Dampak Positif Video Games Terhadap Anak

Banyak orang berpikir video games adalah berbahaya dan buang-buang waktu. Meskipun beberapa games tertentu dapat mendukung anggapan ini, Anda akan ingin tahu 7 keuntungan dari bermain video games bagi anak Anda.

420 views   |   shares
  • Apakah ini, tepatnya, yang mengganggu orang tua mengenai anak yang bermain video games? Sebagai ibu, saya terus-menerus bertengkar dengan anak saya mengenai ini, kapan dan berapa lama dia boleh bermain. Keamanan, kekerasan, kesehatan dan kegemukan, penyerangan, kepantasan umur, kecanduan, dan jumlah waktu bermain yang pantas dapat mengganggu kita untuk menjadikan video cukup berbahaya. Semua alasan itu sah-sah saja. Namun sebelum melarang semua video games di rumah Anda, lihatlah beberapa efek positif yang dapat kita miliki juga.

  • Keterampilan Sosial dan Keluarga

  • Salah satu rekomendasi kunci bagi orang tua adalah untuk menggunakan waktu bermain video games bersama anak-anak mereka. Menghargai dan berperan serta dalam video memperkuat ikatan kekeluargaan. Orang tua yang meluangkan waktu untuk bermain tidak hanya menjadi lebih berpengetahuan mengenai yang dimainkan anak mereka, mereka juga membentuk hubungan yang lebih dekat dengan anak mereka sewaktu mereka bertemu di “bidang” anak mereka.

  • Secara sosial, banyak yang mengajar anak-anak untuk menjangkau dan berkontribusi dalam cara yang positif. Dalam bukunya, Scott Steinberg menyarankan bahwa “anak yang meluangkan waktu hanya 30 menit bermain permainan 'pro-social' seperti Super Mario Sunshine (yang mana itu adalah permainan membersihkan polusi dan gambar grafiti di pulau animasi) lebih mungkin membantu teman, keluarga, dan tetangga di kehidupan nyata.”

  • Dalam sebuah studi di Brigham Young University, anak wanita khususnya menunjukkan perkembangan ketika orang tua bermain bersama mereka. Anak perempuan yang memainkan video games yang sesuai umur menunjukkan depresi, kekhawatiran, dan kemarahan yang lebih rendah. Mereka juga menunjukkan perilaku yang lebih positif terhadap keluarga mereka.

  • Batas Pendidikan

  • Menggunakan video telah menunjukkan peningkatan pengetahuan, kewaspadaan dan keterampilan menyelesaikan masalah untuk membantu dengan hal literatur, matematika, dan subjek pendidikan lainnya. Dalam sebuah studi yang diadakan oleh University of Kansas, murid yang menggunakan video sebelum ujian lebih berhasil dari murid yang menggunakan metode pembelajaran lain. Sebagai hasil dari temuan ini, Scott Steinberg menawarkan bahwa “keuntungan dari menggunakan video games dalam kasus ini dapat saja menjadi kenyataan karena itu memerlukan keterlibatan aktif dari pikiran."

  • Advertisement
  • Kemampuan Multi Tugas

  • Persyaratan yang rumit untuk menjadikan meningkatkan kemapuan multi tugas anak, serta bantuan dalam mengembangkan keterampilan motorik dan pengembangan dan peningkatan ketajaman penglihatan, orang-orang yang bermain video games laga dapat mengidentifikasi huruf-huruf di gambar berantakan 20% lebih baik dari sebelumnya. Yang luar biasa, hasil menunjukkan setelah jam bermain.

  • Kerja Sama

  • Kerja sama yang memerlukan pemain untuk saling bekerja sama memecahkan masalah mengajari keterampilan melebihi dunia digital. Sebagai contoh, permainan vide games mengajar para pemainnya keterampilan yang sangat berharga mengenai kerja sama.

  • Membangun Kepercayaan Diri

  • Melalui proses alami pembelajaran, penguasaan dan kemenangan diperlukan dalam permainan, pemainnya meningkatkan kepercayaan diri dalam kemampuan mereka untuk mengatasi tantangan dengan ketekunan.

  • Mengenalkan Olah Raga

  • Olah raga yang aktif, khususnya yang menggunakan peralatan kendali gerak seperti menyediakan kesempatan besar untuk berolahraga.

  • Keuntungan Karir

  • Apa yang orang tua tidak ingin berikan kepada anak mereka pemahaman mengenai karir yang baik? Menurut sebuah laporan dari Federation of American Scientists "keberhasilan video yang rumit mendemonstrasikan bahwa video games dapat mengajar urutan keterampilan berpikir yang tinggi seperti berpikir strategis, analisis interpretatif, penyelesaian masalah, perencanaan dan pengambilan keputusan, serta adaptasi terhadap perubahan yang cepat...Ini adalah keterampilan yang perusahaan di Amerika Serikat cari secara meningkat dari pelamar dan karyawan baru."

  • Jelas bahwa kita hendaknya tidak gegabah menyikapi keuntungan ini dan memaksa anak kita bermain video games setiap saat, namun begitu, sungguh melegakan untuk mengetahui bahwa ketika ditangani dengan sesuai, dengan kendali yang pantas, video games dapat memberikan keuntungan di jam bebas anak-anak, orang tua, dan keluarga.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "Positive effects of video games on kids" karya Tamara Webb.

Bantu kami menyebarkan

Tamara Webb has an MA in British and American Literature from the University of Utah, where she also taught writing as an Adjunct Professor. She is a mother of five. Contact her at tjbibliomaniac@yahoo.com, and find her blog at LivinginLilliput.com.

Dampak Positif Video Games Terhadap Anak

Banyak orang berpikir video games adalah berbahaya dan buang-buang waktu. Meskipun beberapa games tertentu dapat mendukung anggapan ini, Anda akan ingin tahu 7 keuntungan dari bermain video games bagi anak Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr