9 hal menakjubkan yang mampu dilakukan oleh anak-anak tapi tidak oleh orang dewasa

Sebagai orang dewasa kita tidak akan bisa mengulang kembali masa-masa menyenangkan tersebut. Namun, setiap dari kita masih bisa merasakan kebahagiaan dengan selalu berpikir positif, bersikap jujur, murah hati dan mau mengampuni kesalahan orang lain.

372 views   |   2 shares
  • Masih ingatkah Anda ketika masih kanak-kanak banyak hal mampu Anda lakukan tanpa mengalami kendala berarti. Namun, kini setelah tumbuh dewasa kemampuan-kemampuan tersebut seakan-akan sirna, bahkan tak jarang Anda justru tak mampu melakukannya lagi. Untuk sekedar mengingat kembali masa kanak-kanak kita, berikut adalah 9 hal menakjubkan yang mampu dilakukan oleh anak-anak tapi tidak oleh orang dewasa.

  • 1. Rasa ingin tahu yang besar

  • Pernahkan Anda mencecar ibu Anda dengan pertanyaan-pertanyaan "aneh" sampai beliau bosan dan kemudian memarahi Anda? Ya, ini adalah salah satu kebiasaan anak-anak, rasa ingin tahu yang besar dan segudang pertanyaan yang membutuhkan penjelasan logis betul-betul harus dipuaskan. Bandingkan dengan kita yang saat ini telah dewasa, rasa ingin tahu yang dulu ada di dalam pikiran seakan-akan sirna digantikan dengan rutinitas pekerjaan yang butuh diselesaikan dengan penuh tanggung jawab.

  • 2. Penuh dengan imajinasi

  • Berpura-pura menjadi pahlawan super seakan-akan mudah sekali dilakukan waktu itu atau ketika Anda ditanya oleh guru kelak akan bercita-cita menjadi apa? Dengan kepolosan pasti ada yang langsung menjawab dokter, astronot, presiden, pembalap dan sebagainya. Ya, dunia anak-anak memang dipenuhi dengan imajinasi tingkat tinggi dan hal ini tentu sangat sulit dilakukan oleh orang-orang dewasa kebanyakan.

  • 3. Aktif dan penuh dengan energi

  • Masih ingatkah Anda karena keasyikan bermain dari pagi hingga larut malam, orangtua Anda tiba-tiba marah dan kemudian menghukum Anda? Masalahnya bukan kemarahan orangtua Anda, tapi dari mana energi yang Anda miliki berasal, hingga mampu melakukan aktivitas seharian penuh tanpa merasa lelah? Ya, inilah kelebihan yang dimiliki oleh anak-anak yang tidak dimiliki oleh orang dewasa, orang dewasa tentunya tidak akan mampu melakukan hal tersebut, kalaupun memaksakan diri pasti ujung-ujungnya rumah sakit yang akan Anda tuju.

  • 4. Penuh ekspresi

  • Ketika Anda senang, ketika Anda sedih ataupun saat Anda sedang marah dan kemudian mengekspresikannya di hadapan umum mana ada yang mencibir perilaku Anda. Orang-orang di sekitar Anda umumnya justru akan memaklumi hal tersebut, tapi coba bandingkan jika Anda melakukan hal tersebut saat ini, pasti Anda akan dianggap sebagai orang yang aneh.

  • 5. Tidak dipusingkan dengan keuangan

  • Dunia anak-anak adalah dunia bermain, dunia yang penuh dengan keceriaan, sehingga hal-hal yang berkaitan dengan masalah keuangan tidak pernah mereka pikirkan. Namun berbeda dengan orang dewasa, masalah keuangan justru bisa menjadi momok menakutkan yang membuat kehidupan para orang dewasa seakan-akan penuh dengan penderitaan.

  • Advertisement
  • 6. Jauh dari pikiran dan prasangka buruk

  • Persahabatan, kesetiakawanan dan kepolosan mendominasi hari-hari anak-anak. Ketika mereka bertengkar hal tersebut biasanya tidak akan berlangsung lama. Namun berbeda dengan kehidupan orang dewasa, orang dewasa umumnya memiliki banyak pikiran dan prasangka buruk terhadap orang lain dan kalaupun terjadi konflik biasanya akan sangat sulit untuk berdamai.

  • 7. Bebas makan tanpa kendala

  • Dalam masa pertumbuhan anak-anak cenderung tidak memiliki pantangan makan, hal ini menyebabkan anak-anak bisa dengan leluasa mencicipi segala jenis makanan yang mereka suka. Akan tetapi, bagi orang dewasa tentunya hal ini tidak bisa dilakukan lagi, ketika seseorang telah menginjak usia 30-an sudah banyak jenis makanan yang pantang untuk dikonsumsi agar tubuh tetap sehat hingga masa tua nanti.

  • 8. Mudah dan cepat belajar

  • Anda sudah mulai bosan belajar atau Anda sering lupa akan sesuatu, jangan khawatir itu tandanya Anda telah matang dalam usia. Ya, kemampuan berpikir orang dewasa akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia, dan hal ini terjadi hampir pada setiap orang. Namun tidak demikian dengan anak-anak, dalam masa pertumbuhannya anak-anak justru cepat belajar, memiliki ingatan yang kuat dan mampu beradaptasi dengan lebih cepat.

  • 9. Mudah merasa bahagia

  • Banyak hal-hal kecil bisa membuat anak-anak merasa bahagia seperti bermain bersama di dalam bak mandi, mengambar di selembar kertas kosong atau sekedar memetik bunga di taman. Namun tidak demikian bagi orang dewasa, hal-hal kecil semacam itu tidak mudah untuk membuat Anda bahagia, bahkan tak jarang di antara Anda pasti ada yang memiliki pikiran bahwa kehidupan ini sudah tidak menarik lagi.

  • Sebagai orang dewasa kita tidak akan bisa mengulang kembali masa-masa menyenangkan tersebut. Namun, setiap dari kita masih bisa merasakan kebahagiaan dengan selalu berpikir positif, bersikap jujur, murah hati dan mau mengampuni kesalahan orang lain. Semoga apa yang telah terjadi di masa kanak-kanak kita dapat selalu menginspirasi kita agar menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

9 hal menakjubkan yang mampu dilakukan oleh anak-anak tapi tidak oleh orang dewasa

Sebagai orang dewasa kita tidak akan bisa mengulang kembali masa-masa menyenangkan tersebut. Namun, setiap dari kita masih bisa merasakan kebahagiaan dengan selalu berpikir positif, bersikap jujur, murah hati dan mau mengampuni kesalahan orang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr