Hari Raya, harinya keluarga

Di hari raya biasanya semua orang berusaha pulang kampung dan berkumpul bersama keluarganya.

220 views   |   1 shares
  • Di hari raya biasanya semua orang berusaha pulang kampung dan berkumpul bersama keluarganya. Sudah menjadi tradisi bagi semua bangsa dari negara mana pun. Sebagai keluarga mereka berusaha merayakan sesuatu yang penting bersama-sama. Marilah kita perhatikan apa saja tradisi yang ada di beberapa negara berikut:

  • Indonesia

  • Lebaran adalah hari raya terbesar yang dirayakan umat Islam di Indonesia. Pada hari ini sedapat mungkin orang-orang pulang ke tempat asalnya supaya dapat merayakan bersama keluarganya. Mereka yang sudah mempunyai keluarga sendiri tetap menyempatkan diri mengunjungi ayah dan ibunya untuk minta maaf lahir dan batin. Semua alat transportasi penuh sesak dengan penumpang, dari bus, kereta api sampai pesawat terbang. Belum yang mengendarai mobil atau motor sendiri.

  • Masih di bumi Nusantara, orang-orang yang memeluk agama Hindu di Bali merayakan dengan meriah hari raya Galungan. Dari pagi mereka sudah beribadat di rumah masing-masing, dilanjutkan di pura. Di mana-mana orang pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari besar ini bersama keluarga. Mereka pergi berziarah ke makam keluarga untuk berdoa kepada leluhur mereka.

  • Sementara perayaan Nyepi adalah tahun baru orang Hindu yang diadakan untuk purnama pertama di bulan Maret. Di Bali tidak ada mobil lalu lalang, tidak ada warung yang buka, tidak ada orang yang bekerja. Jalanan sunyi senyap, tidak tampak kendaraan atau manusia di luar rumah. Bahkan di rumah orang tidak menyalakan api untuk memasak.

  • China

  • Perayaan tahun baru Imlek dirayakan sejak dulu secara besar-besaran. Di mana-mana petasan diledakkan untuk mengusir roh jahat. Baju merah, tirai merah, dipakai untuk menyatakan kebahagiaan. Anak-anak datang bersujud di depan meja leluhur dan juga orangtuanya. Orangtua memberi anak cucunya amplop merah berisi uang sekedarnya sebagai lambang agar rejeki mereka berlimpah. Segala makanan yang sedap-sedap disediakan bagi meja sembahyang para leluhur dan bagi yang masih hidup.

  • Amerika Serikat

  • Hari raya Thanksgiving dirayakan dengan makan kalkun bersama seluruh keluarga besar. Seperti lebaran di Indonesia, semua orang pulang ke kampungnya masing-masing. Bila cuaca buruk dan pesawat-pesawat tertunda karena badai salju, ratusan orang terlantar di bandara. Lalu lintas juga padat karena banyak orang yang berkendaraan lalu lalang antar kota. Walau mereka juga merayakan Natal bersama keluarga, tapi lebih bersifat materi, lebih cenderung ke pembelian dan pemberian hadiah. Sedangkan pada hari Thanksgiving mereka bersyukur atas segala yang mereka miliki. Tradisi ini dirayakan pada hari Kamis keempat di bulan November. Pada awalnya para pilgrim atau pendatang dari Eropa yang mensyukuri kehidupan mereka di negeri yang baru.

  • Advertisement
  • Thailand

  • Songkran atau festival air adalah hari raya terbesar di negeri pagoda ini. Pada tanggal 13 - 16 April orang-orang di Thailand merayakan tahun baru mereka. Banyak orang berpakaian bagus dengan hiasan bunga pergi beribadat ke pagoda. Mereka juga pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga.

  • Bila kita perhatikan, bangsa apa pun di negara mana pun, mementingkan keluarga besar mereka. Peran orangtua, kakek nenek, adalah besar dalam kehidupan mereka. Pada hari raya mereka berusaha mengunjungi satu sama lain. Tidak peduli betapa jauhnya jarak yang harus mereka tempuh, mereka dengan bahagia menemui keluarga untuk bersilaturahmi.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Hari Raya, harinya keluarga

Di hari raya biasanya semua orang berusaha pulang kampung dan berkumpul bersama keluarganya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr