Ibu, nikmatilah setiap tahapan tumbuh kembang bayi Anda

Sulit dipercaya bayi Anda sudah hampir berumur setahun. Waktu berlalu begitu cepat, terbang seperti ditiup angin. Anak yang semula hanya duduk dan tiduran sekarang sudah merangkak ke mana-mana.

298 views   |   2 shares
  • Sulit dipercaya bayi Anda sudah hampir berumur setahun. Waktu berlalu begitu cepat, terbang seperti ditiup angin. Anak yang semula hanya duduk dan tiduran sekarang sudah merangkak ke mana-mana. Kalau semula Anda dapat berdandan sementara bayi Anda tidurkan atau dudukkan di ranjang, sekarang Anda harus mengawasi dengan seksama, tidak boleh meleng sedikit pun. Salah-salah ketika Anda membubuhkan pemerah bibir, pipi Anda tercoreng karena Anda kaget melihat bayi Anda sudah di pinggir ranjang.

  • Anda memang menunggu-nunggu saat ini, saat ketika bayi Anda dapat bergerak ke mana-mana, bahkan berjalan sendiri. Tetapi berarti Anda makin repot mengawasinya, jangan sampai dia jatuh, menabrak meja atau keluar dari rumah tanpa setahu Anda. Mungkin punggung Anda tidak secapai dulu karena harus menggendongnya ke mana-mana, tetapi Anda tetap harus banyak membungkuk ketika menjaganya.

  • Bahasa bayi

  • Dari cuma menangis kini bayi Anda mulai dapat berkomunikasi. Suatu hari mungkin Anda begitu girang, seperti menang lotere satu miliar, mendengar dia memanggil Anda "Ma...ma" Menurut Akademi Dokter Anak Amerika, bayi mulai mengucapkan kata pertama pada usia kurang lebih 1 tahun. Tetapi jangan kuatir bila buah hati Anda belum bisa berbicara di usia itu. Perkembangan bayi berbeda-beda, bahkan dalam satu keluarga. Anda dapat mengajarkan bahasa isyarat supaya si kecil dapat berkomunikasi. Kerugiannya bila dia terbiasa memakai bahasa isyarat, ada kemungkinan dia malas berbicara.

  • Kemampuan berjalan

  • Seperti juga belajar berbicara, belajar jalan ada masanya sendiri, tidak selalu sama pada semua anak. Cucu terbesar penulis sudah bisa berjalan pada usia 9 bulan, tetapi adik perempuannya masih merangkak di usia 1 tahun 1 bulan. Dia bisa berdiri tetapi untuk melangkah belum berani. Anak perempuan penulis dulu baru bisa berjalan di usia 18 bulan, sepulang dari kunjungan kami ke rumah saudara kami yang tinggal di luar kota. Dia melihat sepupunya yang sebaya sudah berjalan ke sana ke mari. Sesampai di rumah mungkin dia berpikir mengapa dia tidak berani, karena itu dia pun mencoba berjalan. Melihat kejutan itu kakaknya berseru "Ma, Adik bisa jalan!"

  • Makan sendiri

  • Walau lebih banyak yang menempel di mukanya atau tercecer di lantai daripada yang masuk ke mulutnya, tetapi rata-rata anak berusia 1 tahun dapat makan sendiri. Dia mulai dapat makan makanan yang disantap anggota keluarga lainnya, tidak perlu lagi makan makanan bayi. Makanan itu harus diperhatikan supaya tidak ada potongan yang besar untuk mencegah agar tidak tersedak. Sebelum berusia satu tahun jangan dulu diberi makan madu, putih telur dan kacang-kacangan.

  • Advertisement
  • Menyapih

  • Sekitar usia satu tahun Anda dapat menyapih bayi Anda sehingga tidak usah menyusui lagi. Bagi sementara bayi tidak susah mengganti ASI atau susu formula dengan susu sapi, dengan senang hati mereka minum dari botolnya. Bila ada kesulitan menyapihnya, mintalah nasihat dokter anak Anda.

  • Tidur pagi

  • Sekitar usia satu tahun bayi tidak lagi tidur di pagi hari. Ini mungkin menyulitkan ibunya, namun pikirkan keuntungannya, dia akan tidur lebih pulas di malam hari.

  • Pengamanan

  • Karena bayi Anda sudah bisa berjalan, mulailah mengamankan segala sesuatu di rumah Anda. Ini berarti Anda harus memasang plastik pengaman pada pegangan pintu rumah Anda supaya dia tidak dapat membukanya.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Ibu, nikmatilah setiap tahapan tumbuh kembang bayi Anda

Sulit dipercaya bayi Anda sudah hampir berumur setahun. Waktu berlalu begitu cepat, terbang seperti ditiup angin. Anak yang semula hanya duduk dan tiduran sekarang sudah merangkak ke mana-mana.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr