5 hal penting dalam menghadapi kehamilan yang tak direncanakan

Setiap manusia, meskipun masih berada di dalam kandungan, dilindungi hak-haknya untuk hidup oleh negara. Oleh sebab itu, aborsi selain karena masalah kesehatan adalah sebuah pelanggaran yang bisa dikenai sangsi hukum.

2,875 views   |   4 shares
  • "Ya Tuhan, kenapa aku hamil lagi?" Itulah keluhan pertama yang dilontarkan oleh seorang sahabat ketika mengetahui dirinya hamil anak ke-tiga. Padahal, anak keduanya belum juga genap satu tahun, sehingga bayangan akan masa depan dan cibiran dari masyarakat membuatnya tidak mampu berpikir secara rasional dan berniat menggugurkannya.

  • Bagi sebagian besar wanita, kehamilan adalah anugerah, tapi apa jadinya ketika kehamilan tidak dikehendaki seperti akibat perkosaaan, pergaulan bebas, atau kebablasan bagi yang sudah menikah. Menanggapi hal ini, Dra. Rostiana, psikolog dari universitas Tarumanegara, Jakarta, mencoba memberikan saran bagaimana menghadapinya.

  • Beritahu orangtua atau orang yang bisa dipercaya

  • Mungkin tidak terlalu jadi masalah ketika kehamilan tidak dikehendaki terjadi dalam hubungan pernikahan. Tetapi, jika kehamilan tersebut terjadi akibat perkosaan atau karena pergaulan bebas, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah segera memberitahukannya kepada orangtua atau orang yang bisa dipercaya agar bisa dicarikan solusi.

  • Ketahui dampak baik dan buruk aborsi

  • Rostiana mengatakan, "Keputusan yang akan diambil berada di tangan si ibu karena dialah yang terlibat langsung dengan kehamilannya. Artinya, apakah kehamilan akan diteruskan atau justru diakhiri, si ibulah yang berhak membuat keputusan. Dengan demikian, ketika masyarakat atau keluarga, terutama suami, menolak, sementara si ibu bertekad untuk meneruskan kehamilannya, maka kehamilan akan berjalan dengan baik sehingga tidak menimbulkan banyak masalah. Tetapi sebaliknya, ketika masyarakat, keluarga dan bahkan suami sendiri memberikan dukungan, namun si ibu tidak menginginkannya, maka akan terjadi penolakan yang bersifat destruktif terhadap janin yang dikandungnya." Maka dari itu, pahamilah terlebih dahulu dampak baik dan buruk sebelum Anda memutuskan untuk melakukan aborsi.

  • Kesalahan bukan pada anak

  • Setiap anak yang dilahirkan ke dunia adalah anugerah dari Tuhan. Jadi, baik diinginkan atau tidak, kehamilan bukanlah kesalahan pada anak. Setiap ibu hamil harus bisa memahami dan menerima dengan lapang dada kenyataan ini, kemudian berusaha dengan sebaik mungkin mengubah pola pikir dan menjaga serta menerima dengan sepenuh hati anak yang dilahirkan agar kelak tumbuh secara layak.

  • Hak memperoleh kehidupan

  • Ketahuilah setiap manusia, meskipun masih berada di dalam kandungan, dilindungi hak-haknya untuk hidup oleh negara. Oleh sebab itu, aborsi selain karena masalah kesehatan adalah sebuah pelanggaran yang bisa dikenai sangsi hukum.

  • Advertisement
  • Dapatkan bantuan tenaga medis

  • Kehamilan yang tidak dikehendaki seringkali beresiko tinggi baik bagi kesehatan si ibu maupun janin yang dikandung. Segera dapatkan bantuan dari tenaga medis ketika ada indikasi Anda mengalami malnutrisi, gangguan kejiwaan, dan sebagainya.

  • Kehamilan yang tidak dikehendaki akibat kebablasan, perkosaan atau karena pergaulan bebas sebetulnya tidak perlu disesali. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut bisa diterima dengan mudah begitu saja oleh yang bersangkutan. Oleh sebab itu, mencegah kehamilan adalah lebih baik sebelum segala sesuatu menjadi sulit. Gunakanlah alat kontrasepsi, hindari pergaulan bebas dan berhati-hatilah selalu dimanapun Anda berada agar kehamilan yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

5 hal penting dalam menghadapi kehamilan yang tak direncanakan

Setiap manusia, meskipun masih berada di dalam kandungan, dilindungi hak-haknya untuk hidup oleh negara. Oleh sebab itu, aborsi selain karena masalah kesehatan adalah sebuah pelanggaran yang bisa dikenai sangsi hukum.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr