Waspadai 'jebakan-jebakan' yang dipasang supermarket setiap Anda berbelanja

Berbelanja besar sah-sah saja dilakukan, hanya saja Anda harus bijak dan memastikan apakah benar barang-barang yang akan Anda beli tersebut berguna bagi Anda dan anggota keluarga Anda.

10,868 views   |   44 shares
  • Rata-rata orang yang berbelanja di sebuah supermarket sering melampaui batas perencanaan, bahkan sampai yang bersangkutan kehabisan uang. Padahal, tujuan awal dirinya hanya sekedar ingin melihat-lihat, mencicipi, tapi ternyata malah merembet dan akhirnya lupa diri.

  • Fenomena unik semacam ini disebabkan bukan karena keteledoran dari para pengunjung, tapi karena trik cerdik pengelola supermarket yang membuat para pengunjung mau membelanjakan uangnya. Berikut adalah beberapa cara yang kerap dijalankan oleh para pengelola supermarket yang harus kita waspadai supaya keuangan kita selamat.

  • Mengubah letak barang secara berkala

  • Anda datang dengan daftar belanjaan, itulah yang paling ditakuti para pengelola supermarket. Tapi ternyata mereka tidak kekurangan akal, mereka merotasi letak rak-rak secara berkala , hal ini tujuannya supaya Anda bersedia mencari letak barang yang akan Anda beli. Saat Anda mencari barang yang akan Anda beli tentunya Anda harus melewati barang-barang yang lain, di sinilah pikiran Anda berusaha dimanipulasi agar Anda bersedia membeli barang-barang yang sebetulnya tidak Anda perlukan.

  • Memperbesar budget Anda

  • Anda datang dengan angaran belanja terbatas, misalnya Anda berencana hari ini akan berbelanja maskimal tiga ratus ribu rupiah, namun tentu saja Anda tidak hanya membawa uang Rp300,000,- saja, di mana pada umumnya pembeli juga membawa ATM atau kartu kredit. Para pengelola supermarket biasanya menerapkan harga yang tidak pas seperti misalnya Rp 12.999,- dan saat kita melihat harga seperti ini kita akan langsung sadar bahwa harga sebenarnya adalah Rp 13.000,-. Namun dengan banyaknya barang yang Anda beli, secara tidak sadar ketika menjumlahkannya Anda akan membulatkannya menjadi Rp 12.000,- dan jangan heran ketika membayar Anda terkejut karena uang Anda tidak cukup.

  • Ubin ukuran 30 x 30

  • Boleh percaya boleh tidak menurut sebuah riset ukuran ubin dapat memperlambat jalan para pembeli untuk sekedar melihat kanan dan kiri. Ukuran ubin yang ideal dan kerap dijumpai di beberapa supermarket besar rata-rata berukuran 30x30. Ubin memang tidak secara langsung memperlambat para pengunjung, tapi suasana bersih dan nyaman yang dirasakan membuat mereka betah berlama-lama di dalam supermarket.

  • Tidak semua lorong kasir aktif

  • Ini juga merupakan salah satu trik cerdik para pengelola supermarket. Sadarkah Anda bahwa dengan jumlah kasir yang sedikit tentu akan menciptakan antrean panjang. Biasanya pengelola supermarket memiliki pedoman bahwa panjang antrean maksimal adalah 7 - 9 orang, jumlah antrean ini akan membuat pengunjung merasa bahwa pusat perbelanjaan tersebut adalah pusat perbelanjaan yang ramai. Selain itu, sambil mengantre para pengunjung juga akan melihat-lihat etalase tepat di samping kasir, antrean ini memperbesar kemungkinan mereka untuk membelinya.

  • Advertisement
  • Memajang snack di depan kasir atau di sepanjang tangga berjalan

  • Inilah cara yang sering kita lihat di setiap pusat-pusat perbelanjaan, para pengelola sengaja meletakkan barang-barang tersebut di depan kasir atau di sepanjang tangga berbelanja dengan tujuan menggugah minat para pengunjung untuk membelinya. Target yang sering diburu oleh para pengelola supermarket adalah anak-anak dan balita, sebab mereka umumnya mudah tergoda dan kemudian merengek-renggek kepada orangtuanya untuk minta dibelikan.

  • Mengirim sms promo dan potongan harga besar-besaran

  • Beberapa pusat perbelanjaan seakan-akan berlomba-lomba untuk bisa mengaet pembeli sebanyak-banyakanya. Sebuah cara yang lazim dan kerap dijumpai adalah dengn cara mengirimkan sebuah pesan singat yang memberitahukan tentang promo harga terbaru, hingga diskon besar-besaran untuk pembelian item tertentu. Banyak orang tidak mampu menolak godaan dengan cara demikian.

  • Daftar kartu keanggotaan

  • Untuk semakin memanjakan para pelanggannya, pusat-pusat perbelanjaan besar seakan tak segan-segan memberikan potongan harga mengiurkan dengan syarat yang bersangkutan bersedia mendaftarkan dirinya menjadi anggota. Dengan membawa kartu anggota tersebut secara otomatis para pelanggan memperoleh diskon hingga poin khusus yang dapat ditukar dengan berbagai macam suvenir menarik.

  • Berbelanja besar sah-sah saja dilakukan, hanya saja Anda harus bijak dan memastikan apakah benar barang-barang yang akan Anda beli tersebut berguna bagi Anda dan anggota keluarga Anda. Jika tidak, berusahalah menjadi pribadi yang tidak konsumtif, bijaklah dengan pengeluaran Anda dan lindungi selalu keuangan Anda sehingga keluarga Anda sejahtera.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Waspadai 'jebakan-jebakan' yang dipasang supermarket setiap Anda berbelanja

Berbelanja besar sah-sah saja dilakukan, hanya saja Anda harus bijak dan memastikan apakah benar barang-barang yang akan Anda beli tersebut berguna bagi Anda dan anggota keluarga Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr