4 tips merawat bayi tanpa bantuan pengasuh

Ibu mana yang tidak merasa kerepotan saat mengasuh bayi? Taklukkan dengan 4 kiat mudah ini.

2,122 views   |   6 shares
  • Ibu mana sih yang tidak merasa kerepotan saat memiliki bayi? Mungkin hampir semua ibu di dunia ini akan mengeluhkan hal yang sama. Terlebih lagi bila memiliki bayi kembar. Kerepotannya pasti akan dua kali lipat dirasakannya.

  • Merawat bayi bukanlah hal yang mudah. Butuh kesabaran dan tenaga ekstra. Karena segala kebutuhan dan aktivitas bayi, mulai dari pagi ia bangun tidur sampai malam ia tidur kembali adalah tanggung jawab orangtua, terlebih bagi seorang ibu. Itu sebabnya, banyak juga para ibu yang rela berhenti bekerja dari pekerjaannya, hanya agar dapat mengasuh dan merawat bayinya sendiri di rumah tanpa harus menggunakan jasa pengasuh bayi.

  • Sebelum ibu mengambil keputusan untuk menjadi "full mommy" tanpa bantuan pengasuh, ibu harus harus memiliki tekad yang kuat dan hati yang ikhlas, sehingga ketika merawat bayi, ibu tidak mudah mengeluh atau protes dengan keadaan.

  • 4 tips merawat bayi tanpa pengasuh berikut ini, sekiranya dapat membantu para ibu yang saat ini sedang disibukkan dengan tugas merawat bayi:

  • 1. Ibu harus berani, percaya diri dan memiliki mental yang kuat

  • Keberanian, rasa percaya diri dan mental yang kuat adalah dasar yang harus dimiliki ibu yang hendak merawat bayinya tanpa pengasuh. Ketiga hal itu adalah kekuatan ibu untuk tetap semangat melewati rasa lelah, kebosanan dan masalah yang dihadapi saat harus merawat dan mengasuh anak seorang diri. Karena pekerjaan mengasuh anak akan mengubah kehidupan ibu. Di mana ibu akan banyak kehilangan waktu beristirahat, berbelanja, bergaul dan bersantai. Nah, bila ibu tidak memiliki ketiga hal tersebut, maka ibu akan mudah menyerah dan mudah stres menghadapi perubahan kondisi yang harus dihadapi.

  • 2. Mencari informasi cara merawat bayi

  • Memutuskan untuk merawat bayi seorang diri itu berarti ibu harus benar-benar menguasai cara merawat bayi sendiri tanpa bantuan orang lain. Terlebih lagi bagi bayi yang baru lahir atau hal ini adalah pengalaman pertama menjadi seorang ibu, ibu harus banyak belajar, bertanya dan mencari informasi penting seputar perawatan bayi. Bila perlu, minta bimbingan dari orangtua yang sudah berpengalaman untuk mengajari ibu, seperti cara memandikan bayi, mengganti popok, menggendong yang benar, membuat makanan bayi, cara memberi ASI, cara menidurkan bayi sampai bagaimana harus bertindak saat bayi jatuh sakit. Semakin banyak informasi yang ibu dapat, samakin banyak pula pengetahuan ibu dalam merawat bayi ibu.

  • 3. Buat manajemen waktu

  • Advertisement
  • Membuat atau menyusun jadwal ibu sepanjang hari merupakan hal yang penting, cara ini sangat membantu ibu dalam membagi waktu antara merawat bayi dan menyelesaikan pekerjaan lainnya. Bukan berarti saat ibu harus merawat bayi di rumah, ibu tidak bisa melakukan pekerjaan rumah lainnya bukan? Apalagi, bila ibu sudah bertekad untuk tidak melibatkan pengasuh, mau tidak mau ibu harus menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab ibu sepenuhnya. Cobalah untuk konsisten untuk mengatur jadwal mandi, makan, tidur, minum susu, dan jadwal bermain bayi. Sehingga ibu punya waktu juga untuk mandi, membersihkan rumah, mencuci botol susu, memasak dan bila masih ada waktu luang ibu bisa istirahat sejenak.

  • 4. Ciptakan ikatan yang kuat dengan bayi

  • Berusaha membuat bayi merasa nyaman berada bersama ibu akan memudahkan ibu dalam merawatnya. Bila bayi merasa nyaman, ia tidak mudak rewel. Ciptakan ikatan yang kuat antara ibu dan bayi. Nikmati momen-momen kebersamaan bersamanya dengan penuh cinta dan kasih sayang. Dekaplah dengan penuh kehangatan. Nyanyikan lagu lembut saat bayi akan tidur. Tatap matanya saat memberinya susu. Belai rambut dan tubuh mungilnya. Berbicaralah padanya, walau ia belum mengerti bahasa ibu. Semua itu bisa ibu lakukan untuk mendapatkan ikatan batin yang kuat dengan bayi.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

4 tips merawat bayi tanpa bantuan pengasuh

Ibu mana yang tidak merasa kerepotan saat mengasuh bayi? Taklukkan dengan 4 kiat mudah ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr