Anda akan kehilangan 7 orang ini dalam kehidupan. Siapa sajakah mereka?

Kehilangan, bukan perasaan yang mudah untuk dilalui. Namun bukan berarti tak bisa. Apalagi, kenyataannya, Anda memang pasti mengalami kehilangan. Dan setidaknya ada 7 orang. Siapa saja mereka?

4,850 views   |   30 shares
  • Tahukah Anda, bahwa sepanjang hidup ini, Anda tak hanya akan mendapatkan sesuatu, namun juga kehilangan? Dan ini tak hanya perkara barang, namun juga orang. Siapa sajakah yang akan hilang dari kehidupan Anda, dan bagaimana mengatasinya? Dani Saphiro pada artikelnya di Huffington Post pernah mengungkapkan:

  • 1.Teman yang mengecewakan

  • Kita semua pasti punya teman seperti ini, bahkan kadang lebih dari satu. Siapakah dia? Teman yang sebetulnya cukup dekat, bisa diajak curhat, bahkan menangis bersama dan berjalan di sisi kita, namun dalam hati terdalam kita tahu bahwa ia tidak tulus melakukannya. Ia mungkin orang yang baik dan tak pernah dengan sengaja menyakiti hati kita. Namun, ya, yang dilakukannya kerap menyakiti hati. Maka Anda meninggalkannya, dan menganggapnya bukan bagian dalam hidup Anda lagi.

  • 2. Teman yang Anda kecewakan

  • Pernahkah Anda berada dalam posisi "antagonis"? Setiap orang pasti pernah. Salah satunya dalam memperlakukan teman. Saat Anda terlalu sibuk dengan kehidupan sehari-hari hingga lupa pada teman lama, padahal ia adalah orang yang selalu punya waktu untuk memperhatikan Anda? Saat Anda merasa bahwa yang terpenting dalam hidup adalah karier, lalu menyingkirkan hal-hal romantis seperti persahabatan? Lalu, di saat terberat dalam hidup, Anda menyadari bahwa ia sebetulnya amat berarti. Bahwa tanpanya, Anda merasa kesepian. Namun kini semua menjadi terlalu terlambat, karena Anda telah mengecewakannya. Dan ia telah melupakan Anda.

  • 3. Dia yang membuat Anda nyaman

  • Tutuplah mata Anda sejenak, dan bayangkan. Oke, kini Anda pasti tahu siapa dia. Mungkin kini Anda telah menikah, dan dia juga. Namun Anda dan dirinya sama-sama tahu bahwa saat bersama-sama, ada rasa nyaman yang tak didapatkan dari siapa pun. Saat Anda bertatapan dengannya, desir itu terasa di hati Anda juga dirinya. Ada bagian kecil dari diri Anda yang penasaran, bagaimana rasanya jika menjalani "seseuatu" dengannya. Seberapa menyakitkannya jika Anda dan dia bisa mencuri-curi sore setiap hari bersama. Ya, Anda tahu persis, kok, jawabannya. Hal ini tak bisa diingkari, namun tak juga harus dijalani. Tetaplah menjaga jarak, bahkan persahabatan pun jadi hal yang berbahaya. Lupakanlah ia, buka mata Anda sekarang, dan syukuri apa yang Anda miliki saja.

  • 4.Kematian yang tak bisa diprediksi

  • Berani mencintai, harus berani kehilangan. Sebab pada hakikatnya, kita semua adalah milik Yang Maha Kuasa. Hal ini amat natural; kita akan mengalami kehilangan karena kematian orang yang kita cintai; orangtua, pasangan, teman bahkan anak. Dan yang paling menyedihkan adalah, tak ada satu pun manusia yang tahu, kapan kematian datang menjemput. Karena itu, sebelum semua terjadi, persiapkan diri sendiri untuk mengalami kehilangan selama-lamanya. Mungkin ini justru akan menjadi pelajaran penting bagi kita untuk menghargai setiap orang saat ia masih ada bersama kita.

  • Advertisement
  • 5. Kematian yang bisa dipersiapkan

  • Ada saatnya kita juga diberikan ujian berupa penyakit pada orang yang kita sayangi. Kita seolah diberi waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi kehilangan untuk selama-lamanya. Ya, tidak juga membuat kita lebih mudah menerimanya. Namun, setidaknya kita sudah diberikan saat-saat mengantisipasi hal terburuk. Apalagi, jika kita diberikan kesempatan untuk merawat, memeluk, memegangi tangannya, dan mengantarnya hingga gerbang kematian. Inilah saatnya kita merasa begitu tak berdaya karena Tuhan sudah menyuratkan takdir-Nya. Kehilangan ini, mau tak mau, harus diterima.

  • 6. Guru di setiap masa kehidupan

  • Ada hubungan yang memiliki masa kadaluwarsa. Guru, adalah salah satunya. Tak peduli seberapa sayangnya Anda pada dia, toh Anda harus tumbuh dan melewati suatu masa pendidikan untuk menyambut jenjang berikutnya. Anda harus lulus dan melewati kelasnya. Ia telah membantu Anda, membimbing dan mengajari. Ia telah melakukan perannya dalam kehidupan Anda. Jika tiba masanya, semua itu harus berlalu dan Anda harus menerimanya justru dengan perasaan senang, karena kini Anda telah sukses melewati satu fase dalam kehidupan.

  • 7. Cita-cita masa lalu yang tak tercapai

  • Saat kecil, pernahkah Anda bercita-cita menjadi aktris, misalnya? Anda membayangkan masa depan yang gemerlap, tinggal di rumah megah di tengah kota besar, dengan pasangan dan banyak anak. Mungkin punya pesawat pribadi dan yacht mewah. Lalu siapakah Anda kini? Ya, mungkin Anda kini bukan aktris, dan tinggal di rumah sederhana. Namun, benarkah impian masa lalu itu yang sebetulnya Anda inginkan? Belum tentu. Sebab kini, Anda sudah melewati banyak hal, baik dan buruk, dalam kehidupan. Anda telah dewasa dan sadar, bahwa menjadi orang kaya, bukan hal terpenting. Mungkin kini Anda berada dalam masa, bahwa hidup harus dijalani dengan integritas dan menjalani hal-hal yang disukai. Ia yang Anda bayangkan saat kecil, tak harus selalu dikejar. Kadang ia, hanyalah bagian dari cita-cita masa lalu yang harus Anda lupakan dan menyisakan kenangan.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Anda akan kehilangan 7 orang ini dalam kehidupan. Siapa sajakah mereka?

Kehilangan, bukan perasaan yang mudah untuk dilalui. Namun bukan berarti tak bisa. Apalagi, kenyataannya, Anda memang pasti mengalami kehilangan. Dan setidaknya ada 7 orang. Siapa saja mereka?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr