Konmari, metode penataan ruang inspiratif untuk Anda aplikasikan di rumah

Rumah yang berantakan turut membuat hidup Anda tak nyaman. Lakukan pembenahan segera dengan metode Konmari, sebuah metode tata rumah yang trendi dan penuh filosofi. Ini dia 5 hal yang perlu Anda lakukan untuk mewujudkannya.

1,764 views   |   3 shares
  • Semenjak pindah tempat tinggal, 4 bulan berlalu, saya belum saja selesai berbenah. Dus-dus masih menumpuk dan entah kenapa, setiap saya ingin memulai untuk membereskan, selalu saja ada halangan yang akhirnya malah membuat tujuan tidak tercapai.

  • Situasi yang tidak rapi dan tidak teratur ini membuat jiwa saya ikut resah. Suasana berantakan membuat mood saya berada dalam kondisi serupa. Ternyata, apa yang saya alami ini adalah salah satu masalah umum dalam rumah tangga. Keperluan untuk mengorganisasikan isi rumah menjadi kebutuhan krusial yang harus segera dipenuhi, demi rumah yang nyaman bagi penghuninya. Syukurlah, saya menemukan metode efektif untuk membenahi rumah yang mulai seperti kapal pecah, yaitu dengan metode Konmari.

  • Konmari, diambil dari singkatan nama penciptanya, Marie Kondo, seorang konsultan penataan ruang dan penulis buku populer tentang penataan berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up. Metode ini disebut sebagai metode penataan yang trendi, namun sangat bermanfaat dan mudah diaplikasikan pada berbagai aspek rumah tangga, mulai dari isi lemari, kamar tidur, dapur, hingga meja kerja Anda.

  • Berikut ini adalah lima filosofi dasar metode Konmari yang dapat Anda praktekkan segera.

  • 1. Visualisasikan hidup rapi dan teratur Anda

  • Langkah pertama sebelum mulai berbenah adalah menetapkan tujuan Anda dengan teguh. Caranya, visualisasikan apa yang ingin Anda capai dengan mempunyai rumah dengan ruang-ruang yang rapi dan teratur. Mungkin Anda ingin tempat tinggal yang representatif untuk menjadi tuan rumah banyak pertemuan dan pesta? Memberikan ruang lebih besar untuk si kecil bereksplorasi? Atau menyediakan tempat untuk Anda menyalurkan hobi dan berekspresi? Tujuan-tujuan ini akan menyadarkan Anda bahwa pembenahan yang Anda lakukan tidak akan menjadi beban atau mendatangkan lelah semata. Ada mimpi-mimpi indah yang menunggu diwujudkan di depan sana.

  • 2. Hanya barang-barang yang mendatangkan kebahagiaan yang tetap tinggal

  • Berangkat dari tujuan, rumah yang teratur akan mendatangkan kebahagiaan bagi jiwa. Oleh karena itu, isilah rumah hanya dengan barang-barang yang membawa perasaan yang sama. Konmari meminta Anda untuk mengambil setiap barang, memegangnya, lalu rasakan apa yang muncul di hati Anda saat bersentuhan dengan barang tersebut. Pikirkan juga perasaan Anda jika Anda membuangnya dari hidup Anda.

  • Advertisement
  • Saya menyediakan 3 kotak saat melakukan langkah ini. Kotak "tinggal", "buang", dan "sumbangkan", yang saya gunakan untuk memilah barang-barang yang saya miliki. Jikalau ada barang yang sudah tidak memercikkan rasa senang di dalam hati saya, namun masih dalam kondisi baik, saya percaya bahwa barang tersebut akan memberikan manfaat dan bahagianya untuk seseorang di luar sana.

  • 3. Tidak ada waktu yang tepat selain saat ini

  • Terkadang, kita menunda untuk menyingkirkan barang-barang yang sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi. Anda berpikir, "Ah, pasti barang ini akan berguna suatu saat nanti!" Kenyataannya, barang-barang ini teronggok begitu saja karena "suatu saat nanti" tidak kunjung tiba. Bagi Konmari, membiarkan barang tidak digunakan seperti ini bak melucuti "harga diri" sang barang. Akan menjadi tindakan bijak, saat kita menepis keraguan dan sederet alasan untuk menahan kehadiran barang yang semestinya dapat berguna di tangan yang lain.

  • 4. Barang-barang merefleksikan jiwa dan pikiran Anda

  • Marie Kondo menyebutkan bahwa ada dua alasan mengapa kita mempertahankan barang-barang milik kita. Pertama, kita ingin merawat masa lalu atau kedua, kita takut melangkah ke masa mendatang. Konmari menginginkan Anda untuk mengutamakan masa kini, karena saat ini jauh lebih penting dan lebih riil untuk dijalani. Masa depan yang cerah diawali dari masa kini yang bahagia. Terlalu berpegang erat pada masa lalu akan membuat Anda berat melangkah di masa sekarang. Biarkan kenangan-kenangan tersimpan pada masanya, mulailah membuat kenangan baru dengan hati bahagia. Andalah yang berkuasa atas barang-barang Anda, bukan sebaliknya.

  • 5. Perlakukan barang-barang Anda seolah ia bernyawa

  • Penyebab utama dari ketidakteraturan adalah barang-barang yang tidak "diperlakukan" secara layak. Menumpuknya, membiarkannya berjejal-jejal di dalam tempat penyimpanan, menaruhnya tidak pada tempat yang semestinya, atau menatanya asal-asalan, adalah sebagian dari dosa-dosa yang kita lakukan pada barang-barang milik kita. Konmari menggugah kesadaran untuk memperlakukan barang-barang ini seperti halnya makhluk hidup. Mereka butuh ruang untuk "bernapas", jadi letakkan mereka di tempat yang sesuai kapasitas dan tertata sesuai kelompok manfaat. Posisikan sedemikian rupa agar Anda dapat lihat, cari, ambil atau simpan kembali dengan mudah. Perlakuan yang baik terhadap barang-barang adalah simbol rasa terima kasih Anda kepada mereka yang telah membantu Anda dalam kehidupan.

  • Advertisement
  • Beberapa contoh perwujudan filosofi ini adalah menata pakaian sesuai gradasi warna, tidak menggulung kaus kaki menjadi bentuk bola, melipat pakaian Anda menjadi lipatan ergonomis seperti tampak dalam video, dan mengelompokkan barang-barang dalam kotak-kotak penyimpanan dengan label yang tertera jelas di tempat yang mudah terlihat serta terjangkau.

  • Rencanakan dan laksanakan pembenahan rumah Anda segera dengan penghuni rumah lainnya. Rasakan perubahan positif dalam hidup Anda segera setelah mendapati tertatanya ruang-ruang pribadi Anda. Yakini bahwa hari esok yang cerah siap menyapa, kala Anda mengisi hari ini dengan bahagia yang sama.

  • Sumber artikel : Martha Stewart Living, Fox News, Time

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Konmari, metode penataan ruang inspiratif untuk Anda aplikasikan di rumah

Rumah yang berantakan turut membuat hidup Anda tak nyaman. Lakukan pembenahan segera dengan metode Konmari, sebuah metode tata rumah yang trendi dan penuh filosofi. Ini dia 5 hal yang perlu Anda lakukan untuk mewujudkannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr