Rencanakan mudik tahun depan mulai dari sekarang. Apa saja daftarnya?

Tentulah Anda tak ingin mengalami kejadian-kejadian tak mengenakkan pada mudik Lebaran tahun depan. Tidak ada salahnya jika Anda mengambil ancang-ancang dan melakukan persiapan mudik 2017. Inilah tujuh poin yang dapat Anda rencanakan sekarang.

249 views   |   1 shares
  • Mudik tahun 2016 meninggalkan berbagai cerita dan kesan. Di sela kebahagiaan berjumpa dengan sanak saudara di kampung halaman, terselip juga pengalaman yang mengganjal di hati. Sebut saja kemacetan panjang, waktu pulang yang mundur karena pembatalan penerbangan atau bandara ditutup, anak-anak yang rewel bahkan sakit karena kelelahan, atau kehabisan uang tunai di perjalanan.

  • Tentulah Anda tak ingin mengalami kejadian-kejadian tak mengenakkan pada mudik Lebaran tahun depan. Tidak ada salahnya jika Anda mengambil ancang-ancang dan melakukan persiapan dari sekarang. Inilah beberapa poin yang dapat Anda rencanakan untuk perjalanan mudik 2017.

  • 1. Tujuan mudik

  • Diskusikan dengan pasangan, tahun 2017 ke mana saja keluarga Anda akan berkunjung. Apakah sama dengan tahun 2016 ini? Atau Anda mendapat giliran untuk menyambangi tempat lain? Selain kunjungan kerabat, masukkan juga beberapa tempat wisata ke dalam daftar perjalanan Anda. Carilah informasi mengenai tempat wisata yang bersahabat bagi semua anggota keluarga, khususnya anak-anak dan para lansia.

  • 2. Pilihan moda transportasi

  • Setelah mengetahui tujuan mudik, Anda dapat mengulas rute perjalanan dari beberapa segi, seperti moda transportasi yang dapat Anda pilih dan lama waktu tempuh. Hal ini menjadi penting, apalagi jika Anda mudik bersama ibu hamil, bayi, balita, dan anak-anak yang rentan tak nyaman kala menempuh perjalanan panjang nan melelahkan. Utamakan menaiki pesawat terbang atau kereta api, untuk mempersingkat waktu tempuh. Jika Anda memilih menaiki bus, mobil, atau motor, cermati dan ambil rute yang relatif lebih lancar, meskipun jaraknya sedikit lebih jauh. Manfaatkan gadget dan aplikasi terkini untuk membantu Anda membuat rencana perjalanan yang lengkap.

  • 3. Akomodasi

  • Di mana nanti Anda akan menginap? Apakah Anda akan berhenti dan bermalam di perjalanan? Ini adalah persiapan akomodasi yang perlu Anda rencanakan. Mulailah mencari informasi mengenai akomodasi yang bersih, aman, terpercaya, dan bersahabat bagi keluarga. Bukalah situs-situs perjalanan, bacalah ulasan para tamu yang telah berkunjung, pertimbangkan fasilitas apa saja yang Anda perlukan dari tempat menginap Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan keluarga Anda dan kocek Anda tentu saja. Anda mendapatkan penerbangan sangat pagi? Menginaplah di hotel dekat bandara untuk bersiap berangkat secepat kilat atau lakukan online check-in untuk mempersingkat proses keberangkatan.

  • Advertisement
  • 4. Berburu tiket perjalanan dan akomodasi

  • Satu kegiatan yang dapat Anda lakukan jauh-jauh hari adalah survei harga dan ketersediaan tiket perjalanan serta akomodasi. Dengan menjamurnya situs dan aplikasi perantara pembelian tiket serta pemesanan penginapan, Anda dapat mencari tahu dahulu harga yang berlaku. Untuk antisipasi tuslah dan kenaikan tahunan, hitung dengan penambahan sekitar 30-35 persen. Dengan perkiraan harga ini, Anda sudah dapat berhitung biaya transportasi dan akomodasi. Anggaran mudik 2017 pun bisa Anda siapkan segera.

  • 5. Carilah celah penghematan

  • Berkaca dari perjalanan mudik Anda tahun ini, Anda dapat mengetahui pos-pos mana saja yang menjadi sumber "kebocoran" anggaran. Biaya makan yang membengkak? Belanja impulsif di pusat oleh-oleh? Bolak-balik mengisi BBM karena terjebak kemacetan panjang? Buatlah daftar hal-hal yang dapat Anda hemat kala perjalanan, di antaranya :

    • Untuk makanan, siapkan kudapan dan makanan sehat praktis yang Anda siapkan dari rumah. Kue kering, biskuit, sayuran kukus, potongan apel, pisang, roti isi, adalah beberapa makanan yang bisa Anda nikmati di perjalanan.

    • Pilihan lain untuk menghemat makanan adalah dengan mencari info diskon spesial. Anda dapat mengunduh kupon daring untuk beberapa gerai makanan. Biasanya ada paket makanan yang harganya lebih hemat.

    • Bekali keluarga dengan air mineral yang Anda beli dalam jumlah banyak. Minuman manis, soda, atau berkafein tinggi cenderung membuat Anda lebih cepat haus, selain kurang baik jika dikonsumsi berlebihan.

    • Penghematan juga dapat Anda lakukan pada aspek biaya BBM kendaraan Anda. Mengisi BBM di tempat asal, berkendara dengan kecepatan minimum yang disyaratkan, dan mengisi kendaraan dengan barang-barang yang tidak terlalu banyak jumlahnya, adalah contoh langkah-langkah yang akan mengoptimalkan penggunaan BBM kendaraan Anda yang efisien.

    • Cara lain, Anda tidak perlu bernafsu berbelanja, baik untuk diri sendiri maupun untuk buah tangan. Oleh-oleh tidaklah wajib untuk dibeli, jika anggaran terlalu pas.

    • Apabila memungkinkan, belilah buah tangan yang tidak mudah basi pada waktu sebelum Lebaran. Penjual cenderung menaikkan harga saat Hari Raya, jadi curilah start dengan membeli lebih dahulu.

  • 6. Rancangan mudik nyaman bagi bumil dan si Kecil

  • Ibu hamil dan si Kecil memiliki stamina terbatas untuk menjalani mudik dengan waktu tempuh yang panjang. Bila Anda memilih moda transportasi darat, Anda perlu berhenti setiap 2-3 jam untuk memberikan mereka waktu beristirahat sejenak atau sekadar pergi ke kamar kecil. Atur pula waktu keberangkatan supaya tidak merusak pola tidur dan istirahat mereka. Untuk menghindari membawa barang terlalu banyak demi memenuhi semua kebutuhan si Kecil, Anda dapat mengirimkan beberapa barang bawaan terlebih dahulu (jika di tempat tujuan ada kerabat yang bisa dititipi). Solusi lain adalah mengepak barang seringkas mungkin dan mengutamakan membawa barang-barang ukuran kecil yang praktis. Buatlah juga perencanaan menu MPASI atau menu anak yang praktis tanpa melupakan kandungan nutrisinya. Permainan dan hiburan juga perlu Anda masukkan dalam daftar persiapan perjalanan untuk menghindarkan anak dari kebosanan.

  • Advertisement
  • 7. Anggarkan biaya dengan cermat

  • Setelah membuat perencanaan perjalanan, selanjutnya persiapan dana perlu dilakukan.

    • Buatlah perhitungan dengan membuat perkiraan kasar total anggaran dengan menambahkan 20 persen dari total anggaran tahun ini. Kurangi dengan pos mudik Lebaran dari THR Anda. Sisa dana perjalanan, Anda bagi 10, untuk mendapatkan nilai uang yang harus Anda tabungkan per bulan untuk persiapan mudik.

    • Masih terlalu berat? Canangkan penyisihan sebagian bonus tahunan Anda untuk menambah pundi mudik Anda tahun depan.

    • Hindari godaan untuk menggesek kartu kredit berlebihan atau meminjam uang demi mudik impian Anda.

    • Jikalau ada kesenjangan antara keinginan dan kenyataan, Anda yang perlu merombak rencana mudik Anda dengan perjalanan yang lebih sederhana dan hemat biaya.

  • Mudik telah bertransformasi. Tak lagi hanya simbol tradisi atau budaya, mudik menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas Hari Raya Anda. Dengan rencana yang matang, semoga mudik tahun mendatang menghadirkan kenangan perjalanan manis bagi keluarga Anda.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Rencanakan mudik tahun depan mulai dari sekarang. Apa saja daftarnya?

Tentulah Anda tak ingin mengalami kejadian-kejadian tak mengenakkan pada mudik Lebaran tahun depan. Tidak ada salahnya jika Anda mengambil ancang-ancang dan melakukan persiapan mudik 2017. Inilah tujuh poin yang dapat Anda rencanakan sekarang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr