Ini 7 menu sarapan yang baik untuk tubuh Anda. Mulai kebiasaan ini sekarang

Berikut 7 referensi menu sarapan yang baik untuk tubuh Anda dan mulailah kebiasaan tersebut sekarang ini.

690 views   |   6 shares
  • Mungkin selama ini Anda memulai hari Anda dengan sarapan yang seadanya saja tanpa memperhatikan kandungan gizi yang terdapat dalam setiap menu sarapan Anda. Banyak orang yang salah menilai bahwa yang penting isi perut dan kenyang itu sudah cukup. Untuk sarapan pagi sebenarnya tidak boleh terlalu kenyang atau memilih makanan berat terlalu banyak karena hanya akan membuat Anda cepat ngantuk.

  • Mengonsumsi sarapan yang berkualitas dan sehat merupakan bagian dari gaya hidup sehat dan sangat dianjurkan sebelum Anda akan memulai aktivitas sepanjang hari. Tubuh Anda membutuhkan energi dan konsentrasi untuk bekerja dan beraktivitas, oleh sebab itu Anda harus membiasakan diri untuk memilih menu sarapan sehat. Meskipun mungkin Anda hanya mempunyai sedikit waktu di pagi hari untuk menyiapkan sarapan, jangan pernah melewatkan untuk sarapan. Banyaknya pilihan menu sarapan baik dan sehat dapat Anda sajikan dalam waktu singkat tanpa akan membuat Anda kerepotan dan terlambat bekerja.

  • 1.Telur omelet dengan segelas teh hangat

  • Menyertakan telur dalam menu sarapan Anda adalah pilihan yang tepat. Telur sebagai sumber protein dan nutrisi membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan penambah sumber energi Anda. Anda dapat mengolah telur menjadi omelet dengan campuran sayur seperti wortel, jagung dan menambahkan parutan keju untuk menambah kelezatan omelet. Untuk melengkapi menu sarapan Anda, secangkir teh hangat juga cukup menyegarkan.

  • 2. 2 lembar roti panggang dengan segelas susu

  • Kandungan gizi yang terdapat dalam roti dan penyajiannya yang praktis, membuat banyak orang lebih memilih sarapan dengan olahan roti. Sebagai variasi, Anda bisa menyajikan roti dengan cara dipanggang. Oleskan selai kacang atau selai lainnya sesuai selera Anda sebelum roti dipanggang. Akan lebih baik bila ditemani dengan segelas susu hangat.

  • 3. Nasi putih ditambah telur rebus atau telur orak-arik

  • Bila Anda sudah terbiasa dengan sarapan nasi juga tidak ada larangan kok. Tetapi, ingat porsinya jangan terlalu banyak, agar perut tidak kaget. Anda bisa menambahkan sebutir telur rebus, telur dadar atau telur orak-arik. Nasi plus telur sebagai salah satu makanan sumber energi yang dapat membuat Anda dapat menahan lapar lebih lama dan dapat menjaga konsentrasi Anda saat bekerja.

  • 4. Semangkuk sereal dicampur susu dan satu buah pisang

  • Saat ini sereal menjadi menu sarapan favorit keluarga. Apalagi bagi anak- anak. Selain praktis, dan mudah untuk disajikan, sereal yang dijual juga sudah banyak macamnya, tinggal Anda yang memilih sesuai selera. Untuk membuatnya Anda hanya menuangkan susu rendah lemak secukupnya ke dalam mangkuk yang sudah berisi sereal. Anda juga dapat mengonsumsi pisang sebagai makanan penutupnya.

  • Advertisement
  • 5. Semangkuk salad buah segar dengan segelas jus

  • Potong-potong beberapa buah segar kesukaan Anda ke dalam satu mangkuk. Pisang, apel, pepaya, anggur, semangka dan melon cocok sebagai menu salad buah. Anda bisa menambahkan yogurt, susu kental manis, madu atau sedikit perasan jeruk lemon untuk menambah kesegaran salad buah buatan Anda. Kandungan vitamin yang terkandung dalam buah-buahan sangat baik untuk kesehatan. Segelas orange jus atau jus strawberry dapat melengkapi menu sarapan yang baik bagi tubuh Anda.

  • 6. Segelas smoothies buah dicampur yogurt dengan sepotong pancake atau muffin

  • Smoothies adalah salah satu pilihan menu sarapan yang baik untuk kesehatan Anda. Untuk membuatnya Anda cukup blender buah pisang, apel, strawberry ditambah yogurt atau susu rendah lemak menjadi satu bagian. Akan lebih nikmat bila buah-buahan di atas dibekukan terlebih dahulu sebelum diblender. Segelas smoothies dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebagai makanan tambahannya, Anda bisa memilih sepotong pancake atau muffin gandum.

  • 7. Segelas susu coklat dengan sepotong sandwich

  • Bagi Anda yang kurang menyukai susu putih, Anda bisa menggantinya dengan susu coklat hangat sebagai menu pembuka sarapan yang sehat. Sebagai pelengkap Anda bisa membuat sandwich dari roti gandum. Roti gandum lebih banyak mengandung serat dan nutrisi dibanding roti tawar biasanya. Tambahkan selada, tomat, ketimun, telur, bawang bombay, keju, atau daging asap ke dalam tumpukan roti tersebut. Sudah dipastikan menu sarapan tersebut memenuhi kandungan gizi yang lengkap.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Ini 7 menu sarapan yang baik untuk tubuh Anda. Mulai kebiasaan ini sekarang

Berikut 7 referensi menu sarapan yang baik untuk tubuh Anda dan mulailah kebiasaan tersebut sekarang ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr