Belanja Makanan Sesuai Anggaran

Pernahkah Anda belanja ke pasar swalayan dan kaget waktu kasir menyebutkan jumlah belanjaan Anda? Anda merasa malu mengembalikan barang-barang yang sudah Anda ambil, tetapi anggaran belanja Anda akan kacau sedangkan akhir bulan masih lama.

1,021 views   |   shares
  • Pernahkah Anda belanja ke pasar swalayan dan kaget waktu kasir menyebutkan jumlah belanjaan Anda? Anda merasa malu mengembalikan barang-barang yang sudah Anda ambil, tetapi anggaran belanja Anda akan kacau sedangkan akhir/habis bulan masih lama. Hal serupa dapat terjadi di pasar tradisional, Anda melihat sayur atau buah yang segar-segar dan sebelum Anda sadari, Anda sudah berbelanja terlalu banyak. Untuk menghindari hal seperti ini Anda perlu membuat beberapa persiapan.

  • 1. Buatlah daftar

  • Catatlah apa saja yang Anda perlukan dan perhitungkan harganya setepat mungkin. Jangan menyimpang dari daftar, bila Anda sudah menentukan akan memasak rendang, janganlah membeli daging cincang. Kecuali bila Anda tidak menemukan daging yang Anda cari mungkin Anda dapat segera mengganti dengan menu lain. Mungkin ada baiknya menyiapkan dua daftar, yang satu lagi untuk cadangan, bila tiba-tiba apa yang Anda cari tidak tersedia.

  • 2. Sediakan uang seperlunya

  • Semakin banyak Anda membawa uang, makin mudah Anda tergoda untuk membelanjakannya. Juga jangan tergiur dengan tawaran hutang dari pemilik warung yang sudah Anda kenal kalau Anda tidak betul-betul memerlukan barang atau makanan itu. Demikian juga dengan kartu kredit yang dapat Anda pakai di pasar swalayan, bila Anda tidak menentukan batasnya sejak dari rumah, Anda akan menghadapi masalah hutang yang membengkak.

  • 3. Jangan pergi belanja dengan perut lapar

  • Anda akan cenderung membeli makanan kecil terlalu banyak karena Anda merasa semua itu perlu. Makanlah lebih dulu sebelum pergi ke pasar tradisional atau swalayan. Dengan begitu Anda tidak akan meraih coklat di dekat kasir yang tampak menggiurkan atau serabi di pasar yang menerbitkan air liur.

  • 4. Kalau ada yang menjaga, tinggalkan anak di rumah

  • Anak cenderung merengek minta ini dan itu. Kadang mereka menangis berteriak-teriak bila permintaannya tidak terpenuhi. Dari itu lebih baik membiarkan anak di rumah bersama pengasuh atau neneknya. Anda juga dapat berbelanja lebih cepat dan lebih efisien. Anda dapat mengajak anak yang lebih besar untuk membantu membawa belanjaan atau mengajarnya berbelanja, ikan atau daging yang bagaimana yang masih segar, dst.

  • 5. Jauhilah rasa iri

  • Kadang merumpi bersama tetangga tidak dapat dihindarkan. Jika dia bercerita bagaimana setiap hari dia memasak ayam panggang, bistik sapi dan hidangan mewah lainnya, janganlah Anda merasa harus berbuat serupa untuk mempertahankan gengsi. Yang penting anda menghidangkan makanan sehat untuk keluarga walaupun itu berarti Anda lebih sering membeli tahu daripada daging sapi.

  • Advertisement
  • 6. Resep baru

  • Belajarlah dari internet atau teman-teman resep baru yang sehat dan tidak membuat kantong Anda kering. Tidak ada salahnya mencoba makanan baru dari daerah atau bahkan negeri lain selama resepnya praktis dan murah meriah. Misalnya Anda dapat mencoba membuat asinan Bogor yang lain rasanya dari gado-gado yang sering Anda buat. Atau soto Madura yang jelas berbeda dari soto Jawa. Semuanya itu memberi Anda lebih banyak pilihan menu tetapi juga mempertahankan biaya yang sudah ditentukan.

  • 7. Jajan

  • Jauhilah kebiasaan makan di restoran cepat saji. Anda boleh melakukannya sekali dua kali sebulan bila anggaran memungkinkan, tetapi kalau Anda pergi setiap minggu bersama keluarga, anggaran Anda jelas akan membengkak. Jangan membiasakan anak-anak makan makanan yang lemaknya berlebihan atau terlalu manis. Kebiasaan ini selain membuat anak-anak kegemukan, juga akan mengacaukan anggaran.

  • Ketujuh anjuran di atas dapat menyelamatkan Anda dari hutang yang berlebihan, kebingungan akhir bulan karena uang menipis sedangkan makanan habis, dan juga menjaga kesehatan karena Anda merencanakan menu sehat bagi keluarga Anda.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Belanja Makanan Sesuai Anggaran

Pernahkah Anda belanja ke pasar swalayan dan kaget waktu kasir menyebutkan jumlah belanjaan Anda? Anda merasa malu mengembalikan barang-barang yang sudah Anda ambil, tetapi anggaran belanja Anda akan kacau sedangkan akhir bulan masih lama.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr