Anda mendambakan keberuntungan? Ciptakan dengan 6 langkah ini!

Keberuntungan tidak semata takdir yang telah digariskan. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa Anda dapat menciptakan keberuntungan dengan memanfaatkan kesempatan yang terbentang di depan mata. Ikuti 6 langkah ini untuk menggapainya!

409 views   |   5 shares
  • Ingatkah Anda dengan tokoh rekaan Walt Disney bernama Donal Bebek? Ia merasa hidupnya penuh dengan kesialan dan kerap iri dengan Untung Angsa yang selalu mujur. Donal Bebek boleh saja terus menggerutu, namun Anda dapat berhenti mengeluhkan nasib yang kini masih jauh dari ekspektasi Anda.

  • Ini dia realitanya, keberuntungan tidak semata takdir yang telah digariskan. Artikel dari Daily Mail ini mengungkapkan bahwa keberuntungan dapat Anda ciptakan. Melalui sebuah studi bertajuk SerenA Project di University College London, ditemukan bahwa sebuah peristiwa kebetulan yang membawa kemujuran (serendipity) bukanlah semata "kecelakaan" belaka. Keberuntungan yang ditemui dari peristiwa ini dapat terjadi karena mereka yang mengalami menyadari adanya kesempatan baik terbentang di depannya dan segera beraksi.

  • Pada dasarnya, orang yang beruntung dan tidak beruntung memiliki kesempatan yang sama. Perbedaannya, mereka yang mujur dapat memanfaatkan kesempatan itu untuk mendapatkan suatu kebaikan, meskipun kelihatannya nyaris tidak mungkin. Bagaimana caranya untuk dapat menghadirkan keberuntungan dalam hidup Anda? Simak resepnya berikut ini!

  • 1. Tetapkan tujuan yang jelas

  • Mendatangkan keberuntungan, perlu dimodali oleh kejelasan tujuan. Apa yang ingin Anda capai secara spesifik? Seberapa besar kesempatan yang Anda miliki dan seberapa berat rintangan yang menghadang? Anggaplah seperti Anda ingin pergi menuju ke suatu tempat. Anda akan memikirkan jarak, waktu tempuh, pilihan transportasi, hingga bahaya yang mungkin mengancam perjalanan dan keselamatan Anda. Semakin banyak informasi yang Anda ketahui tentang apa yang ingin Anda tuju, semakin mantap Anda membuat pilihan-pilihan tepat dan mengikis potensi kegagalan dalam misi Anda.

  • 2. Berpikirlah dengan "tidak biasa"

  • Keberuntungan seringkali tersembunyi di balik hal-hal tidak terduga. Dalam artikel ini, Rob White mencontohkan banyak penemuan besar di dunia terjadi saat sang pencipta berpikir di luar kebiasaan, khususnya saat mereka mengalami kegagalan atau mendapatkan hambatan dari orang-orang yang meragukan pemikiran mereka. Ingatlah bahwa seorang pemenang sudah membayangkan kemenangannya sejak awal, walaupun ia belum mulai bergerak. Saat Anda dapat menemukan celah di antara hal-hal yang dianggap tidak mungkin, di situlah kesempatan emas Anda berada.

  • Advertisement
  • 3. Jadilah pribadi yang berpikiran terbuka dan fleksibel

  • Richard Wiseman, seorang psikolog dan pengarang buku The Luck Factor menegaskan bahwa mereka yang kerap tegang, cemas, dan tertutup cenderung melewatkan kesempatan emas yang terpampang di depan mata. Hal ini terjadi karena mereka terlalu fokus untuk mencari hal lain yang sebenarnya tidak esensial, demi menutupi kekhawatiran. Orang yang terbuka dan fleksibel akan cepat beradaptasi dengan perubahan, lebih mudah berbaur atau bersosialisasi, dan mau cepat bangkit dari kegagalan. Buat apa lama bermuram durja atau merana, terus melakukan aksi nyata akan menarik Anda lebih dekat kepada keberuntungan.

  • 4. Pelihara hal-hal positif di hidup Anda

  • Salah satu buku populer, berjudul The Secret, mencetuskan hukum ketertarikan. Anda sering mendengar istilah "semesta mendukung" atau mestakung? Di sinilah hukum ketertarikan memainkan perannya. Anda menginginkan hal-hal baik termasuk nasib baik? Peliharalah segala hal positif yang akan menyiapkan jalan Anda menuju kemujuran. Orang-orang yang suportif, berprasangka baik, motivasi tinggi, lingkungan yang sehat, apa pun yang membuat Anda nyaman secara fisik dan mental. Hal-hal positif akan mendorong Anda untuk berbuat positif dan pada akhirnya, nasib baik akan dengan senang hati bergandengan dengan Anda.

  • 5. Jadilah makhluk sosial yang menyenangkan

  • Carol Morgan dalam artikelnya menyarankan, untuk bertemu dengan banyak orang, membangun lingkaran pergaulan yang luas dan jejaring menembus batas. Semakin banyak Anda mengkoneksikan diri dengan orang-orang, semakin banyak karakter yang Anda pahami, dan semakin besar pula kesempatan Anda untuk menemukan jalan menuju kesuksesan. Namun, punya banyak teman tidaklah cukup. Jagalah hubungan ini sebaik-baiknya dengan menjadi pribadi yang menyenangkan. Tetaplah bijaksana dalam bersikap dan tentukan jarak yang nyaman tanpa mendobrak norma yang berlaku.

  • 6. Rajin bersyukur

  • Sejatinya, inilah langkah terpenting untuk mendatangkan keberuntungan bagi Anda. Karena sesungguhnya, kita telah diberikan nasib baik dalam hidup. Bahkan, dalam situasi yang buruk sekalipun, ada kemujuran tersembunyi di baliknya. Bersyukur akan membuat Anda sekejap menyadari, bahwa sebenarnya keberuntungan sudah ada dalam genggaman Anda sejak Anda hadir di dunia ini. Tidaklah sulit untuk membuatnya selalu menyapa Anda dengan ucapan terima kasih kepada Yang Kuasa atas kesempatan yang diberikan-Nya.

  • Advertisement
  • Nasib dan takdir pada kodratnya memang rahasia Sang Pencipta. Meskipun demikian, garis yang telah ditarik untuk Anda, masih dapat Anda hiasi dengan peristiwa-peristiwa baik yang membuat Anda atau orang lain turut merasakan kebahagiaan. Semua hal akan terjadi karena suatu alasan dan kendali hidup selalu ada di tangan Anda untuk menjadikannya bermakna.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Anda mendambakan keberuntungan? Ciptakan dengan 6 langkah ini!

Keberuntungan tidak semata takdir yang telah digariskan. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa Anda dapat menciptakan keberuntungan dengan memanfaatkan kesempatan yang terbentang di depan mata. Ikuti 6 langkah ini untuk menggapainya!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr