Apakah Anda Sudah Berada di Jalur yang Benar dan Siap Pensiun Sekarang

Sebelum pensiun kita harus sudah siap secara keuangan. Kalau tidak, maka kita akan segera seperti kehilangan pekerjaan di usia lanjut.

923 views   |   1 shares
  • Selamat untuk karier yang panjang dan berhasil. Kedengarannya Anda sudah siap pensiun. Marilah meluangkan beberapa menit untuk menilai gambaran keuangan Anda untuk memastikan kalau Anda sudah siap dan dalam keadaan yang baik.

  • Di rumah

  • Kunci untuk sebuah pensiun yang bahagia adalah memiliki rumah yang sudah bebas KPR atau sewa. Jika rumah Anda sudah benar-benar lunas terbayar, Anda dalam kondisi bagus untuk pensiun. Jika Anda memiliki rumah dengan nilai yang jauh di atas KPR Anda (ekuitas), tetapi belum terbayar lunas, bicarakan hal tersebut dengan pialang finansial Anda untuk menggunakan kelebihan nilai tersebut guna membayar KPR Anda – dengan memberi Anda jaminan atas kelebihan investasi Anda yang melebihi investasi lain manapun dengan sebuah keuntungan yang terjamin. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menjual rumah Anda dan menggunakan kelebihannya untuk membeli sebuah rumah atau kondo yang lebih kecil di mana Anda dan pasangan hidup Anda dapat tinggal. Jika Anda tidak memiliki ekuitas atau tidak memiliki rumah, Anda butuh lebih banyak tabungan dan mungkin ingin membeli sebuah tempat untuk tempat tinggal selama pensiun.

  • Hutang kartu kredit

  • Memasuki pensiun, hendaknya Anda sudah tidak memiliki hutang kartu kredit. Jika Anda masih memilikinya, Anda tidak akan sanggup melunasinya dengan tabungan Anda, secara keuangan Anda belum siap untuk pensiun.

  • Pensiun

  • Idealnya, hendaknya Anda memiliki sepuluh hingga lima belas kali lipat penghasilan Anda dalam tabungan pensiun Anda. Tabungan tersebut ditambah dana dari (semacam Jamsostek), seharusnya Anda telah memiliki pensiun yang aman. Jika tabungan Anda, setelah membayar lunas KPR, jauh di bawah sepuluh kali lipat penghasilan Anda, hendaknya Anda meminta nasihat dari pialang finansial mengenai persiapan Anda. Jika Anda memiliki sedikit tabungan dan mengharap hidup dari dana , mungkin Anda masih harus bekerja lebih lama (kecuali Anda sudah di atas usia 70). Dengan menunda pensiun, faedah dana Anda akan bertambah, yang akan membuat Anda lebih mudah untuk pensiun di kemudian hari. Selanjutnya, Anda mungkin dapat menambah sedikit tabungan untuk pensiun Anda. Pensiun hanya menggantungkan pada Jamsostek lebih masuk akal jika Anda telah memiliki rumah yang lunas KPR.

  • Tabungan perguruan tinggi

  • Marilah kita menganggap bahwa Anda sudah tidak memiliki anak-anak yang masih kuliah. Jika Anda masih memiliki sisa tabungan untuk perguruan tinggi, mungkin tabungan tersebut dapat menjadi berkat untuk cucu-cucu Anda.

  • Advertisement
  • Mobil

  • Mobil yang Anda kendarai selama penisun tidak penting secara keuangan. Namun demikian, hendaknya Anda tidak memiliki kredit mobil. Selama pensiun, bunga hendaknya mengalir ke satu arah secara eksklusif: Anda mengumpulkannya dari pihak lain. Anda seharusnya tidak membayarnya.

  • Ada banyak model pensiun, dari hidup dekat pantai dan lapangan golf di Hawaii hingga hidup di hunian yang disubsidi pemerintah. Ada banyak orang yang pensiun dengan bahagia – dan yang cerewet dan tidak bahagia – pada setiap tingkatan ekonomi. Bila Anda sama sekali tidak memiliki hutang, Anda dapat mengurangi kecemasan Anda dan menyesuaikan diri ke dalam gaya hidup yang sanggup Anda jangkau selama kesehatan Anda mengizinkannya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli “Are you on track and ready to retire now” karya Devin Thorpe.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

Apakah Anda Sudah Berada di Jalur yang Benar dan Siap Pensiun Sekarang

Sebelum pensiun kita harus sudah siap secara keuangan. Kalau tidak, maka kita akan segera seperti kehilangan pekerjaan di usia lanjut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr