Menjadi orangtua tiri tapi tetap menyenangkan. Tunjukkan 5 sikap ini

Banyak tayangan sinetron seputar keluarga yang sangat tidak mendidik, dalam kasus cerita orangtua tiri tidak semuanya digambarkan kejam dan menyeramkan.

1,912 views   |   8 shares
  • Menjadi harapan dari setiap anak bisa dibesarkan oleh orangtua kandung, tetapi nyatanya dalam beberapa kasus seperti perceraian atau kematian salah satu pasangan, memaksa seorang anak harus menerima keadaan dibesarkan oleh orangtua tiri. Untuk itulah, orangtua harus memahami tugas dan tanggung jawabnya, memahami bahwa meskipun ia anak tiri tetap membutuhkan kasih sayang yang sama layaknya anak kandung. Berangkat dari permasalahan ini, berikut 5 hal yang perlu diperhatikan jika seandainya ada di antara kita menghadapi permasalahan semacam ini.

  • 1. Terima dengan ketulusan

  • Sadari bahwa hubungan batin yang terjadi antara si anak dan Anda tidaklah sekuat dengan orangtua kandungnya. Namun, ini bukanlah hal yang patut Anda khawatirkan, kadang memang dibutuhkan waktu bagi si anak untuk bisa membuka hatinya bagi kehadiran Anda. Sikap Anda kepada si anak sangat menentukan proses adaptasinya. Oleh karenanya, perlakukan dia dengan penuh ketulusan dan tunjukkan bahwa Anda sangat mencintainya.

  • 2. Hadapi pemberontakan anak dengan penuh kesabaran

  • Anda tentunya paham bahwa emosi anak-anak kadang bisa tidak terkendali, dalam kasus yang sering dihadapi oleh orangtua tiri hal ini kerap menguras emosi dan tenaga Anda. Banyak orangtua tiri gagal dan tidak mampu menghadapi pemberontakan dari anak, di mana akhirnya anak justru tidak memiliki respek dan bahkan sangat membenci orangtua barunya. Di sinilah kesabaran hati Anda sedang diuji, pahami bahwa anak-anak butuh sosok yang mampu memberikan ketenangan dalam jiwanya, seseorang yang mampu memahami perasaannya.

  • 3. Jadilah sahabat tapi jangan memanjakannya

  • Karena khawatir tidak bisa diterima, banyak orangtua tiri berusaha mengambil hati anak dengan cara memanjakannya atau dengan berpura-pura menjadi sahabat baiknya. Menurut Anda, apakah cara ini sepadan dengan risiko yang akan ia hadapi ke depannya? Ya, cara ini tentu saja tidak boleh Anda lakukan, Anda perlu menjadi pribadi yang baik tanpa perlu berpura-pura, juga Anda perlu tegas dengan mengatakan tidak jika hal tersebut Anda sadari tidak baik bagi perkembangannya. Pada intinya, Anda diharapkan mampu merangkap peran menjadi orangtua yang penuh ketegasan sekaligus menjadi orangtua yang penuh kepedulian bagi anak tiri Anda.

  • 4. Jangan pernah pilih kasih

  • Jika pada pernikahan sebelumnya Anda telah dikarunia anak, maka kini giliran Anda untuk membuka hati Anda bagi kehadiran anak-anak dari pasangan baru Anda. Jika mau jujur, baik pria maupun wanita, awalnya pasti akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan hal ini, apalagi kini Anda harus membagi kasih sayang kepada anak kandung Anda dan juga kepada anak dari pasangan Anda. Tetapi semua ini tetap bisa diatasi, jika dari awal Anda telah memiliki komitmen untuk memperlakukan anak-anak dari pasangan Anda dengan kasih sayang dan keadilan.

  • Advertisement
  • 5. Jangan terpengaruh oleh stigma tayangan sinetron

  • Banyak tayangan sinetron seputar keluarga yang sangat tidak mendidik, dalam kasus cerita orangtua tiri tidak semuanya digambarkan kejam dan menyeramkan. Untuk memulihkan stigma semacam ini, sebagai orangtua Anda harus mampu menunjukkan kepada anak bahwa Anda adalah pribadi yang ramah dan menyenangkan, dan ketika anak Anda bandel jangan tunjukkan dominasi Anda agar ia tidak merasa Anda sebagai orang asing yang berhak mengatur-atur kehidupannya.

  • Seribu satu macam persoalan sebagai orangtua tiri akan Anda hadapi. Pahamilah, ketika Anda bersedia hidup bersama dengan pasangan baru Anda, maka Anda telah siap dengan segala risiko termasuk dengan hadirnya anak dari pasangan Anda. Tidak ada seorang pun yang sempurna, tapi ketika Anda bersedia beradaptasi dan berusaha menjadi pribadi yang tulus, maka tidak akan ada hal yang mustahil untuk diatasi.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Menjadi orangtua tiri tapi tetap menyenangkan. Tunjukkan 5 sikap ini

Banyak tayangan sinetron seputar keluarga yang sangat tidak mendidik, dalam kasus cerita orangtua tiri tidak semuanya digambarkan kejam dan menyeramkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr