Tetap berpuasa meski sedang hamil dan menyusui. Bolehkah?

Bagaimana dengan ibu hamil atau ibu yang sedang menyusui? Apakah dalam kondisi seperti itu, mereka harus tetap berpuasa?

4,026 views   |   28 shares
  • Menjalankan ibadah puasa pada bulan suci Ramadan merupakan kewajiban seluruh umat muslim. Namun, ada beberapa kondisi di mana seseorangtidak dapat berpuasa, misalnya orang yang sedang sakit, anak balita, atau orang tua yang sudah lanjut usia. Tetapi, bagaimana dengan ibu hamil atau ibu yang sedang menyusui? Apakah dalam kondisi seperti itu, mereka harus tetap berpuasa mengingat ibu hamil dan menyusui membutuhkan nutrisi yang lebih dari asupan makanan dan minuman untuk kebutuhan bayi mereka.

  • Sesungguhnya ibu hamil dan ibu menyusui boleh tetap berpuasa sama seperti ibu-ibu lainnya. Namun, mereka harus memerhatikan keadaan mereka sebelum memutuskan untuk berpuasa. Dalam beberapa kasus ibu hamil dan menyusui, tidak semua ibu memiliki kondisi tubuh yang fit dan kuat. Nah, keadaan seperti ini yang harus dipertimbangkan. Bila kondisi sang ibu dalam keadaan baik, sehat dan merasa mampu berpuasa, maka mereka boleh berpuasa. Namun, bila ibu merasa tidak mampu berpuasa atau memang ibu dalam keadaan yang tidak sehat dan ada masalah dengan kehamilannya, maka ibu tidak perlu memaksakan untuk berpuasa.

  • Memaksakan untuk berpuasa dalam kondisi demikian, dapat membahayakan perkembangan dan kesehatan janin atau bayi. Khusus untuk ibu yang hamil muda atau hamil pada trimester pertama dianjurkan untuk tidak berpuasa dulu, mengingat janin dalam kandungan sedang memerlukan banyak nutrisi. Mungkin lebih baik bila kehamilan ibu menginjak usia 5 bulan ke atas bolehlah untuk berpuasa.

  • Selain kondisi kesehatan ibu dan bayi yang harus dipertimbangkan, hal lain yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil dan ibu menyusui yang hendak berpuasa adalah asupan makanan dan minuman pada saat sahur, saat berbuka puasa dan selama waktu antara berbuka dan sahur. Ibu harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang untuk sumber energi buat ibu dan sumber asupan gizi bayi selama ibu berpuasa. Makanan yang mengandung banyak kalori dan protein sangat dianjurkan untuk makan sahur ibu hamil dan ibu menyusui. Jangan lupa mengonsumsi banyak cairan seperti air, jus buah dan segelas susu hangat menjelang sahur dan waktu berbuka.

  • Pada saat berbuka puasa, bukalah dengan minuman yang hangat untuk merangsang kelancaran ASI bagi ibu yang menyusui. Pemenuhan makanan pada saat berbuka puasa harus yang mengandung kalori, karbohidrat, lemak, protein dan vitamin yang cukup akan membuat kualitas ASI ibu tetap baik walaupun berpuasa. Dianjurkan bagi ibu yang masih memberi ASI eksklusif atau usia bayi masih kurang dari 6 bulan untuk tidak berpuasa dahulu.

  • Advertisement
  • Bila ibu hamil dan ibu menyusui yang sedang berpuasa tiba-tiba merasa lemas, pusing, mual dan tidak kuat untuk melanjutkan puasanya, maka sebaiknya membatalkan puasanya saat itu juga. Bila perlu, konsultasikan dahulu ke dokter kandungan, untuk memastikan apakah kondisi ibu cukup kuat secara fisik maupun psikis untuk berpuasa atau tidak. Sehingga aman bagi ibu dan tidak mengganggu ibadah puasa.

  • Terakhir, bagi ibu hamil dan ibu menyusui yang menjalankan puasa, cobalah untuk lebih banyak beristirahat dan menenangkan diri agar kondisi tubuh tetap stabil sampai waktu berbuka. Pada hakekatnya, ibu hamil dan ibu menyusui boleh tetap berpuasa asal memerhatikan hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Yang penting tahu batasan dan kemampuan diri sendiri dan kondisi janin atau bayi.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Tetap berpuasa meski sedang hamil dan menyusui. Bolehkah?

Bagaimana dengan ibu hamil atau ibu yang sedang menyusui? Apakah dalam kondisi seperti itu, mereka harus tetap berpuasa?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr