Cara mudah menjelaskan kepada anak gadis Anda soal menstruasi

Si kecil sudah beranjak gadis, dan mulai beranjak dewasa saat ia memasuki gerbang besar bernama: menstruasi. Hal ini amat besar bagi seorang anak perempuan, karena itu orangtua harus mampu menemani dan menjawab segala pertanyaan.

372 views   |   6 shares
  • Kebanyakan anak gadis mulai masa menstruasinya saat berusia 12 tahun, namun kini, bukan tak mungkin terjadi lebih dini. Karena itulah menjelaskan soal menstruasi sebaiknya dilakukan lebih awal. Apalagi datang bulan adalah kejadian yang besar dalam kehidupan seorang gadis.

  • Menurut Stephen Dawshen, MD. Dari laman kidshealth.org, akan lebih baik jika orangtua menghindari "pembicaraan serius" mengenai menstruasi. Mengobrol santai, dan diawali dengan keterangan sains mengenai tubuh manusia sejak kecil hingga dewasa, misalnya. Yang penting dilakukan secara berkesinambungan dan perlahan. Tak dibahas tuntas hanya dalam satu kali obrolan.

  • Melakukan hal ini, tak hanya bermanfaat karena memberikan informasi bagi si anak, namun juga membuat mereka merasa bahwa orangtuanya selalu ada dan membuat mereka sendiri merasa nyaman saat membicarakan hal ini. Ingatkan terus kepadanya, bahwa mengalami menstruasi untuk pertama kali, adalah bagian dari tumbuh kembang. Jadi tidak perlu merasa malu.

  • Bahkan, jika perlu, ajak dirinya merayakan menstruasi pertamanya. Bisa dengan memberikan hadiah, mengajaknya makan spesial di luar atau sekadar berjalan-jalan berdua. Melakukan hal ini, tentu akan membuatnya tidak lagi khawatir, dan yakin bahwa ibunya akan selalu hadir membantu kegamangannya.

  • Dengan ada untuk anak dan memberikan informasi yang benar, orangtua pun bisa memastikan bahwa si anak tidak sembarangan mencari sumber untuk mendapatkan info mengenai perubahan tubuhnya. Jangan sampai mereka merasa bahwa menstruasi adalah bentuk kutukan, hal yang mengerikan dan buruk. Apalagi jika sampai tidak mengetahui dengan jelas bahwa menstruasi pun merupakan gerbangnya seorang gadis bisa menjadi seorang ibu.

  • Akan tetapi, kadang obrolan mengenai menstruasi tak selalu mudah untuk dilakukan. Terutama karena dalam pembicaraannya akan terkait dengan seksual dan hubungan lawan jenis. Berikut adalah cara mudah menjelaskan kepada anak mengenai menstruasi, seperti dilansir kidshealth.org dan mayoclinic.com:

    • Gunakan bantuan buku atau film bagus sebagai pembuka obrolan. Sambil mengobrol santai, sambil menonton film, akan lebih menyenangkan. Tapi ingat, sebaiknya sebelum menonton atau membacakan buku kepadanya, Anda sudah terlebih dahulu mengetahui isi film atau buku tersebut.

    • Selalu memulainya dengan fakta sains dan informasi penting terkait hal itu yang bisa dibaca kapan saja. Bercerita mengenai perubahan tubuh dan organ-organ vital sebetulnya menyenangkan, apalagi jika ada gambar dan keterangannya.

    • Jika ada pertanyaan yang tak bisa Anda jawab, katakan bahwa Anda akan mencarikan infonya.

    • Bisa juga melakukan koordinasi dengan gurunya dan bekerja sama untuk memberi keterangan terkait hal ini kepada anak. Jadi, informasi yang diterimanya dari berbagai pihak akan selalu benar, dan berkesinambungan.

    • Obrolan juga bisa dibuka saat bersama-sama berbelanja ke supermarket dan berjalan menyusuri rak pembalut, atau saat melihat iklan obat pereda sakit perut karena datang bulan. Yang penting dibahas sesering mungkin dalam obrolan-obrolan kecil yang santai.

    • Jelaskan juga hal-hal terkait teknis. Seperti arti menstruasi, efek sampingnya dan cara menanggulanginya, bahwa tak ada satu pun yang tahu kapan menstruasi akan terjadi pertama kali, teknis menyiapkan pembalut dan pentingnya menjaga kebersihan dengan sering menggantinya hingga cara mengatasi jika terjadi kebocoran.

    • Jika Anda mendengar anak menyebutkan sesuatu yang terkait dengan datang bulan, langsung buka pembicaraan dengan bertanya darimana ia mendapatkan info tersebut. Pertanyaan bisa menjadi jalan yang amat baik untuk langsung menanamkan ingatan dalam diri anak agar miskonsepsi tidak sampai dipercaya.

    • Bisa juga dengan mengajak anak berkenalan dengan dokter kandungan. Sekalian melakukan pemeriksaan rutin terkait kandungan, Anda dan si remaja ini bisa langsung bertanya mengenai hal-hal terkait menstruasi kepada dokter.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Cara mudah menjelaskan kepada anak gadis Anda soal menstruasi

Si kecil sudah beranjak gadis, dan mulai beranjak dewasa saat ia memasuki gerbang besar bernama: menstruasi. Hal ini amat besar bagi seorang anak perempuan, karena itu orangtua harus mampu menemani dan menjawab segala pertanyaan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr