Bumil dan busui, ayo makan kurma dan dapatkan 5 manfaat baiknya

Tidak hanya dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, kurma juga baik dinikmati di hari-hari biasa. Untuk ibu hamil dan menyusui, mengonsumsi kurma mendatangkan banyak kebaikan bagi kesehatan juga, lho. Simak 5 manfaatnya berikut ini.

1,364 views   |   11 shares
  • Salah satu penganan yang naik daun saat Ramadan adalah buah yang satu ini. Kurma, si gelap manis yang menyimpan banyak manfaat dan khasiat. Tidak hanya dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, kurma juga baik dinikmati di hari-hari biasa.

  • Kurma mengandung aneka vitamin dan mineral. Beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan zink dapat Anda temukan dalam kurma. Selain itu, kurma juga mengandung thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin K.

  • Untuk ibu hamil dan menyusui, mengonsumsi kurma mendatangkan banyak kebaikan bagi kesehatan juga, lho. Simak 5 manfaat kurma bagi kesehatan ibu hamil dan menyusui berikut ini.

  • 1. Mempermudah proses persalinan

  • Artikel ini menarik perhatian saya. Sebuah penelitian di Yordania yang dimuat pada Journal of Obstetrics and Gynecology tahun 2011 mendapati bahwa konsumsi kurma selama 4 minggu menjelang kelahiran mampu meningkatkan kemungkinan persalinan normal dan menurunkan kemungkinan pemberian induksi. Selain itu, waktu persalinan menjadi semakin pendek dan terjadi pengurangan jaringan yang terluka akibat proses persalinan.

  • 2. Meningkatkan produksi ASI

  • Kurma kaya akan kalsium dan mampu meningkatkan hormon prolaktin yang berpengaruh terhadap produksi ASI. Anda dapat mencincang kurma dan menambahkannya pada oatmeal sarapan Anda di pagi hari, yang juga akan membantu meningkatkan produksi ASI. Alternatif lain, Anda dapat membuat susu kurma. Caranya, rendam kurma semalaman di dalam lemari es. Keesokan harinya lumatkan kurma dengan blender bersama susu cair UHT atau susu murni. Rasa manis alami kurma akan membuat minuman sehat ini sedap dinikmati.

  • 3. Mencegah anemia

  • Anemia atau kekurangan zat besi adalah salah satu kondisi umum yang dialami oleh ibu hamil dan menyusui. Asupan zat besi Anda harus dibagi dengan kebutuhan janin atau terdistribusi ke dalam ASI. Kurma kaya akan zat besi akan membantu menghadapi ancaman anemia. Efeknya, energi dan kekuatan akan bertambah sehingga ibu hamil dan menyusui tidak mudah lelah serta lancar beraktivitas.

  • 4. Obat anti-lupa

  • Sewaktu hamil dulu, saya mudah sekali lupa. Kondisi ini ternyata terjadi pada banyak ibu hamil lainnya. Kalau saja saat itu saya mengonsumsi kurma secara rutin, kerja otak saya akan lebih baik. Kurma adalah buah yang kaya akan kalium, mineral penting yang membuat kerja sistem saraf menjadi lebih baik. Selain itu, kalium akan meningkatkan respons otak dalam bekerja. Usia boleh makin menua, namun kurma akan menjadikan pikiran Anda tetap tajam seperti masa keemasan muda Anda.

  • Advertisement
  • 5. Mengenyangkan dengan manfaat serat

  • Ibu hamil dan menyusui mudah merasa lapar. Rasanya ingin selalu makan atau mengunyah kudapan. Satu cangkir kurma mengandung 400 kalori dan memenuhi sekitar 48 persen kebutuhan serat harian Anda. Jadikan kurma sebagai kudapan sehat Anda, tanpa khawatir akan serangan lemak jahat. Kurma juga berpotensi sangat rendah sebagai pencetus alergi sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Meskipun kandungan gula dalam kurma termasuk tinggi (93 gram dalam secangkir kurma), banyak varietas kurma yang mempunyai indeks glisemik rendah. Jadi, kurma tidak menjadi pencetus diabetes bagi mereka yang mengonsumsinya. Konsumsi kurma juga menghalangi kerja radikal bebas berkat kandungan antioksidan tinggi di dalamnya. Anda tidak mudah jatuh sakit dan kulit pun sehat bercahaya.

  • Segera cari kurma berkualitas baik dan hidangkan sebagai menu harian Anda. Pilihlah yang tidak banyak mengandung gula tambahan dan bahan pengawet. Segera rasakan perbaikan kualitas kesehatan Anda sebagai ibu hamil dan menyusui berkat buah ajaib ini.

  • Sumber artikel : thebump.com, organicfacts, mindbodygreen

Bagikan pada teman dan keluarga..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Bumil dan busui, ayo makan kurma dan dapatkan 5 manfaat baiknya

Tidak hanya dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, kurma juga baik dinikmati di hari-hari biasa. Untuk ibu hamil dan menyusui, mengonsumsi kurma mendatangkan banyak kebaikan bagi kesehatan juga, lho. Simak 5 manfaatnya berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr