Cara ampuh agar orangtuamu menyukai si dia

Memperkenalkan kekasih kepada orang tua memang selalu jadi momen yang mendebarkan. Namun jika Anda memang berniat serius, kenapa harus takut? Coba intip tips di bawah ini.

709 views   |   14 shares
  • Apakah Anda serius melanjutkan ke jenjang pernikahan berasa dengannya? Jika ya, Makalangkan selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memperkenalkan dia pada kedua orang tua Anda. Restu dan penilaian orang tua tentang pasangan Anda tentu menjadi pertimbangan penting kan?

  • Bertemu pertama kali dengan calon mertua adalah saat yang paling menengangkan. Rasa deg-degan, cemas, dan grogi semua berkumpul jadi satu, karena inilah saat penentuan untuk mengetahui apakah Anda mendapat restu untuk berdampingan dengan orang yang Anda cintai.

  • Agar tidak grogi berlebihan dan semua berjalan lancar, ikuti tips saya berikut ini:

  • Ceritakan sekilas mengenainya sebelum bertemu

  • Sebelum bertemu, sebaiknya Anda sudah memberikan gambaran kepada orang tua tentang asal usul si dia. Ceritakan mengenai latar belakang keluarganya, di mana dia berasal, pendidikannya, pekerjaan yang dimilikinya dan hal-hal umum lainnya. Berikanlah kesan positif tentang si dia tetapi jangan pula berlebihan. Dengan mendengarkan cerita Anda, biarkanlah orang tua yang menilai sendiri dan sekaligus menjadikan pengantar tersebut sebagai bahan pembicaraan.

  • Latihan singkat

  • Sebelum bertemu dengan orang tua saya, kami -saya dan pasangan- sudah berlatih bersama terlebih dahulu. Berikannya informasi tentang hal-hal yang disukai dan tidak disukai orang tua Anda, cara bersikap, bagaimana menjawab dan merespon hal-hal yang sekiranya akan ditanyakan. Apalagi jika Anda seperti saya dan pasangan yang dibesarkan dari dua kebudayaan yang sangat jauh berbeda, pelatihan singkat ini sangat membantunya untuk mengenal dan bersikap di depan orang tua saya.

  • Membawa hadiah

  • Meskipun tidak diminta, penting juga jika sebagai calon menantu Anda atau pasangan membawakan hadiah pada calon mertua. Tanpa bermaksud menyogok, hadiah ini dapat dianggap sebagai cara menghormati si tuan rumah yang telah menyambut Anda. Berikan bocoran hal yang sekiranya disukai oleh orang tua Anda, agar kesan pertama yang baik dan bisa makin mendekatkan dia pada orang tuamu.

  • Selalu disampingnya dan jadilah 'ice breaker'

  • Pada pertemuan pertama yang canggung, tugas Anda adalah menjadi pendamping dan pencair suasana antara orang tua dan pasangan. pancing topik-topik yang membuat orang tua Anda tertarik mengenal pasangan lebih dalam.

  • Pertemuan pertama dengan calon mertua, memang ada suka dukanya. Tetapi, jangan pernah takut untuk mencoba selama Anda berdua memiliki niat baik untuk melanjutkan sebuah hubungan ke jenjang yang lebih serius. Semua yang diawali dengan niat yang baik pasti akan berakhir baik pula.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Cara ampuh agar orangtuamu menyukai si dia

Memperkenalkan kekasih kepada orang tua memang selalu jadi momen yang mendebarkan. Namun jika Anda memang berniat serius, kenapa harus takut? Coba intip tips di bawah ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr