Ini caranya mengakrabkan anak-anak tiri dengan anak kandung

Dalam perkawinan yang melibatkan seorang janda atau duda yang sudah mempunyai anak, mungkin akan timbul masalah tentang saudara-saudara tiri.

464 views   |   1 shares
  • Dalam perkawinan yang melibatkan seorang janda atau duda yang sudah mempunyai anak, mungkin akan timbul masalah tentang saudara-saudara tiri. Ketika sedang jatuh cinta Anda tidak mempersoalkan bahwa pasangan Anda sudah mempunyai satu atau beberapa anak. Namun sesudah menikah mungkin akan timbul masalah yang menyangkut anak-anak tiri ini. Sebagai orangtua dari anak-anak bawaan pasangan Anda, Anda tentu harus bersikap bijaksana dalam memperlakukan mereka. Tetapi bagi anak-anak kandung Anda mungkin mereka tidaklah sebijaksana Anda, mengingat usia mereka yang masih muda. Bagaimana Anda dapat mengakurkan anak-anak itu dengan saudara-saudara tiri mereka?

  • Mendidik sejak kecil

  • Makin dini Anda mengajarkan sesuatu, makin mudah ajaran itu diterima. Bila Anda membesarkan anak-anak itu sejak kecil bersama-sama, keadaannya akan lebih mudah. Anda tidak perlu bersusah payah menerapkan peraturan yang keras. Mereka akan menganggap saudara-saudara itu sama seperti saudara kandung.

  • Tidak membeda-bedakan

  • Bila anak-anak tiri Anda sudah agak besar, pandangan mereka akan lebih kritis. Sedikit saja perlakuan Anda berbeda terhadap mereka daripada yang diterima anak-anak kandung Anda, mereka akan menganggap Anda menganaktirikan mereka. Karena itu mereka akan menyalahkan saudara-saudara tirinya sebagai penyebab atas perbedaan tersebut. Ini akan mengakibatkan suasana kurang harmonis. Karena itu berusahalah sebaik mungkin untuk tidak pernah membedakan anak-anak tiri Anda.

  • Komunikasi

  • Dengan anak-anak yang lebih besar adakan komunikasi yang baik. Jelaskan secara terbuka apa yang Anda lakukan supaya tidak timbul salah paham. Mereka berhak tahu segala yang terjadi dalam rumah tangga Anda. Tidak baik menutup-nutupi sesuatu, walau bagi Anda mungkin hal itu hanya sepele. Anjurkan mereka untuk bertanya atau berbicara tentang apa saja yang tidak mereka pahami. Adakan rapat keluarga untuk membahas apa saja yang ingin mereka bicarakan.

  • Menjalin hubungan erat

  • Sejak Anda menjadi orangtua bagi anak-anak tiri Anda jalinlah hubungan yang erat dengan mereka. Kasihilah mereka seperti anak-anak sendiri. Jangan sampai timbul perasaan bahwa mereka bukan anak-anak kandung Anda. Kasih sayang akan menjembatani dan menghapus segala perasaan negatif yang ada.

  • Tetapkan peraturan

  • Dalam rumah tangga yang tertib selalu ada peraturan. Tetapkan peraturan itu sejak awal. Berikan hukuman bagi yang melanggarnya. Tidak peduli apakah itu anak kandung atau anak tiri Anda. Hukuman tidak usah terlalu keras dan hindari hukuman jasmani seperti pukulan atau tamparan. Hal itu tidak akan membuat si terhukum sadar, sebaliknya mereka akan marah atau terluka hatinya. Ambil saja hak istimewa mereka seperti nonton televisi, main video game atau uang jajan.

  • Advertisement
  • Misalnya Anda menetapkan peraturan bahwa anak-anak tidak boleh saling memukul. Suatu hari ketika bertengkar mereka saling menggampar. Pisahlah mereka dan beri hukuman kepada kedua pihak. Kepada yang mulai memukul ditetapkan tidak boleh nonton televisi selama 2 minggu. Kepada yang membalas memukul diberi hukuman 10 hari tanpa televisi. Semua ini sudah tertulis hitam di atas putih, jadi mereka tidak dapat berkata bahwa Anda berat sebelah. Jangan sampai mereka berpikir, mentang-mentang anak tiri, dihukumnya lebih lama.

  • Minta maaf dan memaafkan

  • Sebagai manusia setiap orang dapat berbuat salah. Ajarkan agar anak-anak minta maaf bila mereka berbuat salah, juga mudah memberi maaf bila saudaranya bersalah dan sudah minta maaf. Beri teladan dari Anda sendiri, mintalah maaf bila Anda bersalah dan berikan maaf kepada yang memintanya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Ini caranya mengakrabkan anak-anak tiri dengan anak kandung

Dalam perkawinan yang melibatkan seorang janda atau duda yang sudah mempunyai anak, mungkin akan timbul masalah tentang saudara-saudara tiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr