Cara Mendukung Anggota Keluarga dalam Usaha Menurunkan Berat Badan

Berilah dorongan yang membangun selama mereka dalam program penurunan berat badan.

1,810 views   |   shares
  • Karena menurunkan berat badan selalu menjadi masalah besar dalam hidup saya, 6 bulan yang lalu, saya memutuskan untuk mengubah gaya hidup saya dan memulai cara hidup yang lebih sehat. Saya mengunduh aplikasi penghitung kalori, bertanggung jawab untuk setiap makanan yang masuk ke mulut saya, dan mulai berdisko dengan anak-anak saya untuk senam. Sekarang, 6 bulan kemudian, berat badan saya turun sebanyak 25 kg dan saya merasa bahwa saya dapat mencapai semua tujuan hidup saya.

  • Kesuksesan saya bukan hanya datang dari usaha saya sendiri, tetapi juga dari kasih dan dorongan keluarga saya. Berikut adalah hal-hal yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan pada saat kita menolong anggota keluarga dalam usaha mereka menurunkan berat badan.

  • Hal-hal yang seharusnya dilakukan:

    • Saat mereka merasa ingin berhenti, jadilah orang yang dapat meolong mereka untuk terus maju. Saya tidak ingat berapa sering saya ingin berhenti dan menyerah sampai suami saya mengingatkan betapa jauh perjalanan yang sudah saya tempuh.

    • Berilah dorongan yang membangun selama mereka dalam program penurunan berat badan.

    • Pastikan untuk memperhatikan perubahan berat badan mereka dan berikan pujian sesering mungkin. Saat seseorang melihat dan menyadari perubahan berat badan kita, akan memberi motivasi yang sangat baik seperti hadiah atas perilaku yang baik.

    • Berolah-raga dengan mereka. Saya tidak akan pernah lupa betapa semangatnya suami saya untuk berdisko Zumba dengan saya supaya saya tidak malu melakukannya sendirian.

    • Jadilah contoh yang baik dengan mencoba makan makanan sehat. Adalah lebih mudah untuk mengikuti program penurunan berat badan jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang yang sama-sama mencoba untuk hidup lebih sehat dan memilih makanan sehat.

    • Cari tahu gol yang telah mereka tetapkan dan bantulah mereka untuk mencapai gol tersebut. Anak-anak saya tahu bahwa bersenam setiap hari adalah gol yang telah saya tetapkan. Di hari-hari di mana saya merasa ingin melewatinya tanpa senam, mereka biasanya bertanya apakah mereka boleh berdisko sendiri karena mereka tahu bahwa saya pasti akan terbujuk untuk bergabung dengan mereka. Mereka berjanji untuk berdisko dengan saya sampai saya mencapai gol yang saya tetapkan untuk menurunkan berat badan saya.

  • Hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan:

    • Jangan makan makanan yang mereka sukai di depan mereka. Hal ini adalah hal yang paling sulit bagi saya. Sangatlah sulit untuk mengontrol diri saat orang di sebelah Anda menikmati makanan yang kelihatannya sangat enak. Berhati-hatilah dengan tindakan Anda dan bertoleransilah karena hal ini sangat mempengaruhi orang-orang yang Anda kasihi.

    • Jangan memberikan saran untuk pergi makan di restoran di mana Anda tahu makanan yang tidak seharusnya mereka makan akan disediakan. Lebih baik berusaha untuk selalu makan di rumah, apalagi pada permulaan mereka memulai program ini. Sangatlah sulit untuk menemukan makanan yang berkalori rendah di restoran karena kebanyakan restoran menyediakan porsi-porsi yang sangat besar. Setelah saya mengikuti program penurunan berat badan selama beberapa bulan, saya telah belajar mengontrol diri. Meskipun sangat sulit pada awalnya, saya bisa makan di restoran tanpa menghabiskan semua makanan yang disajikan di hadapan saya.

    • Jangan membawa cemilan atau makanan-makanan yang tidak sehat ke rumah. Cobalah untuk memudahkan program ini bagi mereka agar mereka dapat mencapai gol mereka.

    • Jangan mencoba memotivasi mereka dengan membuat mereka merasa bersalah. Inilah hal paling buruk yang dapat Anda lakukan terhadap seseorang yang sedang mencoba menurunkan berat badan. Kesuksesan akan datang melalui kasih, dukungan, dan dorongan. Kebalikan dari semua ini ialah membuat seseorang merasa bersalah atas pilihan makanan mereka, tidak menunjukkan kasih, dukungan, ataupun dorongan untuk mereka. Nyatakan pada mereka bahwa sekali-kali gagal dalam memilih makanan sehat adalah lumrah dan bantulah mereka untuk fokus pada kesuksesan mereka daripada kegagalan mereka.

  • Advertisement
  • Menurunkan berat badan memang sulit, tapi dengan dukungan dari keluarga, hal ini dapat tercapai. Saat keluarga bekerja sama untuk membantu seorang anggota keluarga mencapai golnya untuk menurunkan berat badan, ikatan kasih sayang yang lebih erat dalam keluarga akan tercipta.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “How to support a family member in their weight-loss effort" karya Tifanny Fletcher.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Tiffany Fletcher, author of "Mother Had a Secret: Learning to Love my Mother and her Multiple Personalities".

Situs: http://motherhadasecret.blogspot.com

Cara Mendukung Anggota Keluarga dalam Usaha Menurunkan Berat Badan

Berilah dorongan yang membangun selama mereka dalam program penurunan berat badan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr