Haruskah saya menjalankan pantangan-pantangan setelah melahirkan?

Banyak pantangan yang ditujukan untuk ibu yang baru saja melahirkan. Mana yang harus dituruti dan bagaimana menyikapinya?

767 views   |   1 shares
  • Begitu banyak nasihat orang tua pada ibu yang baru melahirkan. Begitu banyak aneka pantangan menurut tradisi keluarga yang turun temurun, yang sedikit dipaksakan agar si ibu baru pun harus mengikutinya dengan alasan 'kesehatan'.

  • Seperti Yani yang berasal dari keluarga jawa, setelah melahirkan ia dilarang makan daging ayam dan ikan laut dan menjalani perawatan tradisional dengan minum jamu bersalin selama 40 hari, mengenakan pilis di dahi, mengoleskan tapel yang dicampur kapur sirih dan air perasan jeruk nipis pada perut. Ia juga diwajibkan menggunakan bengkung (stagen yang dililitkan di perut) selama 3 bulan, agar perut tidak menggelambir pasca melahirkan.

  • Berbeda Aline, yang orang tuanya masih memegang tradisi Tionghua sangat kuat. Setelah melahirkan Aline tidak diperbolehkan mandi dan keramas hingga hari ke 10. Itupun ia hanya boleh mandi air hangat hasil rebusan sereh dan jahe. Selanjutnya Aline diperbolehkan mandi lagi 5 hari sekali sampai hari ke 40. Dan banyak lagi persyaratan adat lainnya yang cukup merepotkan.

  • Setiap keluarga pasti memiliki tradisi yang berasal dari daerah asal mereka masing-masing, namun ada pantangan umum yang beredar di masyarakat dan cukup membuat ibu melahirkan menjadi khawatir. Apa saja pantangannya dan bagaimana menyikapinya? Intip di bawah ini.

  • Dilarang beraktivitas selama satu minggu setelah melahirkan

  • Kondisi lemah setelah melahirkan bukan berarti ibu tidak boleh melakukan aktivitas apapun. Bagi yang menjalani operasi sesar, setelah 12 jam justru harus berlatih memiringkan badan ke kiri dan ke kanan. Setelah 24 jam, Anda dianjurkan untuk memulai aktivitas ringan seperti duduk, turun dari tempat tidur dan berjalan.

  • Bagi ibu yang menjalani proses persalinan normal, tak lama Anda pun dapat berktivitas kembali. Namun ada baiknya tidak melakukan aktivitas terlalu banyak bergerak seperti berjongkok. Minta bantuan orang lain jika Anda harus mengambil benda yang ada di lantai atau mengangkat barang-barang yang lebih berat daripada bayi. Hal ini dimaksudkan agar pemulihan paska bersalin berjalan dengan cepat. Sebelum beraktivitas pastikan Anda merasa kuat dan tidak pusing saat berdiri.

  • Setelah operasi sesar, dilarang mandi dan tidur tengkurap

  • Justru mandi adalah satu hal yang penting setelah melahirkan. Selain untuk membuat badan lebih segar dan nyaman, mandi bersih juga dapat mencegah infeksi pada luka bekas operasi sesar. Jaga agar plester luka tidak terkena air namun tidak perlu khawatir jika plester sedikit basah di bagian luar karena biasanya dokter menggunakan plester anti air. Jika Mama mengganti plester luka, jangan mengganti sendiri biar dokter yang melakukannya. Memang benar setelah operasi sesar, Anda sebaiknya tidak tidur tengkurap karena tentu akan menyakitkan untuk bekas luka Anda.

  • Advertisement
  • Dilarang makan atau minum sebelum buang angin

  • Pantangan ini sudah tidak berlaku, karena teknik anestesi (obat bius) dilakukan setengah badan dan membuat Anda tetap sadar. Jadi setelah operasi sesar, Anda tetap bisa makan dan minum tanpa harus menunggu buang angin (kentut).

  • Dilarang makan ikan dan telur

  • Sebaliknya, Anda justru diharuskan makan makanan yang bergizi dan mengandung protein untuk meningkatkan stamina, mempercepat luka untuk sembuh dan menambah produksi ASI.

  • Tidak boleh keluar rumah dan berolahraga

  • Menjalani masa nifas merupakan masa yang merepotkan bagi seorang ibu, selain kondisi masih belum terlalu fit, Anda diharuskan mengurus bayi yang kondisinya juga masih ringkih karena sistem imunnya belum kuat. Namun tidak ada larangan untuk ibu dan bayi keluar rumah. Anda dapat menghirup udara segar di luar rumah sambil'menjemur' bayi agar terkena sinar matahari.

  • Bagi Anda yang sudah terbiasa olahraga dari sebelum melahirkan. Jangan langsung terburu melakukan olahraga hanya Karena ingin cepat langsing. Konsultasikan terlebih dulu dengan dokter untuk menentukan kapan waktu yang aman bagi mama untuk memulai olahraga. Berhati - hati juga saat memilih jenis olahraga, sesuaikan dengan kekuatan fisik Anda ya.

  • Terhadap semua pantangan yang dianjurkan orang-orang tua dulu, semua tergantung dari bagaimana Anda mempercayainya dan ingin mengikutinya. Namun ada baiknya berkonsultasi dengan dokter, apakah tradisi tersebut memang relevan dengan dunia medis dan berguna untuk kesehatan Anda atau memang hanya sekedar mitos.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Setelah melahirkan Raphael, Celerina memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga dan mengurus buah hatinya tanpa bantuan baby sitter. Disinilah ia kemudian menemukan passion-nya yang baru yaitu memasak khususnya menu MPASI (Makanan Pendamping ASI)

Haruskah saya menjalankan pantangan-pantangan setelah melahirkan?

Banyak pantangan yang ditujukan untuk ibu yang baru saja melahirkan. Mana yang harus dituruti dan bagaimana menyikapinya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr