Yuk perhatikan kesehatan gigi anak dengan lebih seksama

Pentingnya menjaga kesehatan gigi anak Anda dimulai sejak mereka masih kecil. Memeriksakan gigi mereka setiap tahun mencegah kerusakan yang dapat menimbulkan sakit gigi.

214 views   |   1 shares
  • Pentingnya menjaga kesehatan gigi anak Anda dimulai sejak mereka masih kecil. Memeriksakan gigi mereka setiap tahun mencegah kerusakan yang dapat menimbulkan sakit gigi. Sebagai orang dewasa kita sadar bagaimana sakit gigi dapat sangat mengganggu. Bayangkan kalau anak kita yang masih kecil menderita sakit gigi.

  • Selain ke dokter gigi, tentu saja kita harus mengajarkan perawatan gigi sehari-hari. Mungkin sulit bagi anak-anak yang masih kecil untuk menjalankan perawatan rutin bagi gigi mereka. Karena itu harus ditanamkan kesadaran mengapa mereka harus rajin menggosok gigi.

  • Sikat gigi teratur

  • Ajarkan mereka untuk menyikat gigi setiap pagi dan malam. Mungkin supaya mereka rajin gosok gigi, belilah sikat gigi bergambar yang mereka sukai, seperti Elmo, Dora, Disney Princess, dll. Juga odol bagi anak-anak kini banyak dijual di toko. Odol itu tidak sepedas odol untuk orang dewasa dan memiliki rasa seperti strawberry, anggur, dll. Kalau perlu janjikan hadiah kecil bagi mereka yang rajin gosok gigi.

  • Hindari permen

  • Ajarkan mereka agar jangan makan permen terlalu sering supaya gigi tidak keropos. Sehabis makan permen sebaiknya minum air, begitu pun sehabis makan sebaiknya kumur sehingga sisa-sisa makanan tidak melekat pada gigi. Jangan terlalu sering minum soda yang berwarna atau teh karena gigi menjadi tidak lagi putih. Sisa makanan dapat menimbulkan plak atau karang gigi yang bila dibiarkan akan menyebabkan kerusakan gigi dan mulut bau.

  • 3. Kumur

  • Ajarkan anak-anak berkumur dengan obat kumur, pilihlah yang tidak terlalu pedas. Obat kumur ini dapat mencegah karang gigi dan bau mulut. Paling tidak lakukan itu sehari dua kali sesudah sikat gigi.

  • 4. Dokter gigi

  • Bawalah anak-anak ke dokter gigi setahun sekali untuk pemeriksaan saja atau pada waktu sakit gigi. Beri tahu anak-anak bahwa dokter gigi tidak akan menyakiti mereka, sebaliknya dokter berusaha mencegah mereka jatuh sakit atau menyembuhkan penyakit mereka.

  • 5. Cegah

  • Berilah mereka pengertian bahwa semua itu perlu dilakukan untuk mencegah sakit gigi. Sakit gigi dapat membuat orang sangat menderita, di bagian yang sakit berdenyut-denyut, tidak enak makan, dan tidak enak tidur. Karena itu lebih baik mencegah daripada mengobatinya.

  • Anak-anak pada dasarnya tidak akan merasa takut bila kita sebagai orangtua tidak pernah menakut-nakuti mereka. Ketika anak-anak penulis masih balita, mereka dengan tenang naik sendiri ke kursi dokter gigi dan dengan suka rela membuka mulut lebar-lebar ketika diminta dokter. Begitupun sewaktu disuntik imunisasi, mereka merentangkan tangan kiri dan menerima suntikan tanpa rasa takut, sementara terdengar jeritan ketakutan dan tangisan anak-anak lain. Dokter sampai berkata, "Anak-anak yang luar biasa."

  • Advertisement
  • Obat sementara

  • Bila terlanjur sakit gigi Anda dapat membubuhkan dengan kapas bertangkai satu atau dua tetes minyak cengkeh pada gigi yang berlubang. Atau berilah obat anti nyeri seperti aspirin atau sebangsanya. Tentu saja ini cuma perawatan sementara di malam hari atau di hari Sabtu dan Minggu di mana tidak ada dokter gigi buka praktek. Begitu ada kesempatan ke dokter segera bawalah si sakit ke dokter gigi untuk diberikan perawatan. Jangan menunggu sampai pipi bengkak. Adanya bengkak berarti gusi terkena infeksi. Perawatan akan makan waktu lebih lama, karena infeksi harus disembuhkan dulu sebelum gigi dapat ditambal atau dicabut.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Yuk perhatikan kesehatan gigi anak dengan lebih seksama

Pentingnya menjaga kesehatan gigi anak Anda dimulai sejak mereka masih kecil. Memeriksakan gigi mereka setiap tahun mencegah kerusakan yang dapat menimbulkan sakit gigi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr