Mengajarkan anak cara melindungi diri dari orang-orang asing dan berbahaya

Sebagai orangtua kita tidak dapat selalu berada di samping anak-anak kita, karena itu kita perlu mengajarkan cara untuk melindungi diri mereka dari segala yang buruk.

477 views   |   6 shares
  • Sebagai orangtua kita tidak dapat selalu berada di samping anak-anak kita, karena itu kita perlu mengajarkan cara untuk melindungi diri mereka dari segala yang buruk. Ketika anak-anak balita kita mulai bersekolah, kita membiarkan mereka berada di tengah-tengah orang yang tidak begitu kita kenal. Kita menyerahkan kesejahteraan mereka kepada guru, teman-teman sekelas dan orang dewasa lain yang mungkin bertindak kurang bijaksana.

  • Biasakanlah untuk bertanya

  • Kita hanya dapat bertanya apa yang terjadi hari itu dan berharap anak kita tidak menyembunyikan sesuatu dari kita. Kita harus memupuk kebiasaan ini supaya anak kita bercerita segala yang dialaminya di sekolah. Salah satu caranya ialah dengan memberi perhatian sepenuhnya ketika dia bercerita. Berikan komentar, ajukan pertanyaan dan doronglah dia untuk bercerita lebih banyak.

  • Jangan mengajukan pertanyaan yang dapat dijawabnya dengan "ya" dan "tidak."

  • Misalnya, jangan bertanya "Apakah Andi senang bersekolah?"

  • Melainkan, "Di sekolah, apa yang Andi pelajari?"

  • Bukan "Apakah guru Andi baik?"

  • Melainkan "Di kelas, bagaimana ibu guru mengajar?"

  • Jika ada yang bersikap kasar atau kurang menyenangkan segera atasi hal itu. Kita tidak perlu membawa emosi ketika menyelidikinya. Misalnya anak kita mengeluh bahwa guru sering memarahinya di kelas. Selidiki dulu apakah anak kita suka berbicara di kelas sehingga mengganggu waktu belajar. Tanyakan kepada guru adakah sesuatu yang dapat kita lakukan untuk menghindari masalah ini.

  • Perhatikan keluhan tentang anak lain yang suka mengganggu. Jangan menganggap sepele hal ini dan mengabaikan dengan anggapan "Ah, itu hanya soal anak-anak, biasa, namanya juga masih kecil tentu saja nakal." Suatu hari cucu penulis mengadu kepada ibunya bahwa ada temannya yang dengan bercanda suka memukul dia. Keesokan harinya ibunya menghampiri anak itu dan berkata "Bercanda atau tidak, Dante tidak suka kamu memukulnya. Jangan sampai saya mendengar lagi kamu memukul anak saya." Sejak itu Dante tidak pernah lagi dipukul-pukul temannya.

  • Ajarkan apa yang pantas

  • Sejak dini ajarkan segala sesuatu yang pantas. Tidak saja sopan santun dalam sikap dan pembicaraan, tetapi juga dalam berpakaian dan kebersihan. Jangan membiarkan orang lain melihat mereka telanjang, apalagi menjamah mereka. Tentu saja ada pengecualian seperti bila mereka sedang sakit dan dokter atau suster harus memeriksa mereka.

  • Beri tahu anak-anak bahwa mereka tidak perlu merasa malu atau takut untuk mengadukan sesuatu yang kurang pantas. Tidak peduli bahwa orang yang mereka adukan itu mempunyai jabatan di sekolah, atau mereka kenal baik, atau seharusnya mereka segani. Yakinkan bahwa kita dapat mengatasi hal ini dan menghentikan perilaku yang kurang baik itu. Jelaskan bahwa anak-anak itulah yang harus dilindungi, bukan orang lain. Jangan sampai mereka merasa harus melindungi kita karena tidak ingin kita berkonfrontasi dengan orang lain.

  • Advertisement
  • Zaman telah berubah. Sekarang ini banyak orang jahat berusaha memangsa anak-anak yang tidak berdosa, kita harus waspada. Bila ada perasaan curiga atas sesuatu, jangan singkirkan begitu saja perasaan itu. Seorang ibu biasanya mempunyai naluri yang tajam, apalagi bila anaknya dalam bahaya. Tetapi juga jangan biarkan emosi mengendalikan sikap kita. Secara bijaksana selidikilah hal itu, jangan sampai kita menyesal di kemudian hari karena mengabaikan naluri kita.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengajarkan anak cara melindungi diri dari orang-orang asing dan berbahaya

Sebagai orangtua kita tidak dapat selalu berada di samping anak-anak kita, karena itu kita perlu mengajarkan cara untuk melindungi diri mereka dari segala yang buruk.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr