4 tindakan tepat yang bisa Anda lakukan ketika anak marah

Anak 'mengamuk' ketika sedang berada di tengah keramaian. Lalu apa yang harus saya lakukan?

1,079 views   |   3 shares
  • Menghabiskan waktu di luar rumah bersama keluarga bisa cukup terganggu bila anak tiba-tiba menjadi 'cranky' karena satu dan lain hal. Namun ada yang bisa Anda lakukan agar waktu berkualitas bersama keluarga bisa tetap menyenangkan. Coba 4 cara ini:

  • 1. Menjauh sejenak

  • Jangan pernah melakukan tindakan spontan dengan latar belakang emosi saat memberikan peringatan terhadap buah hati yang sedang marah. Carilah tempat yang cukup sepi untuk Anda menenangkan buah hati sambil memberikan arahan baginya, jangan langsung berteriak atau gerak memukul secara spontan dihadapan umum.

  • 2. Lakukan kesepakatan

  • Sambil Anda melakukan persiapan dirumah, buatlah sebuah kesepakatan dengan buah hati untuk tidak melakukan hal yang diluar dengan hal-hal yang disepakati bersama. Jadi ketika sang buah hati lepas kontrol dan meminta sambil menangis sesuatu yang diinginkannya, maka Anda tidak perlu alasan lain selain mengacu ada perjanjian yang telah disepakati.

  • 3. K onsisten

  • Ketika Anda telah mengucapkan kata A maka tanpa ada toleransi lagi. Anda harus berani menolaknya serta tidak memikirkannya lagi. Akan menjadikan sang buah hati yang plin-plan ketika sering melihat Anda bersikap B ketika tadinya mengatakan A.

  • 4. Berikan pengertian

  • Saat Anda merasa suasana hati antara buah hati sudah cerah kembali atau sudah terlihat bahagia kembali. Berikan sebuah sentuhan lembut dengan bahasa yang cukup lembut, bahwa keadaan dan kejadian yang seperti itu tadi selayaknya tidak terulang kembali. Banyak hal rugi yang akan dialami saat kesempatan bersenang-senang sekeluarga terkikis habis dengan emosi yang tidak terkendali.

  • Ketika kesempatan untuk meluangkan waktu dengan keluarga dapat dilakukan, maka pergunakan kesempatan itu dengan baik. Hindarkanlah segala sesuatu yang memungkinkan dapat merusak suasana kebersamaan keluarga yang hangat. Apabila terdapat sebuah hal yang terjadi dan berdampak dengan terpotongnya waktu kebersamaan, maka selesaikan dengan baik serta jagalah emosi Anda sebagai orang tua untuk dapat mengatasi setiap permasalahan yang terjadi pada buah hati Anda.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

4 tindakan tepat yang bisa Anda lakukan ketika anak marah

Anak 'mengamuk' ketika sedang berada di tengah keramaian. Lalu apa yang harus saya lakukan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr