Lebaran, maksimalkan waktu dengan berkumpul bersama keluarga

Lebaran merupakan saat yang paling tepat untuk kita bersilahturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar kita, baik keluarga yang dekat maupun keluarga jauh yang mungkin sudah lama tidak kita lihat.

1,176 views   |   11 shares
  • Lebaran sebentar lagi, itu artinya masa liburan juga telah di depan mata, semua orang khususnya umat Muslim sangat bersemangat dan bahagia menantikan datangnya hari raya kemenangan mereka setelah satu bulan lamanya mereka menjalankan ibadah puasa.

  • Hari Raya Idulfitri atau Hari Lebaran merupakan saat yang penuh makna dan sangat ditunggu-tunggu. Selain karena momen lebaran adalah momen yang pas untuk beribadah, berbuat amal, mendapatkan pahala, dan saat untuk saling memaafkan satu sama lain, ternyata lebaran merupakan saat yang paling tepat untuk kita bersilahturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar kita, baik keluarga yang dekat maupun keluarga jauh yang mungkin sudah lama kita tidak bertemu.

  • Itu sebabnya, tak heran momen menjelang lebaran dipergunakan banyak orang untuk mudik ke kampung halaman mereka hanya untuk bisa berkumpul merayakan lebaran bersama keluarga tercinta. Walaupun waktu libur lebaran tidak begitu panjang, tetapi mereka akan memanfaatkan semaksimal mungkin kebersamaan mereka. Karena biasanya di saat lebaranlah, semua keluarga datang dari berbagai penjuru kota atau daerah dan berkumpul pada satu tempat yang telah ditentukan. Biasanya tempat yang menjadi tempat berkumpul keluarga besar adalah rumah orangtua atau orang yang dituakan dalam silsilah keluarga.

  • Tak hanya dimanfaatkan untuk momen berkumpul keluarga saja, lebaran juga adalah waktu yang pas untuk dapat menyantap menu makanan lebaran khas daerah kita masing-masing yang mungkin jarang kita santap di tempat di mana sekarang kita menetap; seperti makan ketupat dan opor ayam. Selain tradisi makan ketupat dan opor yang tidak boleh kita lewatkan, tradisi salat id bersama dan bagi-bagi THR juga jangan sampai ketinggalan loh. Itulah yang dinantikan.

  • Di momen lebaran ini, kita juga bisa memanfaatkan waktu untuk sekalian temu kangen dengan tetangga, teman-teman lama kita dulu, pergi berlibur atau berwisata bersama kerabat atau sanak saudara ke objek wisata favorit, atau sekedar berkeliling kota untuk melepas kerinduan dan kepenatan. Dari semua aktivitas tersebut, intinya adalah kebersamaan.

  • Jangan lupa untuk selalu mengabadikan setiap momen kebersamaan kita bersama orang-orang yang kita cintai. Jangan sampai kita kehilangan kenangan kebersamaan tersebut. Karena kesempatan tersebut hanya datang setahun sekali dan setiap pertemuan bersama keluarga akan memiliki cerita istimewanya sendiri.

  • Yang paling penting adalah manfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin untuk lebih dekat dan mengenal keluarga kita agar hubungan kita dapat tetap terjalin kuat walau mungkin kita tidak memiliki banyak waktu untuk bertemu. Jadi, gunakanlah momen lebaran untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat lainnya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mempunyai rencana berkumpul bersama keluarga besar di hari lebaran nanti?

  • Advertisement
Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Lebaran, maksimalkan waktu dengan berkumpul bersama keluarga

Lebaran merupakan saat yang paling tepat untuk kita bersilahturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar kita, baik keluarga yang dekat maupun keluarga jauh yang mungkin sudah lama tidak kita lihat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr