Beberapa makanan yang memenuhi syarat untuk berbuka puasa

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa, berbuka puasa adalah saat yang paling Anda nantikan. Namun perlu Anda ketahui, tidak semua makanan yang akan Anda konsumsi "memenuhi syarat" sebagai makanan untuk berbuka puasa.

251 views   |   2 shares
  • Bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa, berbuka puasa adalah saat yang paling Anda nantikan. Hal yang manusiawi kok, karena hampir seharian penuh Anda menahan lapar dan haus. Saat berpuasa tubuh mengalami dehidrasi dan kekurangan energi karena tidak ada asupan makanan dan minuman dan akhirnya Anda menjadi lemas, ngantuk dan lapar.

  • Nah, itu sebabnya mengapa saat berbuka puasa adalah saat yang sangat ditunggu karena energi yang hilang tersebut akan diisi kembali. Tetapi yang sering menjadi kesalahan sebagian orang saat hendak berbuka puasa adalah melahap atau mengonsumsi semua makanan yang tersedia. Tidak peduli apa pun makanannya yang penting perut kenyang. Perlu Anda ketahui, tidak semua makanan yang akan Anda konsumsi "memenuhi syarat" sebagai makanan berbuka puasa.

  • Inilah makanan yang "memenuhi syarat" untuk berbuka puasa:

  • 1. Air putih dan kurma adalah menu pembuka yang memenuhi syarat bagi Anda yang akan berbuka puasa. Pastikan saat berbuka, Anda minum air putih terlebih dahulu lalu makan buah kurma. Air putih akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan buah kurma memang makanan yang sangat dianjurkan karena mengonsumsi kurma akan menambah energi setelah seharian berpuasa.

  • 2. Pilihlah buah yang mengandung banyak air seperti semangka dan melon. Kandungan air dalam buah tersebut dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu pilih buah yang mengandung serat yang tinggi seperti apel dan pir. Kandungan serat dalam apel dan pir dapat membantu sistem pencernaan serta memberi efek kenyang dan jangan lupa hindari buah yang rasanya asam seperti jeruk, nanas karena akan meningkatkan asam lambung.

  • 3. Cobalah mengganti nasi putih dengan nasi merah, kentang rebus, roti atau sereal. Nasi merah memiliki serat tinggi dan kadar gula yang lebih rendah dibanding nasi putih. Anda juga bisa mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lainnya seperti roti gandum, kentang atau sereal gandum. Menu makanan ini bisa mengembalikan energi Anda seketika.

  • 4. Pilihlah sayuran hijau dan kacang-kacangan. Sayuran hijau memiliki kandungan serat, mineral, vitamin dan antikoksidan yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa seperti sayur asam atau sayur bayam. Jus sayur organik juga sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Anda juga dapat menikmati kacangan-kacangan seperti bubur kacang hijau, dan sebagainya.

  • 5. Pilih makanan yang mudah dicerna. Mengonsumsi makanan yang mudah dicerna tujuannya agar lambung tidak "kaget" saat diisi oleh makanan. Sebaiknya saat berbuka puasa jangan langsung mengonsumsi makanan berat.

  • Advertisement
  • 6. Pilih makanan dan minuman yang mengandung gula (jangan es). Berbukalah dengan yang manis-manis. Istilah ini sering Anda dengar bukan? Karena faktanya makanan atau minuman yang manis penyedia kalori secara instan yang sangat Anda butuhkan setelah berpuasa seperti kolak, kue lapis, pisang ijo, air kelapa, jus buah yang rasanya manis. Ada baiknya tidak memilih makanan dan minuman dengan penggunaan gula buatan dan sebaiknya tidak pakai es .

  • Sebelum memilih menu makanan atau minuman, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu, apakah makanan dan minuman tersebut tepat dan dianjurkan bagi kesehatan tubuh Anda. Jangan sampai makanan buka puasa Anda, akhirnya membuat perut Anda nyeri dan sakit.

Baca, hidupkan, bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Beberapa makanan yang memenuhi syarat untuk berbuka puasa

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa, berbuka puasa adalah saat yang paling Anda nantikan. Namun perlu Anda ketahui, tidak semua makanan yang akan Anda konsumsi "memenuhi syarat" sebagai makanan untuk berbuka puasa.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr