Yuk, pandai dan tepat memahami bahasa tubuh lawan bicara Anda

Wah, ternyata dalam percakapan, membaca bahasa tubuh amat penting, karena mampu mengungkapkan 55 persen informasi yang dibutuhkan, lho. Sementara kita sehari-hari kerap bertemu orang baru, kan..

1,726 views   |   3 shares
  • Tahukah Anda, bahasa tubuh menampilkan begitu banyak informasi mengenai apa yang sedang dipikirkan seseorang? Sebuah studi dari UCLA, Amerika Serikat, seperti dilansir Huffington Post, menjelaskan bahwa kata-kata yang diungkapkan saat berkomunikasi hanya dapat mengungkap 7 persen informasi. Sementara 38 persennya datang dari nada bicara, dan 55 persennya justru terungkap dari bahasa tubuh.

  • Inilah sebabnya, seseorang yang mampu memahami 55 persen tadi akan lebih unggul dalam berbagai bidang pekerjaan. Bahkan lembaga Talent Smart telah melakukan tes kepada lebih dari satu juta orang dan menemukan bahwa mereka yang berada di posisi tertinggi dalam banyak bidang pekerjaan, adalah mereka yang memiliki kecerdasan emosi terbaik. Orang-orang yang memiliki kemampuan untuk membaca sinyal tak terungkap dalam komunikasi.

  • Menurut Dr Travis Bradberry dari Talent Smart, ada beberapa gestur penting yang bisa diingat dalam membaca bahasa tubuh seseorang:

  • Menyilangkan kaki dan tangan merupakan sinyal penolakan pada usulan Anda

  • Gestur ini merupakan bentuk pagar pembatas seseorang yang tak ingin membuka diri untuk usulan yang Anda ungkapkan. Jadi meski ia tersenyum dan terlihat ramah, bahasa tubuhnya mengungkap sebaliknya. Secara psikologis, mereka yang menyilangkan kaki atau tangan meruakan tanda bahwa ia memblok dirinya dari apa pun yang ada di hadapannya.

  • Kerut di ujung mata merupakan tanda senyuman tulus

  • Membicarakan senyuman, artinya mulut bisa berbohong namun mata tidak. Senyum yang asli akan menyertakan mata, dan membuat kerut yang bentuknya seperti cakar burung di ujung mata. Jika seseorang tersenyum tanpa kerutan itu, ia pasti menyembunyikan sesuatu.

  • Meniru gestur tubuh Anda, merupakan pertanda baik

  • Pernahkah Anda berada dalam suatu pertemuan dan menyadari bahwa tiap kali Anda menyilangkan dan membuka kaki, ia melakukan hal yang sama? Ini pertanda baik. Menirukan bahasa tubuh Anda dilakukan seseorang yang merasa dirinya memiliki ikatan dengan orang di hadapannya. Tandanya pembicaraan berlangsung baik, dan pihak tersebut telah menerima pesan Anda.

  • Tatapan mata si pembohong

  • Kebanyakan dari kita menilai seseorang berbohong jika tak bisa berbicara sambil melakukan kontak mata. Ya, bisa jadi. Namun, ada lagi yang harus Anda ketahui; mereka yang menatap Anda dengan fokus bahkan tidak mengalihkan pandangan sama sekali, justru sedang berbohong. Jadi, ada perilaku yang dilakukan orang dalam rangka berusaha menutupi kebohongan, dengan melakukan kontak mata secara berlebihan. Padahal, rata-rata manusia mampu melakukan kontak mata sekitar 7-10 detik, lebih lama saat menjadi pendengar.

  • Advertisement
  • Meninggikan alis mata tanda tak nyaman

  • Ada tiga jenis emosi yang akan membuat Anda meninggikan alis: Terkejut, khawatir dan takut. Coba deh, Anda tinggikan Alis mata saat sedang mengobrol santai dengan teman, pasti sulit. Maka, jika sedang berbicara dengan seseorang yang tiba-tiba menaikkan alisnya, berarti ada salah satu dari tiga emosi tersebut yang dirasakannya.

  • Mengangguk berlebihan tanda cemas akan apa yang Anda katakan

  • Jika Anda sedang mengatakan sesuatu pada seseorang dan ia terlihat mengangguk berlebihan, artinya ia merasa khawatir pada penilaian Anda terhadapnya, dan merasa Anda meragukan kemampuannya untuk mengikuti arahan yang Anda berikan.

  • Mengatupkan rahang tanda stres

  • Gigi gemeretak, rahang terkatup, leher menegang atau alis berkerut merupakan tanda-tanda stres. Tak usah memerhatikan ucapan yang keluar dari mulutnya, jika tanda-tanda ini nampak, ia jelas menunjukkan ketidaknyamanan. Obrolan mungkin akan menggali sesuatu yang membuatnya penasaran, atau mungkin tanda ini muncul karena pikirannya ada di tempat lain dan ia justru sedang memikirkan hal yang membuatnya stres itu. Kuncinya adalah memerhatikan benar ketidakcocokan antara apa yang diucapkannya dengan sinyal bahasa tubuh yang ditampakkannya.

  • Poin penting dari semua ini, adalah; meski Anda tak bisa membaca pikiran seseorang, Anda bisa mengenal ia dari bahasa tubuhnya. Dan hal ini biasanya benar, terutama saat yang diucapkan dengan sinyal tubuhnya tidak sejalan.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Yuk, pandai dan tepat memahami bahasa tubuh lawan bicara Anda

Wah, ternyata dalam percakapan, membaca bahasa tubuh amat penting, karena mampu mengungkapkan 55 persen informasi yang dibutuhkan, lho. Sementara kita sehari-hari kerap bertemu orang baru, kan..
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr