda lulus SLA Anda mungkin mempertimbangkan perguruan tinggi mana yang terbaik baginya. Tentu saja semua itu sesuai dengan kemampuan Anda dan keinginan anak Anda. Apakah dia ingin masuk ke perguruan tinggi di dalam negeri atau di luar negeri? Apa saja pertimbangan yang dapat membantu Anda dan anak Anda mengambil keputusan?

  • Biaya

  • Di dalam negeri

  • Semua orang tahu biaya masuk perguruan tinggi sangatlah mahal. Universitas negeri seperti Universitas Indonesia, IPB, Universitas Pajajaran, ITB, Universitas Diponegoro, dan lainnya banyak digemari para calon mahasiswa, namun mereka harus benar-benar berprestasi. Bagi yang nilainya tanggung tetapi orangtuanya masih mampu membiayai banyak universitas swasta yang cukup bergengsi. Tentu saja bila anak Anda tidak diterima di universitas lokal, berarti ada biaya tambahan seperti biaya kos, makan, kendaraan, dan lain-lain.

  • Di luar negeri

  • Biaya kuliah di luar negeri juga cukup mahal, walau itu tergantung di negara mana anak Anda akan kuliah. Konon di Jerman Anda dapat kuliah tanpa biaya. Di AS bila Anda berprestasi ada banyak beasiswa yang dapat Anda peroleh. Di samping itu anak Anda juga dapat bekerja paruh waktu di kampus untuk membiayai hidupnya. Jadi yang perlu Anda siapkan adalah biaya pembuatan paspor, biaya pesawat, biaya tempat tinggal dan uang kuliah semester pertama setidak-tidaknya sebelum dia dapat bekerja.

  • Mutu

  • Tidak semua perguruan tinggi di luar negeri bermutu. Anda harus memperhatikan akreditasnya. Di AS banyak perguruan tinggi ivy league yang sangat ternama seperti Harvard, Columbia, UCLA, Princeton dan banyak lagi. Memasuki perguruan seperti itu membutuhkan biaya yang sangat besar atau IQ yang tinggi. Namun banyak pula universitas yang tidak bermutu bahkan menipu. Jadi hati-hatilah dalam memilih, jangan sampai uang melayang tanpa ada hasilnya.

  • Sebaliknya di dalam negeri Anda dapat memilih perguruan tinggi dengan lebih mudah. Anda lebih kenal situasinya dan jika seandainya ada yang tidak beres, kemungkinan besar Anda akan tahu. Sayangnya universitas-universitas di Indonesia menduduki rangking paling bawah di mata dunia internasional. Menurut Times Higher Education Indonesia tidak tercatat di antara 400 global university atau top 100 universitas Asia di tahun 2013. Sebaliknya QS World Ranking, memasukkan Universitas Indonesia sebagai nomor 64 di Asia (no. 309 dunia), ITB no 129 (461-470 di dunia) Universitas Gadjah Mada nomor 133 (501-550), dan Universitas Airlangga nomor 145 (701+).

  • Advertisement
  • Cara melamar

  • Dulu mungkin Anda harus bersusah payah mencari info dan formulir di perpustakaan. Dengan kemajuan zaman, Anda tinggal mencari di internet, mengisi formulirnya, dan membayar ongkos pendaftaran dengan kartu kredit. Sesudah itu tinggal menunggu kabar apakah anak Anda diterima. Untuk universitas di luar negeri Anda dapat mengikuti virtual tour atau keliling kampus lewat DVD yang dapat Anda minta dari kantor administrasi universitas bersangkutan. Anda juga dapat memeriksa tanggapan orang banyak tentang universitas tersebut atau rangkingnya lewat Google.

  • Anda memerlukan waktu kira-kira 1 tahun untuk persiapan melamar universitas di luar negeri. Untuk di AS Anda perlu mengambil test TOEFL dan mendapat nilai paling sedikit 500. Anda harus melampirkan hasil test ini bersama ijazah sekolah, bukti keuangan sponsor (biasanya orangtua) yang disahkan notaris, essay yang Anda tulis. Semua itu harus diterjemahkan oleh penerjemah yang disumpah. Kemudian Anda juga harus memperoleh student visa dari kedutaan AS. Perhatikan jadwal penutupan penerimaan siswa di masing-masing universitas.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pendidikan tinggi untuk anak. Dalam negeri atau luar negeri?

Yang manakah yang harus dipilih untuk persiapan pendidikan tinggi anak?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr