Sukses menjalani LDR? Ini caranya

Sulitnya mempertahankan cinta jarak jauh disebabkan karena faktor cemburu atau ketidakpercayaan terhadap pasangan dan pada akhirnya hubungan cinta Anda menjadi tidak bahagia.

2,307 views   |   35 shares
  • LDR adalah (Long Distance Relationship) atau hubungan cinta jarak jauh. Menjalin hubungan LDR bagi kebanyakan pasangan kekasih bisa dibilang tidak mengenakkan dan memang tidak mudah untuk dijalani. Bahkan ada sebagian pasangan yang akhirnya memutuskan untuk berpisah dan mengakhiri hubungannya karena tidak mampu lagi bertahan dengan perbedaan jarak tersebut.

  • Perbedaan jarak, seringkali menjadi penyebab terjadinya masalah baru bermunculan dan penyebab kesalahpahaman di antara Anda dan pasangan yang sedang berjauhan. Tidak ada satu pasangan pun yang menginginkan hubungan cinta jarak jauh. Tetapi mungkin karena tuntutan pekerjaan, keluarga atau pendidikanlah yang mengharuskan perpisahan terjadi.

  • Sulitnya mempertahankan cinta jarak jauh disebabkan karena faktor cemburu atau ketidakpercayaan terhadap pasangan dan pada akhirnya hubungan cinta Anda menjadi tidak bahagia.

  • Lantas, bagaimana agar hubungan Anda dan pasangan tetap baik-baik saja meski terpaut perbedaan jarak? Tips di bawah ini mungkin dapat membantu Anda

  • 1. Ingat komitmen awal Anda berdua

  • Sebelum memutuskan untuk menjalani hubungan cinta jarak jauh, sebaiknya buat komitmen bersama tentang keseriusan hubungan Anda ke depannya. Komitmen sangat penting sebagai dasar hubungan Anda bahwa Anda berdua ikhlas menjalani hubungan tersebut dan memberikan kepercayaan penuh kepada pasangan untuk tetap menjaga dan menjalin hubungan tersebut meski berada pada 2 kota atau 2 negara yang berbeda.

  • 2. Jaga komunikasi dan manfaatkan kecanggihan teknologi yang ada

  • Komunikasi adalah hal yang sangat dibutuhkan ketika dua orang sedang berjauhan. Dengan komunikasi, Anda bisa mengetahui keberadaan dan aktivitas masing-masing. Jadi, meski jauh bisa tetap terasa dekat. Saat ini banyak aplikasi komunikasi yang dapat memudahkan Anda untuk saling berkomunikasi. Bukan cuma lewat sms, telepon, sekarang Anda juga bisa kirim foto atau video call. Kemudahan Anda mengakses teknologi yang ada akan sangat membantu Anda melepas rindu setiap saat. Maka manfaatkan hal tersebut untuk menjaga hubungan Anda berdua tetap terbina.

  • 3. Beri dan jaga kepercayaan masing-masing

  • Bila Anda tidak bisa memberikan dan menjaga kepercayaan pasangan Anda, atau begitupun dengan pasangan Anda, maka sebaiknya akhiri saja hubungan Anda. Daripada memaksakan untuk LDR tetapi hidup dengan ketidakpercayaan hanya akan menimbulkan pikiran negatif dan prasangka buruk saja setiap hari. Pada akhirnya Anda sendirilah yang menderita.

  • Advertisement
  • 4. Hindari godaan dari orang ketiga

  • Godaan orang ketiga adalah hal yang paling ditakutkan saat LDR-an. Dan kemungkinan untuk tertarik atau terperangkap pada orang ketiga pun lebih besar. Itulah sebabnya, mengapa pihak ketiga seringkali menjadi penghancur atau penyebab putusnya hubungan yang ada. Mungkin sebaiknya, Anda menghindari pergaulan yang bisa menjerumuskan Anda pada hubungan yang terlarang. Jangan pernah bercerita tentang masalah percintaan Anda kepada teman lawan jenis. Hindari juga orang yang sekiranya diam-diam menyukai Anda. Ingat komitmen Anda dan ingat seseorang yang jauh di sana sedang berjuang mempertahankan cintanya kepada Anda.

  • 5. Menekan rasa cemburu

  • Cemburu saat LDR wajar-wajar saja, hal tersebut lumrah terjadi. Mengingat Anda tidak sepenuhnya tahu, pasangan Anda sedang di mana dengan siapa dan lagi berbuat apa (kaya lirik lagu ya). Namun, cemburu juga ada batasannya. Jangan sampai cemburu Anda membutakan Anda dan merusak hubungan Anda. Lebih baik bicarakan baik-baik hal apa saja yang bisa memicu rasa cemburu itu timbul sehingga ada jalan keluarnya.

  • 6. Buat jadwal bertemu

  • Lama tak bertemu pastinya memupuk kerinduan yang mendalam. Walaupun terpisah jarak dan waktu, bukan berarti Anda tidak bisa membuat jadwal pertemuan. Bila Anda punya waktu berlibur, sesekali beri kejutan dengan kedatangan Anda berkunjung ke tempatnya. Percayalah dia akan merasa senang dan Anda berdua bisa saling melepas rasa rindu.

Baca, hidupkan, bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Sukses menjalani LDR? Ini caranya

Sulitnya mempertahankan cinta jarak jauh disebabkan karena faktor cemburu atau ketidakpercayaan terhadap pasangan dan pada akhirnya hubungan cinta Anda menjadi tidak bahagia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr