Begini kiat hidup bebas drama bersama mertua

Terkadang, kondisi memaksa Anda untuk tinggal bersama dengan mertua. Walau banyak hal yang mungkin kurang sepaham dengan mereka, namun penting bagi Anda untuk hidup rukun harmonis dalam satu atap. Pelajari kiat di bawah ini.

657 views   |   8 shares
  • Bagi sebagian pasangan, tinggal bersama mertua merupakan sebuah pilihan hidup. Namun tidak jarang tinggal bersama mertua memunculkan konflik-konflik dari kecil hingga membesar dan berkelanjutan. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda intip agar hidup bersama mertua jadi lebih nyaman dan bebas drama.

  • 1. Jadikan mertua sebagai orang tua sendiri.

  • Bagaimanapun juga, mertua adalah orang tua dari pasangan Anda. Mengganggap mereka layaknya orang tua sendiri berarti Anda juga menghormati pasangan Anda. Dengan bersikap tulus kepada mertua layaknya terhadap orang tua sendiri, maka tentu ia pun akan memperlakukan Anda layaknya anak kandung sendiri.

  • 2. Dengarkan masukan dari mertua dengan kepala dingin.

  • Sebagai orang yang lebih tua, mertua terkadang ingin berkontribusi memberikan masukan kepada Anda dan pasangan. Namun tidak jarang masukan yang diberikan tidak sesuai dengan pendapat anda. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda tetap mendengarkan masukan dari mertua dengan 'kepala dingin'. Tidak perlu terbawa emosi, karena mereka pastinya punya pertimbangan saat memberi masukan tersebut. Jadikan masukannya sebagai tambahan pertimbangan dalam mengambil keputusan, ingat ia hanya ingin yang terbaik untuk Anda berdua.

  • 3. Tahu batasan yang perlu dan tidak untuk diceritakan kepada mertua. Kehidupan dalam rumah tangga selalu ada suka dan dukanya. Namun ingat, tidak semua hal perlu Anda ceritakan kepada mertua. Jangan sampai campur tangan mertua nantinya membuat suasana menjadi semakin runyam.

  • 4. Tidak ada salahnya mempertimbangkan pendapat mertua saat mengambil keputusan, namun jangan jadikan harga mati. Mertua yang terlalu mendominasi dalam pengambilan keputusan di dalam rumah tangga anak-anak mereka tentu dapat memicu konflik. Sah-sah saja mendengarkan masukan mertua, namun keputusan akhir tetap di tangan Anda dan pasangan.

  • 5. Sadarlah bahwa semua orang punya kelebihan dan kekurangan, termasuk mertua Anda. Jika terlalu berfokus pada kekurangan mertua, maka Anda akan sulit melihat kebaikan-kebaikan positif yang dimiliki mertua Anda. Ingat juga, Anda pun tidak sempurna loh.

  • 6. Berfokuslah melihat kelebihan-kelebihan tinggal bersama mertua, ketimbang kekurangannya. Dengan begitu Anda tidak akan menganggap keberadaan mertua sebagai beban tetapi akan melihatnya sebagai suatu berkah tersendiri. Seperti contohnya, ada mertua yang dapat mengawasi cucu saat Anda dan pasangan harus pergi bekerja.

  • 7. Menyadari bahwa pasangan bisa menjadi pribadi yang Anda cintai seperti sekarang, adalah karena jasa mertua yang mendidik dan merawatnya. Umur mertua Anda juga sudah tidak muda lagi. Jika tidak sekarang, kapan lagi pasangan bisa berbakti pada orang tuanya.

  • Advertisement
  • 8. Menyadari bahwa keadaan akan berulang. Suatu saat nanti, Andapun akan menjadi seorang mertua. Tidak tertutup kemungkinan nantinya Anda akan membutuhkan bantuan anak dan pasangannya untuk merawat Anda. Perlakukan mertua Anda seperti halnya bagaimana Anda ingin diperlakukan kelak.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Nuria adalah lulusan Teknik Elektro UGM. Nuria mengawali karir sebagai praktisi bidang IT di salah satu perusahaan swasta, Menulis adalah salah satu kegemaran saya untuk mengekspresikan dan sharing tentang hal-hal yang bermanfaat.

Begini kiat hidup bebas drama bersama mertua

Terkadang, kondisi memaksa Anda untuk tinggal bersama dengan mertua. Walau banyak hal yang mungkin kurang sepaham dengan mereka, namun penting bagi Anda untuk hidup rukun harmonis dalam satu atap. Pelajari kiat di bawah ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr