Ini yang terjadi pada tubuh Anda ketika mengunyah permen karet

Dulu, permen karet dicari untuk menggelembungkannya menjadi balon warna warni. Kini, permen karet adalah salah satu upaya untuk hidup sehat.

758 views   |   6 shares
  • Siapa yang tak gemar permen karet? Si kenyal yang jadi kesukaan berbagai lapisan usia. Jika di masa kecil dan remaja, permen karet dicari untuk menggelembungkannya menjadi balon warna warni, lain halnya bagi kaum dewasa. Permen karet bergeser fungsinya menjadi usaha untuk hidup sehat. Anda memilih permen karet yang bebas gula, mengandung bahan yang menyegarkan nafas, atau mengunyah permen karet adalah cara Anda untuk menenangkan hati atau melepaskan stres.

  • Apa saja yang terjadi dalam tubuh saat Anda mengunyah permen karet? Simak fakta-faktanya berikut ini.

  • Di dalam mulut

    • Penelitian ini sangat mengejutkan saya. Ternyata, penyakit kronis tertinggi yang dialami oleh manusia di Bumi adalah gigi berlubang! Lebih dari separuh populasi orang dewasa di dunia mengalami hal ini. Gigi berlubang pun bukan saja terbatas efeknya di rongga mulut. Penyakit kronis lain dapat terpicu karenanya, termasuk masalah pada jantung, darah, dan organ internal lainnya karena masuknya bakteri ke dalam tubuh melalui lubang di gigi Anda. Namun, untuk mencegah gigi berlubang, permen karet tanpa gula dapat menjadi senjata Anda melawan bahaya gigi berlubang

    • Mengunyah permen karet seusai makan, membuat air liur mengalir lebih banyak di dalam mulut Anda. Efeknya, air liur yang meningkat akan membantu menetralisir dan membersihkan zat asam yang terbentuk ketika makanan bertemu dengan bakteri jahat atau plak pada gigi atau rongga mulut.

    • American Dental Association (ADA) menyarankan untuk mengunyah permen karet bebas gula selama 20 menit setelah makan untuk mencegah gigi berlubang. Salah satu alasannya adalah karena peningkatan air liur yang terjadi ketika Anda mengunyah permen karet juga membawa lebih banyak kalsium dan fosfat yang berguna untuk memperkuat lapisan enamel gigi.

    • Carilah permen karet yang bebas gula dan mengandung bahan aktif yang bermanfaat bagi kesehatan gigi serta rongga mulut. ADA pun mengeluarkan daftar beberapa merek permen karet yang telah terbukti keamanan dan efektivitasnya bagi kesehatan gigi dan rongga mulut.

    • Meskipun demikian, Anda tetap wajib melakukan kebiasaan sehat untuk menjaga gigi Anda seperti menyikat gigi, membersihkan dengan benang gigi, dan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi Anda.

  • Advertisement
  • Di dalam perut

    • Pada tayangan sebuah reality show tentang penurunan bobot badan secara spektakular, permen karet digunakan dalam program untuk mengendalikan nafsu makan, menunda masa lapar, dan pada akhirnya membuat kontestan lebih langsing dari sebelumnya.

    • Kathleen M. Zelman, seorang praktisi kesehatan pada artikelnya di WebMD.com menyarankan untuk mengunyah permen karet saat Anda merasa ingin mengunyah kudapan di antara waktu makan besar Anda, saat menonton televisi atau saat berada di jamuan pesta. Zelman juga menyarankan permen karet untuk Anda nikmati saat memasak, untuk mencegah Anda mengudap masakan Anda sendiri!

    • Namun, Anda tetap harus mengendalikan jumlah permen karet yang Anda konsumsi setiap harinya. Sebuah studi di The British Medical Journal melaporkan adanya diare kronis, sakit perut, dan penurunan berat badan berlebihan akibat konsumsi permen karet di atas 15 stik sehari.

    • Charlene Grosse, seorang praktisi diet dan kesehatan asal Australia menyampaikan kepada Huffington Post, mayoritas permen karet bebas gula, justru mengandung pemanis buatan seperti sorbito, manitol, dan xylitolyang memberikan efek pencahar bagi pencernaan Anda.

    • Grosse menambahkan, saat kita mengunyah permen karet, sistem pencernaan kita menangkap sinyal adanya makanan yang masuk. Tubuh pun bersiap dengan meningkatkan produksi asam lambung. Akibatnya, muncul rasa kembung dan tak enak pada perut.

    • Dr. Jennifer Temple dari University of Bufffalo, AS menyampaikan kepada Time mengenai studi permen karet rasa mint yang dilakukannya. Ternyata, penikmat permen karet rasa mint cenderung melewatkan menu buah dan sayur saat makan. "Bagi sebagian orang, mint membuat rasa asli buah terasa berbeda dan tidak seenak biasanya," ujar Dr. Temple. Sebuah anjuran untuk Anda, untuk tidak menggantikan posisi buah dan sayur dalam menu makan Anda dengan permen karet penyegar mulut, tentu saja!

  • Advertisement
  • Di dalam kepala

    • Mengunyah permen karet kerap juga diasosiasikan dengan proses pencarian ide dan berpikir kreatif. Sebuah penelitian gabungan antara ahli-ahli asal Inggris dan Australia pada tahun 2009 menemukan adanya bukti bahwa mengunyah permen karet meningkatkan aliran darah ke otak, sebagai pertanda kemungkinan penyebab peningkatan kerja otak. Selain itu, terjadi penurunan hormon kortisol yang membawa penurunan pula pada tingkat stres Anda.

    • Mengenai pikiran yang menjadi lebih terbebas dari stres atau tekanan, studi lain dari Eastern Illinois University, AS, membawa hasil positif di mana mengunyah permen karet menurunkan tingkat ketegangan para siswa yang tengah menghadapi ujian. Atau studi tahun 1999 ini mengungkapkan manfaat mengunyah permen karet untuk meredakan efek kurang tidur Anda. Intinya, pikiran Anda akan menjadi lebih tenang dengan permen karet di dalam mulut Anda. Betapa menyenangkan!

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Ini yang terjadi pada tubuh Anda ketika mengunyah permen karet

Dulu, permen karet dicari untuk menggelembungkannya menjadi balon warna warni. Kini, permen karet adalah salah satu upaya untuk hidup sehat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr