18 hal yang harus Anda lakukan sebelum si kecil 'tiba-tiba' dewasa

Sebelum Anda menyadari si kecil 'tiba-tiba' sudah semakin besar dan dewasa, sebaiknya lakukan 18 hal ini agar menjadi memori indah yang dapat Anda dan ia kenang.

952 views   |   6 shares
  • 'Don't grow up too fast.' Kalimat yang seringkali saya jumpai di beberapa postingan milik teman di sosial media tentang anak mereka. Ya, saya setuju, anak-anak cepat sekali bertumbuh besar. Adik perempuan saya, yang perbedaan umurnya terpaut 18 tahun dengan saya adalah salah satu contoh nyata dalam hidup saya.

  • Rasanya baru kemarin saya menggandengnya ke sana ke mari. Memandikan dan menyuapinya setiap hari dan sekarang, dia sudah remaja dan susah untuk diajak pergi. Dia lebih suka bermain dengan teman-teman sekolahnya dan beberapa hari lagi dia sudah mau masuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Waktu benar-benar cepat berlalu.

  • Sekarang, setelah saya punya anak, saya jadi takut melewatkan masa yang begitu cepat berjalan. Membayangkan ia tumbuh semakin dewasa dan tidak ingin lagi berada di dekat ibunya karena sudah sampai saatnya dia harus hidup mandiri.

  • Selagi waktu masih bisa dinikmati, saya ingin menikmati setiap momen pertumbuhan anak saya dengan baik. Rekomendasi 50 hal yang bisa saya lakukan sebelum ia dengan cepat tumbuh dewasa ini mungkin bisa jadi ide bagus:

    1. Ajarkan mereka berdoa dan jadikan itu kebiasaan setiap hari.

    2. Berkemah. Tidak perlu sampai pergi jauh, cukup di halaman rumah atau bahkan di ruang tamu. Gunakan sleeping bag, senter dan tentunya tenda.

    3. Relaks. Buatkan mereka sereal atau coklat panas sebelum tidur. Tentunya kebiasaan ini akan terus ia ingat hingga dewasa.

    4. Melompat di atas tempat tidur sesekali. Nikmatilah sisi kekanakan dalam diri kita. Tentunya ini akan jadi pengalaman menyenangkan untuk si kecil.

    5. Pandangilah sunset bersama.

    6. Panggang pizza bersama-sama dengan resep dari internet.

    7. Kumpulkanlah benda-benda kesayangan mereka dari masa kecil untuk menjadi pengingat atau pembangkit memori ketika mereka sudah dewasa nanti.

    8. Tuliskanlah pesan-pesan cinta untuk mereka di secarik kertas.

    9. JIka anak Anda perempuan, biarkan mereka merias wajah Anda atau menyapukan cat kuku di tangan dan kaki Anda.

    10. Bermain di tengah hujan.

    11. Melipat kertas menjadi mainan perahu dan bermain bersamanya

    12. Ajarkan mereka membuat catatan yang mengungkapkan terima kasih.

    13. Ajarkan mereka menuliskan surat kepada sahabat. Cara konvensional ini masih menarik hingga zaman se-modern sekarang ini.

    14. Buatlah 'memory frame box'. Kumpulkan baju, sepatu atau kaos kaki anak ketika masih bayi agar mereka dapat membayangkan masa kecil mereka dulu.

    15. Buat sendiri pengukur tinggi badan di salah satu tepi dinding rumah.

    16. Sering-seringlah mendongengkan mereka setiap sebelum tidur.

    17. Bersama mengeksplorasi alam.

    18. Anak lebih dari satu atau dua? Jadwalkan 'kencan' spesidengan masing-masing dari mereka.

  • Advertisement
  • Masih banyak hal lain yang tentunya menjadi favorit Anda dan si kecil. Sering-seringlah melakukan hal menyenangkan, apapun itu agar kegiatan itu selalu membekas dalam ingatannya dan menjadi satu hal yang ia rindukan ketika ia sudah beranjak dewasa.

Bantu kami menyebarkan

Lulus sebagai Sarjana Sastra dan menjabat sebagai Content Manager www.keluarga.com. Wiwin mengawali kariernya di media cetak harian nasional tertua di Indonesia, mengasah kemampuannya sebagai jurnalis mulai dari reporter junior hingga editor senior di beberapa majalah gaya hidup asing dan lokal Indonesia.

Situs: http://wiwinwiw.wordpress.com

18 hal yang harus Anda lakukan sebelum si kecil 'tiba-tiba' dewasa

Sebelum Anda menyadari si kecil 'tiba-tiba' sudah semakin besar dan dewasa, sebaiknya lakukan 18 hal ini agar menjadi memori indah yang dapat Anda dan ia kenang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr