Kiat mencukupi seluruh kebutuhan dan tetap menjadi 'stay-at-home mom'

Sulit bagi pasutri untuk bekerja dua-duanya sementara anak-anak mereka masih kecil. Mereka terpaksa mengandalkan penghasilan satu orang saja. Bagaimana dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga dalam keadaan seperti itu?

513 views   |   5 shares
  • Sulit bagi pasutri untuk bekerja dua-duanya sementara anak-anak mereka masih kecil. Mereka terpaksa mengandalkan penghasilan satu orang saja. Bagaimana dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga dalam keadaan seperti itu?

  • Anggaran belanja

  • Tentu saja inilah salah satu yang harus kita jalankan dalam upaya menyesuaikan pengeluaran dengan penghasilan. Salah satunya ialah dengan cara membuat anggaran belanja. Mengatur anggaran belanja keluarga dapat dilakukan dengan membuat catatan apa yang perlu dibayar setiap bulan. Kita dapat menggunakan buku atau membuat beberapa amplop untuk menyimpan uang yang sudah dikhususkan untuk suatu pembayaran. Misalnya amplop 1 untuk uang sewa/cicilan rumah, amplop 2 untuk belanja makanan, amplop 3 untuk transportasi atau membeli bensin, amplop 4 untuk biaya sekolah anak-anak, dan begitu seterusnya.

  • Kreatif

  • Kita dapat memanfaatkan kreativitas kita untuk berhemat. Misalnya jangan sering mengganti perabot. Sofa, meja makan, dan kursi dapat bertahan selama bertahun-tahun. Bila kita bosan dengan sofa yang sudah tampak kusam, kita dapat menaruh rajutan atau selimut untuk menutupi sandarannya. Hiaslah dengan bantalan kursi berwarna warni untuk membuatnya kembali tampak semarak. Ada banyak contoh di Pinterest atau YouTube untuk ini.

  • Meja makan sudah banyak goresan di permukaannya? Belilah cat plitur untuk membuatnya kembali tampak baru. Kursi goyah seperti gigi yang mau copot? Ambillah paku dan palu, catlah dengan warna yang cerah meriah dan taruhlah di halaman untuk duduk-duduk di sore hari. Jangan buang baju anak-anak yang sudah kekecilan, khususnya jika itu anak pertama. Adik-adiknya dapat memakai baju itu, karena baju anak-anak biasanya hanya dipakai sebulan dua sebelum kesempitan.

  • Mencari uang tambahan

  • Carilah pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah seperti menjahit, mempermak baju, memasak, memberi kursus bahasa Inggris, piano, mengaji atau kecantikan. Membuka salon, bengkel, makanan rantangan atau membuat kue. Menerima penitipan anak bagi ibu-ibu yang bekerja, menerima pesanan bunga, menulis blog di internet dan bahkan mengarang buku.

  • Mengelola makanan

  • Selain berusaha menyediakan makanan sehat para ibu atau bapak rumah tangga juga perlu memperhatikan selera makan keluarganya. Bagaimana memenuhi kedua hal itu sementara uang belanja minim? Kebanyakan orang suka telur, jika harganya sedang murah, simpanlah banyak-banyak di kulkas. Telur banyak mengandung gizi dan dapat diolah dengan berbagai cara. Kita dapat membuat dadar telur dengan diisi berbagai sayuran seperti jamur, bayam, irisan cabai, bawang bombai dan lain-lain. Nasi goreng dan bakmi kuah atau goreng dapat ditambah telur.

  • Advertisement
  • Tentu saja banyak rupa nasi goreng atau bakmi yang dapat kita ciptakan jika keuangan sedang sempit. Bahkan ada rumah makan di Las Vegas yang mengkhususkan diri sebagai house of fried rice atau house of noodle. Menunya tiada lain nasi goreng dan ramen, tetapi tentu saja diperkaya dengan macam-macam tambahannya. Nasi goreng udang, ayam, telur, dan satu yang tidak pernah penulis lupakan ketika masih tinggal di Ciputat, nasi goreng kambing, memikirkannya saja sudah membuat liur menetes. Sayang di AS tidak ada daging kambing yang "seharum" di Indonesia, yang dapat dibuat sendiri di rumah adalah nasi goreng babat seperti yang dijual di pikulan.

  • Catatan: Jika ramen dianggap kurang sehat, tambahkan sayur sawi hijau atau putih dan telur. Jangan pakai seluruh bumbu ramen, cukup setengahnya saja.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Kiat mencukupi seluruh kebutuhan dan tetap menjadi 'stay-at-home mom'

Sulit bagi pasutri untuk bekerja dua-duanya sementara anak-anak mereka masih kecil. Mereka terpaksa mengandalkan penghasilan satu orang saja. Bagaimana dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga dalam keadaan seperti itu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr