Ini 6 Hal yang tidak Anda ketahui tentang 'Stay-at-home mom'

Anda pikir stay-at-home mom adalah pekerjaan yang paling menyenangkan? Lihat dulu di bawah ini.

1,172 views   |   20 shares
  • Apa yang ada dalam pikiran Anda saat mengetahui teman Anda memilih untuk menjadi Stay-at-home mom atau Ibu Rumah Tangga? Saya kerap mendengar teman mengatakan, "Wah enak ya.. bisa main sama-sama anak terus," Hmm.. memang enak sih, tapi masih banyak hal lain yang tidak diketahui orang mengenai Stay-at-home momdan segala kehebohannya:

  • 1. Me time

  • Hampir selalu berada di rumah, bukan berarti kami mempunyai banyak me timeloh. Apalagi seorang ibu dengan anak kecil, yang tidak memiliki asisten rumah tangga. Bisa dipastikan, me time adalah satu hal yang mewah dan jarang dirasakan. Bahkan punya waktu mandi lebih dari 7 menit pun satu hal yang jarang dirasakan. Saat makan, bersiaplah dengan gangguan anak yang minta disuap, loncat-locat minta digendong, mau buang air kecil, dan sebagainya. Saat mereka tertidur bukan berarti ibu bisa bebas bersantai. Masih ada setumpuk pekerjaan rumah yang minta diselesaikan, dan membereskan juga hasil 'kreatifitas' anak yang tersebar di mana-mana.

  • 2. Bosan

  • Berada di rumah 24 jam sehari, hanya berdua atau bertiga dengan anak tentu kerap membuat seorang ibu merasakan kebosanan. Wajar, apalagi karena satu-satunya makhluk hidup yang dapat diajak berkomunikasi adalah anak yang bahkan belum dapat membalas obrolan kita. Tentu saja tingkah laku mereka yang lucu selalu dapat menjadi hiburan.

  • 3. "Enak ya, bisa dekat terus dengan anak."

  • Kami sering mendengar pernyataan serupa dari banyak orang. Walau tidak salah sih, namun banyak hal yang seringkali tidak mereka ketahui. Anak tidak selamanya bertingkah manis dan lucu, seringkali mereka juga membuat ibu menjadi stres dan capai.

  • 4. Mengganggur di rumah

  • Di rumah seharian bukan berarti kami pengangguran tanpa pekerjaan ya. Bahkan walau memiliki asisten rumah tangga sekalipun, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan seorang ibu. Yang namanya asisten, ya perkejaannya adalah membantu saat kami tidak dapat melakukannya karena sedang mengerjakan hal yang lain. Mengurus anak, menyuapi, memandikan, memasak dan mendidik mereka adalah sebagian dari pekerjaan-pekerjaan yang menumpuk setiap harinya.

  • 5. Tidak memikirkan keuangan keluarga

  • Eits, berada di rumah bukan berarti tidak ikut memikirkan kondisi keuangan keluarga ya. Justru kami mengirit pengeluaran untuk menyewa pengasuh anak dan biaya catering. Tidak jarang sebagian dari IRT juga memiliki pekerjaan sampingan loh.

  • 6. Sosialisasi

  • Berada di rumah seharian, tentu kami membutuhkan juga waktu untuk bersosialisasi dengan teman dan keluarga. Maka, jangan heran jika kegiatan kami diisi dengna arisan, reuni teman-teman, play date sesama ibu rumah tangga, dan lainnya. Saat ini sudah banyak juga media sosial yang bisa mengakomodasi sosialisasi di dunia maya seperti whatssap grup, facebook dan lainnya yang memudahkan kami untuk rehat dan mengobrol dengan orang lain selain anak.

  • Advertisement
  • Bisa dilihat kan, profesi stay-at-home mom bukan berarti seorang ibu dapat duduk santai seharian dan bermalas-malasan di rumah bersama anak. Bahkan pekerjaan para ibu ini tidak selesai 24/7 loh. Saat anak tidur, ada pekerjaan rumah. Saat suami pulang, tugas lain pun menunggu. Stay at home mom tidak dapat tidur, sebelum semua penghuni rumah sudah terlelap.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Nuria adalah lulusan Teknik Elektro UGM. Nuria mengawali karir sebagai praktisi bidang IT di salah satu perusahaan swasta, Menulis adalah salah satu kegemaran saya untuk mengekspresikan dan sharing tentang hal-hal yang bermanfaat.

Ini 6 Hal yang tidak Anda ketahui tentang 'Stay-at-home mom'

Anda pikir stay-at-home mom adalah pekerjaan yang paling menyenangkan? Lihat dulu di bawah ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr