5 cara menghilangkan kebiasaan anak berargumen dengan Anda

Apakah anak Anda suka membantah? Dalam kadar tertentu bantahan dapat diterima karena mengundang pikiran yang terbuka, tetapi jika terus menerus tentu membuat Anda kesal.

901 views   |   8 shares
  • Apakah anak Anda suka membantah? Dalam kadar tertentu bantahan dapat diterima karena mengundang pikiran yang terbuka, tetapi jika terus menerus tentu membuat Anda kesal. Biasanya anak yang suka membantah adalah anak yang cerdas karena dia mempunyai pendapatnya sendiri, tetapi bila dia selalu merasa pendapatnyalah yang benar dan pendapat orangtuanya keliru, Anda harus meluruskan jalan pikirannya. Bagaimana Anda dapat menghilangkan kebiasaannya membantah?

  • 1. Patuh

  • Tanamkan dalam diri anak-anak sejak dini bahwa sebagai anak mereka harus patuh kepada orangtua. Tunjukkan tanggung jawab Anda sebagai orangtua dengan melindungi dan mengurus mereka.

  • 2. Ajarkan sopan santun

  • Anda mengajarkan agar sejak kecil mereka mengucapkan "tolong" jika meminta seseorang melakukan sesuatu untuknya dan "terima kasih" sesudah menerima pertolongan itu atau ketika diberi sesuatu. Sikap santun ini menanamkan rasa hormat dalam diri mereka terhadap siapa pun, khususnya orangtua mereka. Ajarkan juga bahwa membantah terus menerus adalah tidak sopan.

  • 3. Demokrasi

  • Tidak hanya negara kita yang memerlukan demokrasi terpimpin dalam pemerintahannya, rumah tangga juga. Setiap orang mempunyai pendapat yang boleh didengarkan tetapi keputusan tetap diambil oleh orangtua. Bukan saja karena orangtua lebih dewasa, namun juga karena orangtua mengetahui hal-hal yang lebih baik bagi anaknya. Umpamakan bahwa ayah adalah presiden dan ibu adalah wakilnya, mereka mengatur supaya segala sesuatu berjalan dengan baik dalam keluarga.

  • 4. Satu pertanyaan satu jawaban

  • Buatlah peraturan dalam rumah tangga bahwa anak-anak boleh bertanya satu kali dan akan dijawab satu kali. Misalnya Anda menyuruh anak-anak tidur padahal mereka masih ingin bermain video game. Mereka boleh bertanya mengapa, tetapi cukup dengan satu jawaban mereka harus puas. Anda tidak perlu bertele-tele menjelaskan (karena sebetulnya mereka sudah tahu jawabnya juga), cukup satu kalimat.

  • 5. Mengendalikan percakapan

  • Walaupun Anda sudah membuat peraturan di atas, anak-anak mungkin tetap akan menguji Anda dan mencoba sampai di mana mereka dapat memenangkan perbantahan. Karena itu cobalah resep ini, kendalikan percakapan.

  • Bayangkan Anda bekerja sebagai penerima telepon di perusahaan yang memberikan layanan untuk pelanggan. Pelanggan yang menelepon mungkin marah-marah dan menyampaikan keluhan yang panjang. Tugas Anda adalah memecahkan persoalannya, walaupun itu tidak berarti melakukan sesuatu yang menguntungkannya. Ada peraturan perusahaan yang harus diterapkan dan tidak dapat diabaikan begitu saja. Anda harus dengan tegas menyampaikan hal itu dan menghentikan percakapan. Begitu pula dengan anak Anda, beri tahu dia peraturan dalam keluarganya, titik, dia tidak boleh mengganggu gugat hal itu.

  • Advertisement
  • Anda tidak perlu menjawab "karena mama/papa bilang begitu," sebagai usaha terakhir untuk menghentikan pertanyaan "mengapa?" yang ditembakkannya secara beruntun. Sikap Anda yang tegas dan penjelasan yang masuk akal menunjukkan bahwa Andalah yang menguasai medan. Figur Anda sebagai orangtua yang patut dihormati memberi cap yang mengesahkan semua itu. Bukan berarti Anda harus bertindak sebagai diktaktor. Tetapi demokrasi terpimpin tidak menghendaki pemberontakan dan bantahan yang terus menerus dapat dipandang sebagai salah satu bentuk dari perlawanan.

  • Menangani bantahan dari anak-anak yang masih kecil lebih mudah daripada bila itu datangnya dari remaja. Namun kembalikan kepada mereka rasa tanggung jawab sebagai anak yang lebih besar yang seharusnya lebih memahami peraturan di rumah. Ajak mereka menerapkan peraturan ini dan membantu adik-adiknya memahaminya. Dengan kata lain ajaklah mereka bekerja sama menegakkan ketertiban dalam keluarganya.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 cara menghilangkan kebiasaan anak berargumen dengan Anda

Apakah anak Anda suka membantah? Dalam kadar tertentu bantahan dapat diterima karena mengundang pikiran yang terbuka, tetapi jika terus menerus tentu membuat Anda kesal.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr