Rela korbankan kepentingan sendiri dan mengikut suami. Kok mau sih? Ini alasannya

Di dunia Timur istri diharapkan tunduk kepada suami dan banyak istri yang 100% adalah ibu rumah tangga.

2,812 views   |   16 shares
  • Di dunia Timur istri diharapkan tunduk kepada suami dan banyak istri yang 100% adalah ibu rumah tangga. Ini berarti kaum istri bersikap "sorga nunut, neraka katut." Orang Barat mungkin menganggap mereka terpaksa patuh kepada suaminya. Ini sungguh keliru, perbedaan pandangan hidup membuat mereka salah mengerti. Apa saja yang membuat para istri bahagia dan rela membaktikan dirinya sepenuhnya kepada keluarganya?

  • Tidak mementingkan karier

  • Wanita seperti ini bukanlah wanita karier yang ambisius. Bukan berarti bahwa dengan cara ini istri menjadi tidak bahagia, sebaliknya dia justru dibebaskan dari kesulitan mencari nafkah. Dia tidak mementingkan kehidupan mewah yang menuntut banyak pengeluaran. Asalkan keluarganya hidup berkecukupan dia sudah puas. Kebahagiaannya adalah mengurus rumah tangga, suami dan anak-anaknya.

  • Hormat

  • Apa pun yang dikerjakan suami dipandang baik oleh istrinya karena rasa hormatnya yang besar terhadap suami. Contohnya di lingkungan keraton, kalangan bangsawan Jawa, para suami memiliki beberapa selir. Istri pertama menganggap hal itu lumrah karena memahami kebutuhan jasmani suaminya. Dia dengan senang hati berbagi suaminya dengan perempuan lain. Dia menghormati kedudukan suaminya.

  • Sikap nrimo

  • Jika kita lihat para istri di zaman dulu hidupnya lebih damai dan tenteram. Sikap hidup mereka yang "nrimo" atau pasrah menjanjikan rumah tangga yang rukun dan tidak mengenal drama. Mereka tidak menuntut banyak dari suaminya. Kalung dan gelang emas, mobil mewah atau rumah seperti istana tidaklah menjadi idamannya.

  • Pandangan masyarakat

  • Hal ini juga membentuk sikap istri terhadap suami. Sesuatu yang tercela dalam pandangan masyarakat tidak akan dilakukan istri yang patuh. Ini sebagian besar dilakukannya demi menjaga nama baik suami dan keluarganya. Masyarakat juga biasanya lebih tidak kenal ampun bila yang melakukan perbuatan tercela itu seorang wanita. Terhadap pria mereka lebih lunak, kesalahan apa pun dianggap lumrah, seolah-olah pria kebal dari penilaian masyarakat.

  • Sifat keibuan

  • Inilah yang membuat seorang istri rela berkorban demi suami dan anak-anaknya. Apa saja akan dikerjakannya demi keluarganya. Naluri seorang ibu akan membuatnya melindungi keluarganya dari mara bahaya maupun penderitaan. Dia akan berusaha sekeras mungkin untuk mengatasi semua itu demi kesejahteraan keluarganya. Tidak ada tugas yang terlalu berat baginya demi kepentingan keluarga. Hari-hari dipenuhi dengan kesibukan rutin seperti memasak, mencuci, membersihkan rumah, mengurus anak, mengurus kebutuhan suami dan banyak lagi lainnya.

  • Advertisement
  • Pengabdian

  • Wanita memiliki pengabdian yang besar terhadap orang-orang yang dicintainya. Sudah merupakan sifat mereka untuk berbakti kepada keluarga dan tidak mengutamakan kepentingannya sendiri. Waktunya dicurahkan sepenuhnya untuk keluarganya. Dari bangun tidur dia menyiapkan anak-anak ke sekolah, menyetrika baju untuk suami kerja, berbelanja dan masak-masak.

  • Semua sifat, sikap dan naluri wanita di atas membuat mereka setia dan mutlak berserah terhadap suami. Dunianya adalah dunia suami dan anak-anaknya. Hal ini sebetulnya adalah umum, tidak hanya terjadi di belahan dunia sebelah Timur. Ada sebuah film baru Hollywood yang berjudul Bad Mom. Ceritanya tentang tiga orang ibu yang kewalahan dengan tugas-tugasnya sebagai ibu yang baik dan memutuskan untuk sekali-sekali meninggalkan semua itu. Mereka berfoya-foya, melakukan segala yang tidak pernah mereka lakukan sejak menjadi ibu. Mereka pergi ke bar, minum-minum sampai mabok. Namun akhirnya mereka menyadari bahwa itu bukanlah dunia mereka yang sebenarnya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Rela korbankan kepentingan sendiri dan mengikut suami. Kok mau sih? Ini alasannya

Di dunia Timur istri diharapkan tunduk kepada suami dan banyak istri yang 100% adalah ibu rumah tangga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr