Bayi perlu pakaian yang aman dan nyaman, ini 5 kriterianya

Keamanan dan kenyamanan busana bayi mungil Anda tentu lebih bermakna dari sekadar penampilan berkilau ala fashionista. Bebas ruam dan mudah dipakai, juga akan memudahkan hidup Anda. Simak 5 kriteria pakaian aman dan nyaman untuk si kecil!

330 views   |   1 shares
  • Sebagai salah satu kebutuhan pokok, belanja pakaian untuk bayi Anda adalah salah satu kegiatan yang begitu mengasyikkan. Terbersit segala model dan warna kesukaan yang ingin segera dipilih untuk si kecil. Godaan dari iklan di toko-toko baik offline maupun online, membuat Anda kerap tahu-tahu membeli pakaian bayi, tanpa berpikir panjang.

  • Keamanan dan kenyamanan, dua aspek penting yang sebaiknya jadi pertimbangan utama saat Anda memilih pakaian untuk bayi Anda. Apa saja yang diperlukan dari pakaian bayi Anda? Ini 5 kriterianya!

  • 1. Bahan yang bersahabat di kulit

  • Kulit bayi perlu dijaga dengan baik. Salah satunya adalah dengan memilih bahan yang aman bagi kulitnya. Kapas berkualitas baik patut jadi pilihan, terlebih kapas organik. Dengan bahan lembut dan mudah menyerap keringat, kemungkinan bayi terkena ruam pada kulit pun akan berkurang jauh. Beberapa merek pakaian bayi bahkan telah mencantumkan kode standar nasional atau internasional untuk memastikan kualitas bahan yang mereka gunakan.

  • 2. Mudah dipakai dan dilepaskan

  • Bayangkan berapa kali Anda akan mengganti pakaian bayi Anda dalam sehari? Mudahnya ia berkeringat atau mengotori bajunya karena noda makanan atau kala mengganti popoknya. Tak jarang Anda harus melakukannya dalam waktu sempit, atau kelelahan saat bangun di tengah malam. Oleh karena itu, model simpel yang mudah dipasang dan dilepaskan wajib menjadi pertimbangan Anda, seperti model berikut ini :

    • Lupakan dulu kancing dan resleting yang sulit dipasang. Utamakan memilih perekat lembut atau kancing tekan yang lebih mudah digunakan.

    • Pilih kerah baju yang berbentuk seperti amplop, untuk memudahkan kepala bayi melewatinya. Anda pun bebas dari tangis pemberontakannya saat Anda mendandaninya.

    • Setelan onepiece baik pendek (jemper) maupu panjang (jumpsuit atau sleepsuit) masih menjadi favorit karena kepraktisannya.

    • Celana dengan karet pada pinggang akan terasa nyaman baginya, tanpa menimbulkan bekas pada kulitnya.

  • 3. Hindari detail rumit

  • Renda, rumbai, dasi, aneka pernak-pernik pada pakaian bayi masa kini memang tampak menggemaskan. Namun, di sisi lain, detail-detail rumit seperti ini memiliki kekurangan yang kerap menciptakan masalah baru. Kulit bayi, biasanya sensitif terhadap bahan-bahan yang membuatnya gatal atau menimbulkan ruam. Kerap pula, detail ini malah menjadi "bahan mainan" si kecil dan lenyaplah fungsi dekoratifnya. Anda perlu usaha ekstra untuk memasangnya dan memastikannya selalu terpasang dengan semestinya. Detail rumit juga akan menghambat gerak aktifnya dan membuatnya merengek ingin segera lepas darinya.

  • Advertisement
  • 4. Ukuran yang lebih besar

  • Ukuran pakaian bayi menjadi faktor penting lainnya dalam memilih pakaian. Dengan kecepatan tumbuh yang pesat, Anda perlu menyiapkan beberapa variasi ukuran dalam lemari si kecil. Mulailah dari ukuran 3 bulan untuk bayi baru lahir, lalu sediakan hingga 2-3 ukuran di atasnya. Setiap merek pakaian biasanya memiliki detail pengukuran yang berbeda-beda. Patokan yang umum digunakan adalah bobot dan panjang badan, meskipun ada beberapa orangtua yang mempertimbangkan ukuran lain seperti lingkar paha dan panjang torso dalam memilih ukuran pakaian bayi. Tak perlu cemas dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Anda dapat menggulungnya untuk sementara waktu, karena tak lama tubuh si kecil pun akan berkembang dan memenuhi ukuran seharusnya.

  • 5. Cara mencuci yang tepat

  • Salah satu sumber ruam pada kulit bayi adalah pencucian pakaian yang tidak tepat. Gunakan detergen lembut yang bebas pewangi dan pewarna buatan untuk mencuci pakaian bayi, termasuk sebelum digunakan pertama kali. Kini, banyak produk detergen yang sesuai untuk kulit bayi, termasuk pelembut dan penghilang noda yang dibuat dari bahan yang aman atau alami.

  • Fungsi pakaian utama adalah menutupi tubuh dengan nyaman tanpa mengganggu aktivitas pemakainya. Tanamkan prinsip ini ketika Anda menjatuhkan pilihan berbusana bayi Anda. Kesehatan dan kegembiraannya tentu lebih bermakna dari sekadar penampilan berkilau ala fashionista.

  • Sumber artikel : babycentre UK, webMD, healthychildren.org

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Bayi perlu pakaian yang aman dan nyaman, ini 5 kriterianya

Keamanan dan kenyamanan busana bayi mungil Anda tentu lebih bermakna dari sekadar penampilan berkilau ala fashionista. Bebas ruam dan mudah dipakai, juga akan memudahkan hidup Anda. Simak 5 kriteria pakaian aman dan nyaman untuk si kecil!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr