Ini jenis usaha sederhana yang bisa Anda mulai kapan pun, tanpa harus terintimidasi modal besar

Memulai suatu usaha, sebetulnya bukan modal yang terpenting. Justru ide kreatif dan cerdas membaca peluang. Karena itu tak perlu takut saat mendengar kata "Memulai bisnis" sebab ada begitu banyak hal yang bisa dilakukan, lho..

5,684 views   |   12 shares
  • Belakangan ini, menjadi karyawan dan hanya memiliki satu sumber pendapatan saja kerap dirasa kurang. Maka banyak orang yang mulai melirik dunia bisnis. Sayangnya, sering terbentur dengan keluhan kurangnya modal. Padahal sebetulnya, usaha tak selalu butuh modal besar, dan bahkan bisa dimulai di rumah, lho.

  • Lekan Olanite, dalam bukunya "40 small business you can start with little or no capital", mengatakan, poin pertama yang harus dilakukan adalah riset pasar. Cari tahu, apa yang paling dibutuhkan oleh orang di sekitar Anda, dan apa yang kira-kira amat diinginkan sehingga orang bersedia membayar berapa pun. Setelah itu, buatlah rencana bisnis yang terstruktur. Apa bentuk usaha yang akan Anda jalani, target pasarnya, tujuannya dan segala hal, dengan detail hingga ke jumlah investasi yang dibutuhkan, cara memasarkannya dan alokasi waktu. Hal ini akan membantu Anda agar mampu melihat segala sisi dari rencana bisnis Anda.

  • Tapi sebetulnya, apa saja sih jenis usaha sederhana yang bisa Anda mulai kapan pun? Berikut 8 usaha yang bisa Anda pertimbangkan seperti dilansir dari buku karangan Lekan Olanite dan majalah Forbes:

  • 1. Bisnis Belanja Online

  • Bisnis belanja online saat ini terus meningkat seiring dengan perkembangan elektronik dan kemudahan yang didapat dari belanja online. Mulailah dengan membuat sebuah blog atau website. Bisa menggunakan blog yang berbayar atau gratisan. Setelah itu, bekerjakeraslah untuk memikat para netizen untuk berbelanja di tempat Anda, salah satunya dengan menulis artikel atau promosi di media sosial. Online Shop yang besar pun, tidak langsung menjadi besar. Jika Anda mau membuka toko online tapi tidak memiliki produk untuk di jual Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat menggunakan fasilitas Reseller.

  • 2. Servis Konsultasi

  • Pikirkan saja apa keahlian yang Anda miliki, dan Anda bisa membuka jasa konsultasi. Misalnya konsultasi pernikahan, konsultasi bisnis, konsultasi hukum atau properti. Tidak perlu keluar modal, yang penting punya banyak teman dan relasi yang bisa ditawarkan jasa.

  • 3. Usaha makanan

  • Tak peduli apa pun kondisi seseorang, makanan adalah kebutuhan nomor satu yang pasti dicari semua orang sebelum pakaian dan tempat tinggal. Jika Anda telah menemukan tempat menjual, pasar yang membutuhkan, juga target konsumen yang tepat, kesuksesan ada di depan mata.

  • 4. Bisnis rental

  • Apakah di rumah ada begitu banyak mainan atau perlengkapan bayi yang masih bagus dan sudah tak terpakai? Atau ada mobil tetangga yang lebih banyak diam di garasi? Atau ada barang lain yang sejak dibeli jarang digunakan? Sewakan saja. Kini di saat harga-harga melambung tinggi, kebutuhan membeli barang tersier jadi banyak tersingkirkan dan orang lebih memilih rental. Nah, lumayan kan. Rumah Anda pun tidak penuh barang lama. Namun ingat perjanjian rental-nya ya, jangan sampai merugi lho..

  • Advertisement
  • 5. Jasa Memebersihkan rumah

  • Apalagi di saat-saat liburan hari raya, banyak asisten rumah tangga yang belum pulang, maka banyak orang yang amat membutuhkan jasa bebersih rumah. Kalau perlu sediakan paket lengkap hingga membersihkan sofa, kasur, karpet dan mengelap seluruh furnitur. Anda bisa melakukannya sendiri, atau dengan bantuan teman dan keluarga. Bahkan bisa juga mencari karyawan dari mahasiswa yang butuh tambahan uang.

  • 6. Jasa bungkus hadiah atau parcel

  • Ada begitu banyak kantor bahkan perorangan yang membutuhkan hal ini. Sebab membungkus hadiah atau parcel dengan rapih an terlihat cantik, membutuhkan keahlian khusus. Jika Anda memang senang melakukannya, kenapa tidak dijual? Siapkan saja kontak-kontak Anda dan hubungi mereka, tawarkan jasa ini kalau perlu dengan foto-foto hasil karya Anda sebelumnya. Kalau Anda kreatif, sebetulnya banyak kardus atau kemasan-kemasan bekas yang dapat digunakan sebagai hiasan lho.

    1. _Event Organizer_
  • Perencana acara atau perencana pernikahan, selalu menjadi lahan menggiurkan. Anda hanya perlu mencari ide kreatif agar beda dari yang lain. Ya, tidak membutuhkan modal besar, sebab yang paling Anda butuhkan adalah rekanan dan mencari orang yang membutuhkan. Anda bisa menawarkan ide segar seperti pengisi acara komedi, untuk hari pernikahan dengan tema humoris. Atau acara seru bagi ulang tahun anak-anak. Berikan paket lengkap dengan tema yang amat dekat dengan karakter si empunya acara. Kuncinya adalah berusaha mengenal lebih dekat calon klien, untuk mendapatkan hatinya.

  • 8. Taksi untuk hewan peliharaan

  • Jika Anda terbiasa dengan hewan peliharaan, dan menyukainya, wah, ini bisa menjadi bisnis besar. Sebab banyak pemilik hewan yang ingin tetap menjaga kebersihan peliharaannya namun tak punya waktu untuk mengantarkan mereka ke salon. Atau mereka yang harus bepergian keluar kota namun tak sempat membawa hewannya ke penitipan. Tidak banyak sarana transportasi umum yang memerbolehkan membawa hewan, ambillah kesempatan ini. Anda juga bisa mengembangkannya menjadi bisnis membawa hewan peliharaan berjalan-jalan. Dengan menjemputnya di rumah pemilik, membawa dengan mobil menuju taman besar, dan mengajak hewan-hewan manis ini menghabiskan energi.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Ini jenis usaha sederhana yang bisa Anda mulai kapan pun, tanpa harus terintimidasi modal besar

Memulai suatu usaha, sebetulnya bukan modal yang terpenting. Justru ide kreatif dan cerdas membaca peluang. Karena itu tak perlu takut saat mendengar kata "Memulai bisnis" sebab ada begitu banyak hal yang bisa dilakukan, lho..
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr