Persiapkan 8 hal ini sebelum Anda dan keluarga berangkat mudik

Perjalanan kembali ke kampung halaman biasanya memang terasa lebih berat ketimbang perjalanan biasanya. Karena itu, persiapan matang adalah kuncinya. Kerjasama seluruh anggota keluarga pun amat diperlukan demi kesuksesan mudik.

1,201 views   |   6 shares
  • Idul Fitri sebentar lagi datang, tradisi masyarakat Indonesia adalah berkumpul bersama keluarga merayakan hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa. Karena itu, kebanyakan dari kita akan pulang ke kampung halaman. Perjalanan mudik, biasanya akan terasa lebih berat ketimbang perjalanan di hari-hari biasa, karena semua orang melakukannya. Jika menggunakan kendaraan sendiri, biasanya akan berhadapan dengan macet. Jika menggunakan transportasi umum baik darat, udara maupun laut, pun biasanya akan berhadapan dengan membludaknya penumpang. Karena itu, jangan sampai kita berangkat tanpa persiapan matang. Persiapkan dulu 8 hal ini sebelum Anda dan keluarga berangkat mudik, yuk..

  • 1. Daftar barang bawaan

  • Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Lakukanlah ini sebelum Anda mulai packing. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.

  • 2. Cek kondisi kendaraan (jika menggunakan kendaraan pribadi)

  • Kendaraan adalah tulang punggung perjalanan Anda. Oleh karena itu, pastikan kendaraan Anda apakah mobil atau motor siap digunakan untuk perjalanan jauh. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh. Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan Anda tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat Anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan. Jangan abaikan soal yang satu ini. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan panjang. Selain itu, pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan Anda.

  • 3. Cegah mabuk perjalanan

  • Pilih posisi yang tepat

  • Jika naik kapal laut, pilihlah kabin di tengah sebab pada titik ini goyangan kapal paling tidak terasa. Jika naik pesawat terbang, mintalah tempat duduk di dekat tepi depan sayap. Jika naik kereta api, duduklah di dekat jendela dan menghadap ke depan. Jika menggunakan mobil atau bus, sebaiknya Anda duduk di depan dekat sopir.

  • Isi perut Anda sebelum melakukan perjalanan

  • Jangan biarkan perut kosong saat bepergian. Sebab saat perut kosong lambung akan memproduksi asam dalam jumlah yang berlebihan sehingga akan membuat iritasi lambung dan merangsang reflek mual, yang akhirnya dapat berefek muntah. Tapi ingat, jangan sampai makan berlebihan. Kurangi makanan berlemak tinggi, batasi minum, juice, termasuk buah-buahan, menjelang keberangkatan. Sebab hal ini juga akan memicu mabuk perjalanan.

  • Advertisement
  • 4. Persiapkan bekal

  • Bawalah buah sebagai bekal dalam perjalanan. Buah-buahan menyediakan cukup air penawar dahaga, serat yang mengenyangkan, gula buah sebagai penyedia energi sekaligus penghilang pusing karena kelaparan, dan sejumlah gizi antioksidan yang dapat meredam munculnya kelelahan. Pilih buah yang praktis dan tidak repot memakannya seperti apel, jeruk, anggur, pir, dan pisang. Aroma dan rasa jeruk cukup menolong dan kembali menyegarkan tubuh. Usahakan jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan.

  • 5. Hiburan

  • Macet hingga delay keberangkatan kendaraan umum adalah rintangan utama yang tidak mungkin Anda hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur Anda dari kebosanan. Apalagi jika bersama anak-anak, persiapkan hiburan khusus bagi anak, seperti mainan atau busy book.

  • 6. Baterai dan pulsa

  • Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa digunakan.

  • 7. Kondisi tubuh

  • Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan Anda juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap empat jam.

  • 8. Tas perlengkapan anak

  • Siapkan satu tas khusus berisi perlengkapan anak, seperti tisu basah, tisu kering, topi, makanan, popok, kaus kaki, handuk kecil, kantong plastik serbaguna dan sebagainya. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Sisir, sabun, sampo, sikat, pasta gigi, lotion, hingga baby cream juga wajib dibawa. Lengkap juga dengan obat-obatan, tentunya. Aneka kendala di jalan membuat anak bisa sakit. Bawalah obat-obatan penting, seperti penurun panas, obat luka, minyak gosok/balsam, losion nyamuk, plester, vitamin, hingga termometer.

  • Mudik bisa jadi perjalanan yang amat melelahkan, namun berbuah amat manis karena bisa berkumpul kembali dengan sanak saudara juga kerabat di kampung. Karena itu, persiapkan dulu diri Anda dan seluruh anggota keluarga dengan sebaik mungkin.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Persiapkan 8 hal ini sebelum Anda dan keluarga berangkat mudik

Perjalanan kembali ke kampung halaman biasanya memang terasa lebih berat ketimbang perjalanan biasanya. Karena itu, persiapan matang adalah kuncinya. Kerjasama seluruh anggota keluarga pun amat diperlukan demi kesuksesan mudik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr