Kompak antar anggota keluarga? Penting, lho!

Keluarga dapat diumpamakan seperti regu sepak bola, tanpa kerja sama yang baik, tujuan tidak dapat tercapai.

623 views   |   2 shares
  • Keluarga dapat diumpamakan seperti regu sepak bola, tanpa kerja sama yang baik, tujuan tidak dapat tercapai. Jika masing-masing pemain bergerak menurut kemauannya sendiri, hal ini dapat merugikan regunya. Demikian juga dengan keluarga, setiap anggota hendaknya mendukung anggota yang lain supaya mereka mencapai sukses bersama.

  • Permainan ini dapat menunjukkan pentingnya kerja sama dalam keluarga. Katakanlah ada 5 orang dalam keluarga Anda. Buatlah lingkaran dari selang dengan 5 kaitan atau gembok. Masing-masing anggota keluarga terikat atau terkunci pada kaitan itu. Ada 5 tugas yang harus dilakukan setiap anggota keluarga, masing-masing menurut kemampuannya. Misalnya untuk ibu, tumpukan baju yang harus dilipat rapi. Untuk ayah, kursi yang harus dikencangkan sekrupnya. Untuk anak terkecil air yang harus dituang ke gelas, dsb.

  • Tugas-tugas ini ditaruh di depan setiap orang tetapi agak di luar jangkauannya. Jika masing-masing ingin menyelesaikan tugasnya, mereka akan saling menarik lingkaran itu supaya dapat mengerjakannya. Akibatnya akan timbul kekacauan. Tetapi bila mereka bersabar dan membiarkan salah satu dari mereka, misalnya anak yang terkecil, menyelesaikan tugasnya, lalu baru anak berikutnya dan seterusnya, dengan saling membantu semua tugas dapat diselesaikan dengan baik.

  • Dalam keadaan sehari-hari, ibu mungkin perlu bantuan ketika memasak, entah dalam hal mencuci perabot dapur, menyiapkan meja makan, dan lain sebagainya. Begitupun ayah ketika sedang membersihkan halaman atau kebun. Sementara itu anak-anak juga memerlukan bantuan untuk mengerjakan PR. Jika semua ingin dilakukan pada saat yang sama, mungkin akan ada rasa frustrasi. Tetapi jika masing-masing bersabar dan saling membantu, semua akan berjalan lancar.

  • Begitu pula dalam meraih tujuan bersama jangka panjang. Jika ada anak yang perlu uang untuk masuk ke perguruan tinggi, mungkin keinginan ayah untuk mengganti mobil tuanya harus ditunda. Atau katakanlah si kecil harus masuk TK dan biaya masuk lumayan besar. Terpaksa kakaknya yang ingin membeli gitar harus bersabar sampai gajian bulan berikutnya.

  • Kerja sama tidak saja dibutuhkan dalam bidang jasmani tetapi juga secara mental. Ketika seorang anggota keluarga mengalami kesedihan, misalnya anak tertua tidak diterima di perguruan tinggi idamannya, seluruh anggota keluarga perlu memberi dukungan semangat. Di sinilah pentingnya unit keluarga dalam kehidupan seseorang.

  • Bagaimana dengan mereka yang tidak beruntung memiliki keluarga? Katakanlah anak yatim piatu, dari mana mereka dapat menerima dukungan semacam itu? Ada istilah, dibutuhkan orang sedesa untuk membesarkan seorang anak. Maksudnya, untuk mendidik seorang anak dibutuhkan bantuan tidak hanya ayah dan ibu, tetapi juga paman bibi, kakek nenek, guru dan bahkan tetangga yang peduli.

  • Advertisement
  • Demikianlah keadaan seorang anak yang sebatang kara, orang-orang di sekitarnya yang akan memberinya tuntunan, dukungan dan bimbingan yang diperlukannya. Kerja sama tidak hanya terjadi dalam keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Dalam keluarga besar yang terdiri dari kakek nenek dan cucu-cucu, atau paman bibi dan kemenakannya dapat juga tercipta kerja sama yang serasi.

  • Yang terpenting di sini ialah kepedulian terhadap satu sama lain yang ada dalam keluarga itu. Hasrat untuk melihat kemajuan anggota keluarganya dan keinginan untuk mendukung anggota keluarganya mencapai cita-citanya.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Kompak antar anggota keluarga? Penting, lho!

Keluarga dapat diumpamakan seperti regu sepak bola, tanpa kerja sama yang baik, tujuan tidak dapat tercapai.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr